Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

7 Manfaat Konsumsi Buah Raspberry, Baik untuk Tangkal Penyakit Kronis

207
×

7 Manfaat Konsumsi Buah Raspberry, Baik untuk Tangkal Penyakit Kronis

Sebarkan artikel ini
raspberry

Manfaat Konsumsi Buah Raspberry – Buah-buahan beri dikenal kaya gizi dan baik untuk menurunkan berbagai risiko penyakit. Selain stroberi dan bluberi, Anda bisa mendapatkan kekayaan gizi dari buah raspberry. Apa saja kandungan dan manfaatnya?

Manfaat Buah Raspberry

Dari berbagai kandungan di atas, buah beri ini berpotensi memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Baca juga: 4 Manfaat Makan Selai Kacang untuk Diet Sehat Tanpa Harus Kelaparan

1. Menurunkan kolesterol

Raspberry merupakan salah satu jenis makanan penurun kolesterol. Pasalnya, buah ini kaya serat yang bisa mencegah penyerapan kolesterol di usus.

Kolesterol yang menumpuk bisa menyumbat pembuluh darah. Hal ini membuat aliran darah pun tidak lancar dan jantung akan memompa darah lebih kuat.

Akibatnya, tekanan darah meningkat. Bila terus berlanjut, kondisi ini bahkan menyebabkan serangan jantung hingga stroke.

2. Menjaga kesehatan jantung

Rasberi merah juga mengandung polifenol yang bisa melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas bisa memicu serangan jantung dan pembentukan kolesterol jahat.

Hasil penelitian terbitan European Journal of Applied Physiology (2005) menemukan buah-buahan beri termasuk rasberi bisa melindungi sel jantung agar tidak rusak akibat stres dan olahraga intensitas tinggi.

3. Menjaga kesehatan tulang

Buah raspberry kaya akan kalsium yang merupakan bahan penyusun tulang agar tetap kuat.

Selain itu, buah raspberry mengandung senyawa khas tanaman atau fitonutrien yang disebut resveratrol. Keduanya berpotensi membantu perkembangan dan pembentukan tulang.

Penelitian terbitan Journal of Bone and Mineral Research (2020) bahkan menemukan bahwa rutin mengonsumsi resveratrol memperkuat tulang paha dan punggung bawah wanita menopause.

Resveratrol membantu meningkatkan hormon estrogen yang berkurang pada wanita menopause. Estrogen berperan dalam pembentukan tulang dan menjaga kepadatannya.

4. Mengurangi sembelit

Manfaat raspberry baik untuk melancarkan BAB karena kaya air dan serat. Serat memadatkan sekaligus melembutkan feses karena menyerap air sehingga Anda terhindar dari sembelit.

Meski sepele, sembelit harus segera diatasi. Sembelit berkepanjangan membuat Anda mengejan terlalu keras sehingga menyebabkan wasir, anus robek, hingga usus yang turun dari anus.

5. Mengendalikan berat badan

Manfaat raspberry ini berasal dari serat dan airnya. Keduanya bisa membuat kenyang lebih lama dan Anda tidak mudah lapar.

Bila tidak mudah lapar, nafsu makan terkendali sehingga hasrat makan berlebih pun menurun.

Buah raspberry juga mengandung senyawa khas bernama raspberry ketone yang berpotensi memecah sel lemak tubuh agar bisa dibakar dengan cepat.

6. Menjaga kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam rasberi merupakan karotenoid atau pewarna alami. Ternyata, keduanya juga memberikan lapisan perlindungan di mata yang menyerap sinar ultraviolet (UV) sehingga tidak masuk ke mata.

Sinar UV diketahui bisa merusak lapisan mata dan meningkatkan risiko gangguan pandangan dan kebutaan akibat katarak dan degenerasi makula.

Kandungan karotenoid pada raspberry ini juga berkhasiat meningkatkan kemampuan penglihatan di cahaya remang-remang.

7. Meredakan nyeri radang sendi

Buah beri seperti blueberry, raspberry, dan blackberry mengandung polifenol yang bersifat anti-inflamasi. Karena sifat tersebut, peradangan pada sendi pun berkurang sehingga gejalanya bisa lebih terkendali.

Selain itu, polifenol menghambat kerusakan tulang rawan dan pemecahan sel-sel tulang. Senyawa ini pun mencegah pembentukan jaringan berlebih antara tulang dan sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak.

Kandungan gizi Buah Raspberry

Buah raspberry (rasberi) adalah buah yang masih satu keluarga dengan bunga mawar. Rasanya manis, berair, dan sedikit renyah.

Buah ini mirip dengan blackberry. Perbedaan keduanya bisa dilihat saat dipetik. Jika batang terlepas dari buah dan meninggalkan lubang di atasnya, ini berarti buah rasberi.

Buah ini bisa tumbuh bila terkena cahaya matahari setidaknya enam hingga delapan jam. Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram buah raspberry.

  • Kalori: 52 kkal.
  • Air: 85,8 gram (g).
  • Gula: 4,42 g.
  • Serat: 6,5 g.
  • Kalsium: 25 miligram (mg).
  • Zat besi: 0,69 mg.
  • Magnesium: 22 mg.
  • Fosfor: 29 mg.
  • Kalium: 151 mg.
  • Seng: 0,42 mg.
  • Mangan: 0,67 mg.
  • Vitamin C: 26,2 mg.
  • Folat: 21 mcg.
  • Kolin: 12,3 mg