Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan yang Efektif dan Aman

255
×

3 Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan yang Efektif dan Aman

Sebarkan artikel ini
berat badan

Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan – Banyak orang ingin menurunkan berat badan agar tubuhnya terlihat lebih sehat dan menarik. Dari beragam metode yang ada, cara tradisional menurunkan berat badan kerap menjadi salah satu pilihan. Cara ini dianggap murah, mudah, dan aman untuk menurunkan berat badan dan memperoleh berat badan ideal.

Ada beragam faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, di antaranya faktor genetik, stres, jarang berolahraga, serta pola makan yang tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan tinggi kalori yang banyak mengandung gula dan lemak.

Baca juga: Inilah 7 Cara Mengatasi WhatsApp Lemot dan Suka Ngelag, Langsung Lancar Lagi

Selain beberapa faktor di atas, obesitas juga bisa disebabkan oleh suatu kondisi yang diderita, seperti hipotiroidisme, sindrom ovarium polikistik (PCOS), dan sindrom Cushing.

Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan

Berat badan ideal bisa ditentukan melalui pemeriksaan indeks massa tubuh (IMT). Jika berat badan Anda termasuk dalam kategori kelebihan berat badan atau justru sudah obesitas, terdapat berbagai macam penyakit yang siap mengintai Anda.

Berbagai penyakit yang berisiko terjadi jika Anda memiliki berat badan berlebih meliputi penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, dan osteoarthritis.

Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga berat badan agar tetap ideal. Akan tetapi, menurunkan berat badan bukanlah perkara mudah. Ada sebagian orang yang berhasil melakukannya, tetapi tak sedikit pula yang gagal.

1. Konsumsi jahe

Jahe merupakan salah satu bahan tradisional yang kerap digunakan oleh cukup banyak orang Indonesia untuk menurunkan berat badan. Rempah ini dipercaya memiliki peran penting dalam mengendalikan berat badan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan mengurangi peradangan.

Beberapa riset kesehatan mengungkapkan bahwa konsumsi jahe, baik dalam bentuk teh atau suplemen yang mengandung ekstrak jahe, mampu membuat sesesorang merasa lebih cepat kenyang dan menekan nafsu makan. Konsumsi jahe juga baik untuk mengontrol kolesterol dan gula darah.

2. Minum Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik . Selain itu, jeruk nipis juga mengandung kalium, magnesium, kalsium dan beragam vitamin. Selain menyegarkan, air jeruk nipis juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat meningkatkan metabolisme dan membuat tubuh dapat membakar lebih banyak kalori, sehingga berat badan bisa lebih terjaga.

3. Minum teh

Teh adalah minuman yang amat sehat karena mengandung antioksidan dan mineral yang cukup tinggi. Banyak studi yang menunjukkan bahwa konsumsi teh, baik teh teh hitam atau teh hijau, dapat meningkatkan pembakaran lemak dan menurunkan berat badan.

Konsumsi teh sebagai cara tradisional menurunkan berat badan juga akan lebih efektif jika disertai dengan olahraga rutin dan diet yang sehat.

Lakukan Hal Ini agar Berat Badan Turun

Beberapa cara tradisional menurunkan berat badan di atas sebenarnya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun, untuk menurunkan berat badan secara permanen dan aman, Anda disarankan untuk melakukannya secara bertahap dan konsisten.

Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan berat badan yang efektif dan aman:

1. Mengukur Kalori

Hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah mengukur kalori yang dibutuhkan oleh tubuh mu. Kamu bisa menghitung kalori melalui kalkulator BMR yang sudah banyak tersedia secara online.

2. Atur Ulang Tujuan Diet

Set tujuan diet bukan hanya untuk kurus atau menurunkan berat badan. Melainkan juga untuk menjaga pola hidup sehat dengan diet sehat.

Sehingga secara alamiah diri Kamu akan menerima bahwa yang harus diatur ulang adalah pola hidup. Setelah berhasil mencapai berat badan ideal, Kamu harus tetap menjaga pola hidup tersebut.

3. Makan Teratur

Tips penting ini bisa menjadi salah satu cara diet alami loh. Pastikan Kamu makan dengan jam yang teratur.

Apabila jam sarapan mu adalah jam 8 pagi, maka usahakan sarapan selanjutnya ada di jam yang sama. Begitu pun makan siang dan makan malam.

Karena pola makan yang tidak teratur justru akan memengaruhi kadar insulin atau gula darah. Jadi jangan sengaja untuk tidak makan ya!

4. Defisit Kalori

Memang di awal akan terkesan “ribet” untuk melakukan defisit kalori. Karena setiap makan, Kamu harus mengukur berapa kalori yang ada di makanan tersebut.

Tapi nantinya Kamu akan bisa mengira-ngira sendiri porsi makan yang dibutuhkan untuk tubuh mu. Kamu bisa menurunkan asupan kalori secara perlahan agar tubuh mu juga ikut beradaptasi.

Kamu bisa mempelajari lebih lanjut mengenai makanan-makanan yang kaya akan gizi, mengenyangkan, sehat dan mencukupi kebutuhan kalori per hari.

5. Hindari Lemak Jenuh Saat Sarapan

Kamu bisa mencari makanan yang mengandung lemak baik untuk mengawali hari mu. Karena jika kamu terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh, justru Kamu akan lebih cepat lapar dan mudah lelah.