Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

4 Manfaat Makan Selai Kacang untuk Diet Sehat Tanpa Harus Kelaparan

215
×

4 Manfaat Makan Selai Kacang untuk Diet Sehat Tanpa Harus Kelaparan

Sebarkan artikel ini
selai kacang

Manfaat Makan Selai Kacang untuk Diet – Selai kacang adalah salah satu makanan tinggi kalori yang umumnya dihindari para pejuang diet. Namun tahukah Anda jika ternyata makanan ini juga bisa digunakan sebagai salah satu senjata untuk menurunkan berat badan?

Penggunaan selai kacang untuk diet dianggap efektif oleh sebagian orang. Sementara itu sebagian lagi menganggap makanan ini bukan pilihan yang tepat. Lantas bagaimana faktanya? Berikut penjelasannya.

Baca juga: 4 Manfaat Masker Putih Telur untuk Kesehatan Kulit Wajah dan Cara Membuatnya

Manfaat selai kacang untuk diet

Meski konsumsi selai kacang untuk diet belum mendapatkan suara seragam dari para peneliti, namun ada beberapa alasan yang dianggap membuat makanan ini bisa membantu menurunkan berat badan, yaitu:

1. Mengurangi nafsu makan

Kacang-kacangan adalah makanan yang tinggi protein, lemak sehat, dan serat, sehingga dapat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Ini akan membuat Anda kenyang lebih lama dan pada gilirannya mendorong penurunan berat badan.

Terlebih lagi, mengonsumsi makanan kaya protein juga dapat menjaga massa otot selama penurunan berat badan. Massa otot penting untuk membantu proses pembakaran kalori yang maksimal di tubuh dan menjaga kekuatan.

2. Respons glikemik lebih baik

Beberapa makanan terutama yang melalui proses pengolahan terlalu banyak cenderung mudah meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Ketika kadar gula darah tak stabil, risikonya adalah obesitas dan diabetes.

Namun selai kacang alami yang tidak menggunakan banyak tambahan gula, memiliki sedikit rasa manis dengan tetap mengandung indeks glikemik yang rendah. Artinya, mengonsumsi selai kacang tidak akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh secara signifikan.

3. Memulihkan energi

Dalam perjalanan menurunkan berat badan, selain memperhatikan asupan makanan, Anda tentu tetap harus rajin berolahraga. Ketika Anda merasa kelelahan setelah berolahraga intensitas tinggi, mengonsumsi selai kacang bisa membantu memulihkan energi berkat kandungan proteinnya, sehingga Anda tidak lemas meski sedang dalam proses diet.

4. Sumber kalori padat nutrisi

Selai kacang cocok untuk menjadi makanan diet karena termasuk makanan padat kalori yang menyediakan hampir 200 kalori per 2 sendok makan (32 gram). Selain itu, lebih dari 75% kalori tersebut berasal dari lemak.

Untuk mempertahankan atau mengurangi berat badan, Anda perlu mengonsumsi kalori dalam jumlah terbatas. Meskipun demikian, untuk memutuskan jenis makanan yang akan dipilih ke dalam menu diet, Anda perlu pertimbangan lebih dari sekadar jumlah kalori.

Selai kacang juga menyediakan protein, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang semuanya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Wajib Kalian Ketahui!

Konsumsi selai kacang untuk diet

Pada tahun 2010 lalu ditemukan hasil penelitian bahwa kacang dapat menjaga respons glikemik dalam tubuh atau perubahan kadar gula darah setelah makan menjadi lebih terjaga.

Selain itu, kacang juga mengandung serat yang dibutuhkan seseorang sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Harvard School of Public Health meneliti lebih lanjut bahwa konsumsi selai kacang secara rutin – setidaknya dua kali seminggu – dapat mengurangi kemungkinan kenaikan berat badan hingga 8 tahun ke depan.

Sejak itu, diet selai kacang menjadi populer terutama apabila seseorang perlu menurunkan berat badan mereka dalam waktu singkat. Ada istilah three-day peanut butter diet yang fokus menghindari konsumsi kalori dan karbohidrat terlalu banyak.

Jika ditarik lebih ke belakang lagi, pada tahun 2001 lalu, ada program Peanut Butter Diet yang membuat partisipannya dapat mengurangi berat badan hingga 12 kilogram, namun total durasi diet ini tidak diketahui secara pasti.

Mereka yang menjalani program ini mengonsumsi 2.200 kalori per hari dengan 6 sendok makan selai kacang untuk pria. Sementara bagi perempuan, ditargetkan konsumsi 1.500 kalori termasuk 4 sendok makan selai kacang.

Cara mengolah selai kacang saat sedang diet

Tentunya manfaat selai kacang untuk diet hanya akan efektif apabila Anda mengolahnya dengan sehat. Gunakan selai kacang yang tidak mengandung tambahan gula, garam, dan bahan pengawet buatan. Pilih lah selai kacang organik yang kaya akan protein, lemak sehat, dan juga serat. Selain berat badan turun, sistem pencernaan juga bisa lebih lancar.

Setelah memilih jenis selai kacang yang tepat, Anda dapat mengolahnya ke dalam berbagai hidangan agar tidak bosan, seperti:

  • Tambahkan selai kacang ke protein shake atau smoothie Anda
  • Tambahkan pada irisan buah apel atau beberapa batang seledri.
  • Sebagai olesan roti gandum
  • Sebagai saus tambahan untuk karbohidrat seperti nasi
  • Dicampurkan ke dalam oatmeal
  • Dimakan bersama yogurt

Untuk menghilangkan bahan tambahan lain yang tidak diinginkan, daripada membeli selai kacang yang sudah jadi, Anda bisa membuat selai kacang sendiri.

Caranya juga cukup mudah, yaitu hancurkan kacang tanah yang sudah dipanggang dengan beberapa kali jeda dan lanjutkan dihancurkan hingga mencapai tekstur halus dan licin seperti yang diinginkan.