Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Anti Boros! Ini 6 Cara Menghemat Listrik AC yang Benar, Dijamin Ampuh

291
×

Anti Boros! Ini 6 Cara Menghemat Listrik AC yang Benar, Dijamin Ampuh

Sebarkan artikel ini
listrik ac

Cara Menghemat Listrik AC yang Benar – Buat pengguna AC pasti kadang dibayangi rasa khawatir tagihan listrik membengkak. Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips bagaimana cara menghemat listrik AC dengan benar. Tanpa disadari saat ini banyak konsumen yang secara tidak sadar melakukan kesalahan fatal yang membuat tagihan listrik semakin membengkak dan AC cepat rusak.

Beberapa pengguna mungkin ada yang menyalahkan merk AC jika tagihan listriknya makin mahal. Apalagi kalau AC tidak dingin lagi atau kompresor jebol. Masalah tagihan listrik yang jebol atau AC cepat rusak sebenarnya bisa dihindari kalau kita mengerti bagaimana cara menggunakan AC yang benar.

Baca juga: 5 Cara Download Foto Instagram Kualitas HD dengan HP dan PC

Berikut ini kami rangkum beberapa tips yang berguna untuk menghemat listrik AC dan tetap awet.

1. Pilih AC yang Hemat Listrik

Cara pertama untuk menghemat listrik AC adalah dengan memilih AC yang hemat listrik atau AC Low Watt. Sebelum membeli AC perhatikan dulu berapa besar watt listrik yang dibutuhkan AC. Setelah itu, bandingkan dengan AC lain yang sejenis. Pilih AC yang yang konsumsi watt-nya paling kecil. Pastikan juga AC tersebut sudah memiliki fitur khusus untuk menghemat konsumsi listrik saat suhu dingin sudah tercapai. Pada dasarnya, AC Low Watt berbeda dari AC biasa. AC Low Watt memiliki kompresor lebih kecil sehingga daya listriknya lebih rendah.

2. Pilih AC Jenis Inverter

Gagastekno juga menyarankan Anda memilih AC jenis Inverter. AC Inverter lebih baik dari AC Low Watt. Saat suhu udara sudah sama seperti yang di seting pada remote, AC menggunakan listrik lebih sedikit dibanding saat pertama kali dinyalakan. Selain lebih hemat listrik, AC inverter juga lebih nyaman digunakan di kamar karena suhu udara lebih stabil, tidak turun naik.

3. Rutin bersihkan filter

Filter merupakan komponen terpenting dari AC. Jika tidak rutin dibersihkan akan menimbulkan bau tak sedap saat AC dinyalakan dan lebih cepat menghabiskan daya listrik.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu membersihkan filter setidaknya 1-3 bulan sekali.

Jika kondisi udara di lingkungan tinggal Anda buruk ditambah dengan intensitas penggunaan AC yang tinggi, tentu pembersihan juga harus lebih sering.

4. Jangan Atur Suhu Remote 16 Derajat Celcius

Perlu diingat kalau kita ini tinggal di negara tropis. Suhu udara paling dingin di Indonesia mungkin hanya berkisar 18 – 19 derajat Celcius. Suhu sedingin itu hanya bisa didapatkan di daerah pegunungan yang jauh dari kota atau paparan polusi. Maka akan sangat tidak mungkin jika Anda ingin mengubah suhu kamar menjadi 16 derajat Celcius, terlebih jika tinggal di tengah kota Jakarta yang panas.

Asalkan sudah memilih PK dan Btu yang tepat sesuai luas ruangan, maka itu sudah lebih dari cukup untuk mendinginkan ruangan. Kami sarankan memilih setingan suhu 24 derajat Celcius pada remote dan Fan Speed Auto supaya AC tidak cepat rusak. Mengubah suhu kamar menjadi 24 derajat Celcius adalah hal yang paling masuk akal jika kita tinggal di negara tropis. Dengan begini, AC tidak terus menerus bekerja menurunkan suhu ruangan menjadi 16 derajat, yang tidak mungkin untuk dicapai.

5. Rutin melakukan pemeliharaan AC

Pemeliharaan AC secara rutin harus dilakukan supaya performanya tetap bekerja maksimal dalam mendinginkan ruangan.

Jika AC tidak rajin dibersihkan menyeluruh, aliran udara pada sistemnya bisa tersumbat dan berpotensi meningkatkan daya konsumsi listrik tinggi sekaligus memperpendek umurnya.

Cara hemat listrik AC juga bisa dengan memaksimalkan sirkulasi udara sekitar dan pastikan ruangan tersebut memiliki ventilasi yang cukup supaya angin alami mudah masuk membuat sejuk.

6. Atur Durasi Penggunaan AC Sesuai dengan Kebutuhan

Tagihan listrik jadi boros karena kita kurang bijak dalam mengatur waktu pemakaian AC. Misalnya kita nyalakan AC jauh sebelum waktu tidur dan tidak segera mematikannya setelah bangun akan membuat tagihan listrik Anda terus membengkak. Ada baiknya gunakan fitur Timer untuk mematikan AC secara otomatis. Jadi saat kamu sudah tidur lelap, AC akan mati dan pastikan ruangan tetap tertutup agar suhu dingin bisa bertahan lebih lama.