Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

3 Manfaat Kacang Merah, Kaya Protein dan Dukung Program Diet

213
×

3 Manfaat Kacang Merah, Kaya Protein dan Dukung Program Diet

Sebarkan artikel ini
manfaat kacang merah

Manfaat Kacang Merah Kaya Protein –  Meski begitu, manfaat tersebut hanya bisa Anda rasakan apabila tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi kacang merah. Bagi Anda yang sudah penasaran dengan khasiat kacang merah ini, maka bisa simak uraian berikut.

Baca juga: 7 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Mata dan Mencegah Kanker

Manfaat Kacang Merah Melawan Kanker

Kanker termasuk salah satu jenis penyakit mematikan di dunia. Apabila Anda ingin terbebas dari kanker, jangan ragu untuk mengonsumsi kacang merah. Di dalam kacang merah ada efek antiproliferatif sekaligus apoptosis yang bisa menyerang sel kanker.

Efek tersebut berkaitan dengan kandungan vitamin K dan mangan di dalam kacang merah. Pada dasarnya, kandungan tersebut bisa mengurangi adanya risiko kerusakan oksidatif di bagian DNA mitokondria. Karena manfaat ini, kacang merah sangat dianjurkan bagi penderita kanker.

Kandungan Kacang Merah

Manfaat kacang merah tak lain berkat kandungan yang ada di dalamnya. Adapun kandungan di dalam kacang merah mulai dari kalori, protein, serat, vitamin B1, vitamin C, vitamin B6, vitamin K, zat besi, asam folat, dan mangan.

Tak berhenti di situ saja, kacang merah juga mengandung kalsium, tembaga, kalium, lemak tak jenuh, dan masih banyak lagi. Tubuh bisa mendapatkan beragam manfaatnya karena di dalam kacang merah juga ada kandungan fitokimia.

Efek Samping Kacang Merah

Kacang merah terbukti memiliki khasiat bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Meski begitu, Anda jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping berbahaya bagi kesehatan.

Selain berlebihan, efek samping bisa muncul apabila mengonsumsi kacang merah yang masih mentah. Karena hal tersebut, Anda jangan sembarangan dalam mengolah kacang merah. Pastikan kacang merah benar-benar sudah matang secara sempurna sebelum Anda konsumsi.

Ketahui Manfaat Kacang Merah

Kacang merah terbukti mampu mengobati berbagai jenis penyakit maupun keluhan kesehatan. Apa saja? Berikut beberapa manfaatnya.

Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat kacang merah yaitu bisa menurunkan kolesterol. Sebagaimana yang kita tahu bahwa kolesterol di tubuh tidak baik bagi kesehatan. Adanya kolesterol jahat di tubuh akan memicu berbagai jenis penyakit, tak terkecuali pula penyakit jantung.

Terkait manfaat yang satu ini, sebenarnya di dalam kacang merah terdapat kandungan serat larut. Serat larut tersebut menarik air sekaligus mengubahnya jadi gel. Hal ini terjadi selama proses pencernaan.

Alhasil, serat tersebut bisa membantu mengatasi kolesterol jahat atau yang akrab disapa dengan LDL. Manfaat ini semakin terasa apabila Anda juga mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi.

Mengendalikan Berat Badan

Kacang merah berkhasiat dalam mengendalikan berat badan. Dengan demikian, kacang merah ini sangat berkhasiat dalam menjalankan program diet sehat. Bagi Anda yang kelebihan berat badan, bisa memanfaatkan kacang merah.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa mengonsumsi kacang merah bisa membuat perut merasa kenyang dalam jangka waktu lama. Karena hal tersebut, Anda jadi kehilangan nafsu makan dan menurunkan keinginan untuk mengonsumsi cemilan.

Apabila mengonsumsi kacang merah secara rutin, maka bisa mendapatkan khasiat berupa berat badan ideal dengan lebih cepat. Anda pun bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan karena kelebihan berat badan. Misalnya saja obesitas.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Untuk Anda yang tidak ingin mengalami masalah yang berkaitan dengan saluran pencernaan, manfaatkan saja kacang merah.

Sebagaimana yang sudah kita singgung di atas bahwa di dalam kacang merah terdapat kandungan serat. Zat inilah yang membuat saluran pencernaan selalu berfungsi dengan baik.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa kacang merah memiliki racun alami yang terkenal dengan sebutan phytohaemagglutinin. Kandungan ini bisa menimbulkan efek samping berupa gejala keracunan. Mulai dari muntah, mual, pusing, sampai dengan nyeri perut yang ekstrim.

Apabila tidak segera mendapatkan penanganan, maka gejala keracunan tersebut bisa lebih parah. Penderitanya juga bisa mengalami diare yang tak kunjung membaik. Lambat laun hal ini juga bisa memicu dehidrasi atau kekurangan cairan.

Dari review di atas, Anda bisa tahu beragam manfaat kacang merah bagi kesehatan. Selain khasiat, Anda juga perlu memahami seperti apa kandungan di dalamnya dan efek samping dari kesalahan dalam mengonsumsi kacang merah.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas