Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

4 Cara Mudah Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bisa di Klik pada Laptop

1328
×

4 Cara Mudah Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bisa di Klik pada Laptop

Sebarkan artikel ini
mengatasi kursor laptop

Cara Mudah Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bisa di Klik – Kursor laptop tidak bisa di klik tentu merepotkan. Namun Anda bisa mencoba cara mengatasi kursor laptop yang tidak bisa di klik berikut ini. Tips laptop tersebut tentunya efektif untuk mengatasi masalah pada kursor ini.

Kursor merupakan salah satu fitur yang memudahkan dalam menggunakan laptop. Fungsinya untuk menunjuk dan mengklik sesuatu sesuai keinginan atau kebutuhan. Kita bisa mengklik aplikasi, file, dokumen, dan lain sebagainya yang ada di laptop.

Baca juga: 5 Cara Download Video YouTube di Laptop dengan Cepat Tanpa Aplikasi, Sangat Mudah Dilakukan!

Jadi kita bisa membuka aplikasi dan melakukan berbagai aktivitas di laptop dengan mudah. Bayangkan jika laptop tidak memiliki kursor sebagai penunjuk. Tentunya kita juga akan lebih kesulitan dalam menggunakan laptop untuk berbagai keperluan.

Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bisa di Klik

Kursor laptop terkadang juga mengalami masalah yang sangat mengganggu kenyamanan kita. Salah satunya yaitu masalah kursor yang tidak bisa kita klik seperti biasa. Masalah tersebut tentunya menimbulkan kebingungan serta rasa khawatir tersendiri.

Sebenarnya masalah ini juga bisa terjadi karena beberapa penyebab. Misalnya yaitu karena touchpad yang nonaktif secara tidak sengaja. Misalnya ketika kita tidak sengaja menekan beberapa tombol pada keyboard sehingga touchpad menjadi nonaktif.

Lalu bisa juga penyebabnya karena masalah sepele seperti touchpad yang kotor. Selain itu mungkin masih ada beberapa penyebab yang tidak kita ketahui. Contohnya seperti adanya masalah pada sistem, driver, maupun aplikasi tertentu yang terinstal.

Berbagai hal tersebut bisa membuat kursor laptop tidak bisa di klik. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan dulu panik atau membawanya ke tempat service. Sebab terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Misalnya yaitu:

1. Gunakan Mouse Eksternal

Berikutnya Anda bisa menggunakan mouse eksternal untuk menggerakan dan mengklik kursor.

Jika kursor bisa di klik maka berarti touchpad bermasalah atau nonaktif. Namun jika tidak tetap tidak bisa maka berarti masalahnya terdapat pada bagian lainnya.

2. Menggunakan Control Panel

Selanjutnya Anda bisa mencoba menggunakan Control Panel jika mouse eksternal bisa berfungsi. Masuklah ke Control Panel lalu pilih “Hardware & Sound”, klik “Devices & Printer” lalu pilih “Mouse”. Jika sudah terbuka pastikan posisi driver sudah Enable.

3. Bersihkan Touchpad

Pertama Anda bisa membersihkan permukaan touchpad menggunakan tisu atau kain microfiber. Sebab bisa saja touchpad yang kotor sehingga tidak bisa mengklik kursor. Setelah touchpad bersih Anda bisa mencoba kembali mengklik kursor dan lihat hasilnya.

4. Menggunakan Control Panel

Selanjutnya Anda bisa mencoba menggunakan Control Panel jika mouse eksternal bisa berfungsi. Masuklah ke Control Panel lalu pilih “Hardware & Sound”, klik “Devices & Printer” lalu pilih “Mouse”. Jika sudah terbuka pastikan posisi driver sudah Enable.

Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bisa di Klik dengan Merestart Laptop

Cara selanjutnya yaitu dengan merestart laptop atau mematikan dan menghidupkannya kembali. Jika mouse eksternal berfungsi maka restart dengan cara seperti biasanya. Namun jika tidak bisa, maka Anda bisa mencoba mematikan laptop melalui kombinasi keyboard.

Lakukan Setting Mouse

Cara selanjutnya yaitu dengan setting mouse, namun kursor harus bisa bekerja dengan mouse eksternal. Pertama pasanglah mouse eksternal lalu klik menu “Start” kemudian pilihlah “Mouse”. Tunggulah hingga jendela setting terbuka lalu klik menu “Enable Touchpad”.

Selanjutnya pilih menu “Settings” kemudian klik “Device” dan pilih “Mouse & Touchpad”. Berikutnya tunggulah hingga masuk ke jendela pengaturan lalu cek pada bagian bawah. Pilih menu “Additional Mouse Options” dan caranya sudah selesai.

Hapus Perangkat Lunak Mouse

Jika Anda menggunakan software mouse, maka Anda bisa menghapusnya lalu merestart laptop. Caranya yaitu tekan logo Windows dan R di keyboard secara bersamaan. Lalu ketikkan “devmgmt.msc”, klik OK dan cari “Mice and Other Pointing Device”.

Lalu klik software mouse yang Anda instal dan klik kanan lalu pilih “Uninstal”. Setelah muncul jendela dialog maka klik ” Delete the Driver Software For Device” dan klik OK. Setelah itu restart laptop dan cek apakah kursor sudah kembali normal atau belum.

Itulah beberapa cara mengatasi kursor laptop tidak bisa di klik yang bisa Anda terapkan. Jika masih tidak berhasil maka Anda bisa membawa laptop ke tempat service.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas