Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Cara Custom Kernel Android, Meningkatkan Performa dengan RAM Optimal

690
×

3 Cara Custom Kernel Android, Meningkatkan Performa dengan RAM Optimal

Sebarkan artikel ini
Custom Kernel Android

Cara Custom Kernel Android – Custom kernel Android cukup familiar di sebagian kalangan gamer. Hal ini lantaran custom kernel bisa membantu gamers untuk bermain game meski menggunakan HP Android jadul atau kentang. Apabila Anda juga menginginkan hal tersebut, bisa cermati tutorial HP berikut ini untuk memanfaatkannya.

Custom Kernel Android dan Penjelasannya

Kernel merupakan perangkat lunak bawaan yang biasanya ada di sistem operasi ponsel Android. Software ini berperan penting sebagai sarana yang menghubungkan game atau aplikasi dengan perangkat keras. Misalnya saja RAM dan CPU.

Melihat betapa pentingnya fungsi kernel Android, tentu perlu menjaga kualitasnya sebaik mungkin. Apabila software tersebut mengalami kerusakan atau masalah, bisa membuat Anda kesulitan selama mengoperasikan aplikasi atau game.

Baca juga: 2 Cara Mematikan Antivirus McAfee di HP Android Anti Ribet Dijamin Ampuh!

Hal ini karena game atau aplikasi yang Anda jalankan bisa keluar sendiri. Belum lagi Anda juga sering menghadapi aplikasi atau game yang error.

Dengan alasan tersebut, tak sedikit orang yang melakukan custom kernel Android. Hal ini memungkinkan performa ponsel Android jadi semakin prima di kelasnya.

Cara Custom Kernel

Custom kernel sendiri merupakan kernel Android yang sudah mendapatkan modifikasi sedemikian rupa untuk mengganti value standar. Dalam melakukannya, juga ada penambahan lain guna meningkatkan kualitas foto, audio, video, modem, performa, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya peningkatan tersebut, tak sedikit gamers ataupun pengguna yang sengaja custom kernel. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut.

1. Download Berkas Kernel

Anda bisa mulai dengan mendownload berkas kernel, lalu memindahkannya ke penyimpanan internal. Dalam hal ini, Anda harus menyesuaikannya dengan ponsel Android.

2. Masukkan ke TWRP

Langkah berikutnya, Anda bisa memasukkannya ke TWRP. Dari sini Anda bisa memilih Wipe. Kemudian lanjutkan dengan memilih Advanced Wipe.

Jangan lupa untuk memberi tanda centang pada bagian Dalvik/ART Cache dan Cache. Kemudian Anda bisa Swipe to Wipe.

Lanjutkan dengan kembali ke halaman depan TWRP, lalu install. Anda bisa klik berkas custom kernel Android tadi.

3. Temukan Swipe to Confirm Flash

Carilah Swipe to Confirm Flash. Jika sudah menemukannya, Anda bisa menggesernya ke bagian kanan.

Setelah melakukannya, Anda hanya perlu menunggu proses pemasangannya sampai selesai. Baru setelah itu, Anda dapat reboot system.

Keuntungan Menggunakan Custom Kernel

Tentu saja bukan tanpa alasan kenapa banyak pengguna yang melakukan custom kernel. Hal ini karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Adapun beberapa keuntungannya ialah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Performa

Sebagaimana yang sudah kita singgung tadi bahwa custom kernel Android berperan penting dalam meningkatkan performa ponsel. Hal ini lantaran custom kernel memiliki level prosesor yang lebih tinggi dan aman.

Berkat hal tersebut, Anda jadi bisa merasa lebih mudah dan leluasa ketika bermain game maupun menjalankan aplikasi tertentu. Ponsel Android yang Anda jalankan tak akan mengalami lag ataupun lemot.

2. Fleksibel

Keuntungan menggunakan custom kernel berikutnya yaitu bersifat fleksibel. Mengapa demikian? Hal ini karena custom kernel bisa membantu Anda untuk overlock secara individu.

Tak berhenti di situ saja karena Anda juga bisa ganti Boot Splash sesuai dengan style atau keinginan. Menariknya lagi, Anda juga dapat mengubah sejumlah informasi yang ada di ponsel Android sesuai dengan kebutuhan.

3. Mendapatkan Versi OS Terbaru

Seiring berjalannya waktu, versi sistem operasi di HP Android mengalami perkembangan. Apabila ponsel tidak Anda upgrade ke versi sistem operasi terbaru, maka akan ketinggalan dan tak bisa merasakan peningkatan fiturnya.

Dengan Anda melakukan custom kernel, sama saja telah berupaya untuk mendapatkan versi sistem operasi Android terbaru. Kendati demikian, hal ini juga berkaitan erat dengan custom ROM.

4. Optimalisasi RAM

RAM menjadi salah satu pertimbangan ketika membeli ponsel Android. RAM dengan kapasitas besar pun pastinya memiliki banyak penggemar.

Custom kernel sendiri bisa mengatur RAM jadi lebih baik. Optimalisasi RAM ini turut berpengaruh terhadap performa HP Android sehingga semakin menguntungkan Anda.

Tak perlu bingung lagi karena kini Anda sudah tahu apa itu custom kernel Android yang hits di sejumlah gamers. Semakin lengkap karena Anda juga bisa memahami bagaimana cara pasang hingga keuntungannya.