Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

5 Cara Efektif Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Puasa, Para Pekerja Wajib Tahu Nih!

218
×

5 Cara Efektif Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Puasa, Para Pekerja Wajib Tahu Nih!

Sebarkan artikel ini
Cara mengatasi rasa ngantuk saat puasa

Cara Efektif Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Puasa – Saat menjalani ibadah puasa, ada banyak perubahan kebiasaan yang pasti akan dilakukan. Salah satunya adalah perubahan siklus tidur karena harus menyiapkan sahur di pagi hari. Tak heran, rasa mengantuk di siang hari tidak mampu dihindari.

Sebenarnya, rasa kantuk memang wajar saja terjadi karena tubuh kekurangan cairan untuk jangka waktu yang lama. Akhirnya, banyak yang memilih untuk menghabiskan harinya tanpa melakukan kegiatan apa pun.

Kelelahan dan dehidrasi adalah dua masalah yang paling umum selama bulan Ramadhan ini. Salah satu cara mencegah ngantuk saat berpuasa adalah mengonsumsi air yang cukup di waktu sahur.

Baca juga: 7 Cara Efektif Menghilangkan Rasa Malas dan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Selain itu, Anda juga perlu mengganti cairan yang hilang saat berbuka puasa. Berikut adalah beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk tetap aktif  selama bulan Ramadhan.

Lantas, Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Selama Puasa?

Sangat penting untuk menjaga semuanya seimbang. Jika tubuh kita kekurangan beberapa nutrisi saat berpuasa, maka Anda perlu menjaga pola makan pada waktu sahur dan berbuka.

Meski puasa menjadi terasa menantang,  namun ada kalanya menjaga kebugaran menjadi suatu kebiasaan yang menunjang.  Pastikan untuk tidak melewatkan olahraga selama berpuasa agar persendian tidak kaku setiap pagi.

1. Makan dengan Penuh Kesadaran

Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk melihat lebih dekat kebiasaan makan dan gaya hidup Anda. Cara mencegah ngantuk saat berpuasa mulai dari perencanaan dan terapkan langkah-langkahnya untuk mengatasi penat saat berpuasa. Hindari makanan bertepung dan gula sebanyak mungkin.

Apabila Anda kesulitan mengingat apa saja yang dimakan tadi malam, bisa jadi Anda menyantap makanan tersebut dengan televisi menyala atau terpaku pada ponsel.

Para peneliti telah menemukan bahwa makan sambil main hp atau nonton TV dapat mempersulit pikiran manusia untuk mengingat  makanan yang masuk. Kebiasaan ini juga dapat memicu makan secara berlebih atau tingkat metabolisme yang lambat.

Pakar makanan juga memperingatkan agar tidak makan saat lelah atau mengantuk. Kondisi tersebut membuat Anda mengunyah terlalu cepat, sehingga cenderung tidak menyadari apa yang dimakan.

2. Usahakan Tetap Sibuk

Jika Anda merencanakan bagaimana akan menggunakan waktu di bulan Ramadhan,  maka tantangannya terasa mudah. Pastikan Anda merencanakan hari dengan baik dan habiskan waktu berkualitas bersama teman dan keluarga.

Salah satu cara untuk mencegah ngantuk saat puasa adalah tetap fokus untuk menyelesaikan semua tugas terkait pekerjaan.

Selesaikan pekerjaan sebelum berbuka puasa dan bantu orang lain menyelesaikan tugas mereka. Anda tidak hanya mendapat apresiasi atas bantuan, tetapi juga merasa bangga pada diri sendiri.

3. Melatih Pernapasan Anda

Nasehat penting lainnya untuk cara mencegah ngantuk saat adalah melatih pernapasan dalam. Meskipun terdengar mudah, banyak dari kita yang lupa bagaimana bernapas dengan benar khususnya untuk menghirup oksigen secara maksimal.

Tips melatih pernapasan yang baik, bernafaslah dalam-dalam melalui hidung. Gunakan diafragma Anda, kemudian latih pernapasan yang lebih lambat.

Pernapasan yang baik penting karena mempengaruhi kualitas oksigen yang kita masukkan ke dalam sistem pernapasan kita. Itu juga menentukan bagaimana kita mengeluarkan karbondioksida. Orang yang bernafas pendek cenderung mudah ngantuk dan mengalami kelelahan mental maupun fisik.

Jika kita tidak bernafas dengan benar, lebih sedikit oksigen yang akan mencapai sel otak dan jantung kita. Hal ini mengimplikasikan bahwa kita akan kesulitan untuk tampil pada level yang optimal. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyinkronkan semua aktivitas dengan pernapasan dalam pada kebiasaan sehari-hari.

4. Sisihkan Waktu untuk Olahraga

Olahraga bermanfaat bagi orang yang sering lupa bernafas dalam-dalam. Karena olahraga adalah salah satu cara mencegah ngantuk saat berpuasa paling efektif, lari kecil atau jalan cepat sudah cukup untuk memberikan dorongan energi.

Pastikan Anda memasukkan beberapa bentuk olahraga ringan di bulan Ramadhan ini untuk mendapatkan banyak manfaat dari aktivitas fisik. Berjalan kaki singkat setelah sahur dan berbuka puasa dapat menyegarkan kembali tubuh yang lelah dan mengurangi kepenatan di bulan Ramadhan.

5. Utamakan Air Daripada Kafein

Beberapa orang takut melewatkan kopi atau teh jam 10.00 pagi selama puasa. Namun, Ramadhan memberi Anda peluang besar untuk mengurangi asupan kafein harian.

Anda mungkin perlu beradaptasi beberapa hari sampai tubuh terbiasa dengan rutinitas pagi Ramadhan. Sementara itu, Anda perlu lebih banyak menghidrasi tubuh dan itulah salah satu alasan mengapa harus minum lebih banyak air sebagai mencegah ngantuk saat berpuasa.

Saat kita bersyukur atas berkah harian, kita cenderung tidak mengalami emosi negatif seperti kelesuan kelelahan yang sulit dijelaskan. Selain itu, patuhi diet seimbang yang mengandung banyak buah-buahan, sayuran, susu dan yogurt.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas