Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

4 Tips Belanja Bulanan Hemat Ala Anak Kost

292
×

4 Tips Belanja Bulanan Hemat Ala Anak Kost

Sebarkan artikel ini
belanja bulanan

Belanja Bulanan Anak Kos – Tinggal di perantauan yang jauh dari keluarga mengharuskan untuk hidup hemat agar bisa bertahan hidup di kota orang. Terlebih kalau kamu sebagai anak kos, tentu harus pintar-pintar mengatur keuangan setiap bulannya.

Hidup sendiri tentu berbeda dengan saat masih tinggal bersama orang tua. Saat tinggal bersama orang tua kebutuhan masih dicukupi mereka, tinggal sendiri mau tidak mau harus diatur sendiri.

Baca juga: 5 Tips Rawat Kulit Bayi Baru Lahir, Ibu Baru Wajib Perhatikan!

Sebagai anak kos, kamu harus bisa mengelola kebutuhanmu setiap bulan. Caranya dengan mengatur alokasi belanja bulanan. Salah satunya dengan memanfaatkan voucher makan dan voucher belanja yang tersedia di supermarket maupun restoran-restoran tertentu. Selain itu, berikut ini ada tips-tips lain yang bisa kamu ikuti agar belanja bulananmu lebih terkontrol dan lebih hemat.

Tips Belanja Bulanan Anak Kos

  1. Buatlah Alokasi Pengeluaran Setiap Bulannya

Jika kamu adalah seorang yang sudah bekerja, bisa membuat alokasi pengeluaran bulanan ini setelah gajian. Ini penting untuk kamu yang gajinya sudah tetap maupun belum. Dan untuk kamu yang masih mahasiswa atau belum bekerja bisa membuat rancangannya awal bulan atau setiap orang tua kirim uang.  Dengan membuat alokasi pengeluaran bulanan, pengeluaranmu akan lebih terkontrol.

Alokasi pengeluaran bisa membatasi kamu untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Jadi, buatlah prioritas kebutuhan pada rancangan alokasi pengeluaran tersebut. Utamakan kebutuhan yang memang benar-benar kamu butuhkan daripada hanya sekadar keinginan. Jangan lupa batasi budget setiap pengeluarannya.

Adapun pengeluaran bulanan pertama kali yang perlu kamu alokasikan yaitu sewa kos. Biaya sewa kos ini merupakan kebutuhan wajib setiap bulan untuk kamu anak kos. Jadi, jangan lupa menyisihkan alokasi untuk hal tersebut. Agar lebih terkontrol, kamu bisa meminta izin kepada pemilik kos untuk membayarnya setelah gajian agar bisa segera kamu bayarkan.

Pengeluaran kedua yang perlu kamu sisihkan adalah kebutuhan makan, seperti sembako, air galon, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan, maupun camilan. Selanjutnya, uang untuk bayar kuliah jika kamu masih kuliah. Kemudian, biaya transportasi untuk bepergian sehari-hari. Ini penting baik untuk kamu yang kuliah ataupun yang sudah bekerja.

Pengeluaran yang perlu kamu list selanjutnya yaitu perlengkapan mandi, mencuci, make up, dan skincare. Yang tak kalah penting lagi yaitu bayar tagihan listrik dan air. Untuk kamu yang masih kuliah, alokasikan juga biaya untuk tugas-tugas kuliah. Kebutuhan selanjutnya pulsa atau token, obat-obatan, dana untuk refreshing atau hiburan, dana cadangan atau dana darurat, dana sosial, dan tabungan.

  1. Belilah Makanan yang Terjangkau dan Manfaatkan Promo atau Diskonan

Bahan makanan merupakan kebutuhan primer untuk bertahan hidup sehari-hari. Maka, setiap orang pasti membutuhkannya. Nah, agar belanja bulanan lebih hemat salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih bahan makanan yang harganya terjangkau. Akan lebih mudah jika kamu masak sendiri daripada beli dari warung makanan.

Cara lain untuk menghemat belanjaan bahan makanan yaitu dengan memanfaatkan promo atau diskon yang tersedia. Jadi, mulailah mencari informasi dan mengingat kapan biasanya supermarket mengadakan promo. Selain itu, kamu juga memanfaatkan voucher belanja atau diskon dan promo pada saat belanja online. Apalagi sekarang marketplace banyak memberikan diskon menarik.

  1. Buat Terlebih Dahulu Daftar Kebutuhan Saat Hendak Belanja

Cara selanjutnya untuk menghemat uang bulananmu yaitu dengan membuat daftar kebutuhan terlebih dahulu sebelum berbelanja. Kamu bisa mencatat terlebih dahulu apa saja barang-barang yang sudah habis atau barang yang diperlukan satu bulan ke depan. Belilah kebutuhan yang penting saja, tidak perlu terlalu sering membeli barang sekunder atau bahkan tersier. Itu membuatmu jauh lebih boros.

Kalau pun kamu sekali-kali ingin membeli barang sekunder atau tersier boleh-boleh saja. Namun, jangan terlalu sering. Lebih hemat lagi kalau kamu membeli barang tersebut pada saat promo atau diskon saja. Jadi, harganya akan menjadi lebih murah dari biasanya sehingga pengeluaran tidak membengkak atau keluar dari yang telah direncanakan.

  1. Carilah Kos yang Sudah Lengkap Fasilitasnya

Kos-kosan yang memiliki fasilitas lengkap selain membuatmu lebih nyaman dan memudahkan, juga bisa menghemat pengeluaran sehingga kamu bisa menggunakan uangmu untuk keperluan lain. Fasilitas utama yang perlu kamu pertimbangkan saat mencari kos-kosan, yaitu kelengkapan kamar, seperti lemari, kasur, kipas angin, fasilitas dapur, kamar mandi, dan free biaya lain termasuk listrik, air, dan wifi.

Kalau fasilitas di kosanmu sudah lengkap, kamu tidak perlu lagi ribet bayar-bayar lagi secara mandiri dan tentunya akan lebih hemat. Misalnya, wifi ini selalu dibutuhkan untuk mengakses internet atau berkomunikasi sehari-hari. Maka, adanya fasilitas tersebut akan mengurangi biaya kuota bulananmu. Begitu pun untuk tagihan lainnya.