Indahnya Gunung Telomoyo, Destinasi Wisata Alam Paling Hits di Jawa Tengah

gunung telomoyo

Wisata Gunung Telomoyo yang berada di perbatasan antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang ini menghadirkan daya tarik panorama alamnya yang menakjubkan. Tidak hanya menarik untuk didaki sampai ke puncaknya, tetapi ada beberapa spot wisata yang dapat dikunjungi wisatawan saat mengunjungi wisata gunung ini.

Semakin tingginya peminat wisata alam, membuat kawasan Gunung Telomoyo saat ini memiliki banyak spot wisata di kaki gunungnya. Dengan view panorama gunung yang indah dan suasana yang sejuk membuat beberapa spot wisata yang ada di kaki Gunung Telomoyo ramai dikunjungi wisatawan sebagai tempat refreshing.

Baca juga: Kota Tua, Destinasi 3 Daya Tarik Wisata Sejarah Bernuansa Eropa Klasik di Surabaya

Daya Tarik Wisata Gunung Telomoyo

gunung telomoyo

Di wisata gunung ini terdapat beberapa tempat wisata yang menjadi spot liburan terbaik untuk yang ingin menikmati panorama alam yang alami dan masih asri, seperti:

1. Awang-Awang Telomoyo

Spot wisata pertama yang dapat wisatawan kunjungi adalah Awang-awang Telomoyo. Bisa dikatakan Awang-awang Telomoyo adalah gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat view panorama alam yang indah dan spot foto yang kekinian.

Gardu pandang di Awang-awang Telomoyo terbuat dari dek kaca transparan. Sehingga membuat sensasi melihat view Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Andong dan Gunung Merbabu dari tempat ini menjadi lebih menantang.

Untuk yang tertarik mencoba sensasi gardu pandang yang terbuat dari kaca transparan di Awang-awang Telomoyo, bisa datang ke Desa Keditan yang masuk dalam Kecamatan Ngablak, Magelang.

Spot wisata Awang-awang Telomoyo buka dari jam 7 pagi sampai jam setengah 7 malam. Untuk yang tidak ingin mendaki puncak Gunung Telomoyo tetapi ingin menikmati pemandangan pegunungan yang indah.

Berkunjung ke Awang-awang Telomoyo adalah pilihan yang tepat. Untuk akses jalan menuju ke Awang-awang Telomoyo sudah beraspal halus untuk sampai puncak, tetapi hanya motor yang boleh naik sampai ke puncak.

Untuk harga tiket masuk ke Awang-awang Telomoyo adalah Rp 10 ribu per orang dan tiket parkir motor Rp 2 ribu dan mobil Rp 5 ribu. Untuk yang ingin berfoto di gardu pandang Awang-awang Telomoyo dikenakan biaya lagi Rp 15 ribu per orang.

2. Taman Langit Telomoyo

Mirip dengan Awang-Awang Sky View, di Taman Langit Telomoyo wisatawan dapat melihat pemandangan dari sebuah gardu pandang yang dibuat seperti dek atau balkon yang menjorok ke langit. Tetapi bedanya dek di tempat ini dibangun menggunakan kayu, sehingga sensasi di atas dek tidak semengerikan seperti yang ada di Awang-Awang Sky View.

Saat berada di Taman Langit Telomoyo, wisatawan juga dapat melihat view dari pemandangan beberapa gunung yang ada di Jawa Tengah seperti Gunung Ungaran, Gunung Prau, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Sehingga berkunjung ke Taman Langit Telomoyo bisa menjadi pilihan tepat untuk merefresh pikiran dan tubuh. Dikabarkan di kawasan Taman Langit Telomoyo nantinya akan dibangun sebuah kafe yang bisa digunakan sebagai tempat nongkrong seru sambil menikmati view gunung yang indah.

3. Camping Ground

Wisatawan yang datang ke wisata gunung ini dapat menikmati suasana tenang dan damai di kawasan wisata ini dengan berkemah. Area camping ground ini lokasinya ada di bagian timur puncak Gunung Telomoyo. Untuk mengunjungi area camping ground ini wisatawan harus berjalan kaki dari area parkir.

4. Puncak Gunung Telomoyo

Puncak Gunung Telomoyo berbeda dengan puncak gunung lainnya, karena puncak dari gunung ini dapat diakses dengan menggunakan motor, sedangkan untuk yang menggunakan mobil hanya diperbolehkan sampai ke loket masuk saja.

Suasana dan pemandangan di puncak gunung ini sangat indah, apalagi jika cuaca sedang cerah dan tidak tertutup kabut. Wisatawan akan disajikan view dari beberapa gunung yang ada di Jawa Tengah dengan sangat indah dan memukau.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

gunung telomoyo

Lokasi dari tempat wisata gunung ini berada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah berbatasan dengan Magelang, tepatnya ada di Kecamatan Ngablak, di Dusun Karangbawang, Desa Pandean.

Untuk perjalanan dari pusat Kota Semarang sampai ke gunung ini jaraknya sekitar 63,5 km dan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam. Jika berangkat dari pusat Kota Magelang jaraknya sekitar 38,6 km dan menempuh perjalanan sekitar 1 jam 15 menit.

Untuk menuju ke puncak gunung ada 2 jalur yang bisa dilalui yaitu via Ambarawa – Sikapung dan Salatiga/Magelang – Kopeng. Kedua rute lokasi ini sudah di aspal atau jalan beton yang mulus, tetapi masih terdapat juga tanjakan yang cukup terjal.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas