Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

4 Tips Investasi Reksa Dana Online di OVO, Ternyata Mudah dan Menguntungkan

785
×

4 Tips Investasi Reksa Dana Online di OVO, Ternyata Mudah dan Menguntungkan

Sebarkan artikel ini
OVO

Tips Investasi Reksa Dana Online di OVO – Sekarang ini, aplikasi OVO tidak hanya menyediakan layanan dompet digital yang berguna untuk pembayaran secara daring. Namun, kini sudah ada layanan keuangan lain yang begitu lengkap sehingga Anda bisa melakukan beberapa hal, salah satunya adalah investasi.

Lantas, bagaimanakah cara investasi di OVO yang paling tepat?

Baca juga: 5 Tips Mencegah Kebocoran Data Pribadi, Wajib Kalian Ketahui

Tips Investasi di OVO Agar Semakin Menguntungkan

Setelah mengetahui cara investasi di OVO yang sudah dijelaskan sebelumnya, mungkin Anda masih merasa ragu untuk berinvestasi di aplikasi ini. Namun, tidak perlu khawatir sebab ada beberapa tips tambahan yang akan membantu Anda meraih untung dengan lebih efisien jika memakai aplikasi OVO.

1. Membaca FFS dan Prospektus

Prospektus dan FFS atau fund fact sheet merupakan dua dokumen penting yang harus ada pada setiap produk reksadana. Apabila Anda hendak melakukan investasi reksadana, maka penting untuk membaca FFS dan prospektus ini.

Dokumen ini akan memuat data penting yang berkaitan dengan produk investasi yang hendak Anda beli, seperti manajer yang menerbitkannya, emiten yang memperoleh dana investasi, dan informasi yang lainnya.

Data dari FFS dan prospektus akan sangat penting untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan. Pasalnya, setiap instrumen reksadana akan mempunyai rincian data yang berbeda-beda, sehingga dalam proses berinvestasi nanti Anda tidak perlu salah langkah lagi.

2. Beli Beberapa Produk Investasi Secara Sekaligus

Tips yang selanjutnya yaitu Anda bisa mencoba untuk membeli beberapa produk investasi dalam satu waktu yang bersamaan. Hal ini kemungkinan besar akan membantu Anda, sebab ketika salah satu reksadana yang Anda miliki nilainya menurun, Anda tidak perlu merasa terlalu kebingungan karena masih ada produk lain yang tetap memberikan keuntungan.

Proses ini juga seringkali disebut sebagai diversifikasi portofolio, dan ini adalah hal yang penting dilakukan terlebih jika Anda membeli produk yang risikonya cukup tinggi.

3. Membaca Chart Produk

Selanjutnya jangan lupa untuk selalu memahami dan membaca produk investasi yang ingin dibeli. Meskipun Anda hanya memakai satu aplikasi, namun Anda tetap bisa membaca chart produk yang hendak atau yang sudah Anda beli sebelumnya.

Chart tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan agar Anda bisa memilik produk mana yang terbaik, menentukan waktu yang tepat untuk memulai investasi, mengevaluasi kinerja produk investasi, dan kapan waktu yang paling tepat untuk menjual produk tersebut.

4. Tentukan Target Investasi

Di aplikasi OVO sendiri, jenis instrumen investasi yang disediakan terdiri atas berbagai macam jenis seperti reksadana pasar uang yang risikonya relatif rendah, hingga reksadana pasar saham yang mana risikonya cukup tinggi. Keuntungan dari masing-masing produk pun juga berbeda-beda, tergantung dari tingkat risiko yang ditemui di seluruh produk.

Oleh karena hal itulah, agar proses penerapan cara investasi di OVO berjalan lancar dan memuaskan, maka Anda harus mampu menentukan terlebih dahulu apa saja tujuan dan target investasi Anda. Dengan melakukan hal ini, maka Anda dapat memilih produk mana saja yang paling tepat dan sesuai dengan tujuan yang Anda miliki.

Cara Investasi di OVO

Berikut ini langkah-langkah investasi di aplikasi OVO:

  1. Buka aplikasi OVO Anda, jangan lupa masukkan PIN dengan benar.
  2. Pilih menu Invest.
  3. Pilih instrumen investasi yang Anda inginkan.
  4. Klik beli.
  5. Pada pembelian pertama, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data terlebih dahulu untuk memverifikasi data. Proses verifikasi data tersebut akan selesai kurang lebih dalam waktu 1 hari.
  6. Setelah proses verifikasi selesai, Anda bisa membeli instrumen investasi yang Anda inginkan.
  7. Uang untuk membeli instrumen tersebut akan diambil langsung dari saldo OVO Anda. Sebaliknya, jika Anda mencairkan instrumen tersebut, uang hasil pencairan akan masuk sebagai saldo OVO juga. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki saldo OVO yang cukup.
  8. Manajer investasi akan melakukan verifikasi transaksi Anda. Proses ini akan selesai dalam waktu kurang lebih 1-3 hari kerja dengan catatan, Sabtu dan Minggu serta hari nasional libur. Cepat atau lambatnya proses ini tergantung dengan kapan Anda memasukkan order pembelian. Apabila order pembelian dilakukan sebelum pukul 11.00 WIB, maka manajer investasi akan memverifikasi order beli yang Anda masukkan pada hari yang sama, dan menyelesaikan proses tersebut pada hari berikutnya. Namun, jika Anda memasukkan order beli setelah pukul 11.00 WIB, manajer investasi akan memverifikasi order beli yang Anda masukkan pada hari kerja berikutnya dan proses pembelian akan selesai 1 hari setelahnya.
  9. Proses pembelian selesai.