Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

5 Manfaat Yoghurt untuk Tanaman, Jadi Pupuk hingga Pembasmi Jamur

476
×

5 Manfaat Yoghurt untuk Tanaman, Jadi Pupuk hingga Pembasmi Jamur

Sebarkan artikel ini
Yoghurt

Yoghurt yang berasal dari fermentasi susu selama ini dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi tidak hanya itu, manfaat yoghurt untuk tanaman pun ternyata ada.

Meski mungkin terdengar asing, faktanya yoghurt memang bisa dimanfaatkan untuk keperluan penambah nutrisi pada tanaman.

Baca juga: Rekomendasi 3 Cara Menyimpan Daging Ayam di Kulkas agar Awet Berbulan-bulan

Dirangkum dari laman Balcony Garden, berikut lima kelebihan dari yoghurt yang bisa menguntungkan pertumbuhan tanaman di rumah Anda.

Manfaat yoghurt untuk tanaman dan cara menggunakannya

1. Pupuk tanaman

Anda bisa menggunakan yoghurt sebagai bahan untuk membuat pupuk organik alami. Menurut sebuah studi University of Washington, probiotik dari yogurt dapat membantu meningkatkan kandungan nitrogen tanaman dan mendorong pertumbuhan.

Cara pengaplikasiannya pun mudah, cukup campurkan yogurt dan air dengan perbandingan 50:50 lalu aduk rata.

Setelah itu, tuang secukupnya saja ke akar tanaman sekitar 1-2 kali selama sebulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Pembunuh jamur

Manfaat yoghurt untuk bunga, sayur, buah, dan tanaman lainnya, berfungsi sebagai pengusir jamur, hama, gulma, sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan pestisida.

Jenis yoghurt yang dapat digunakan untuk membasmi jamur tanaman adalah: yoghurt plain. Campurkan satu sendok makan yogurt dalam secangkir air dan aduk.

Lanjutkan dengan memasukkan campuran ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke daun, bunga, dan akar tanaman. Cairan ini bisa digunakan setiap hari.

Probiotik dalam yogurt akan bekerja menghasilkan asam humat, yang merupakan penolak hama alami untuk melawan organisme patologis pada tanaman sekaligus membentuk lapisan pelindung pada daun.

3. Media tanam lumut

Lumut memiliki peran penting sebagai media tanam karena dapat menyimpan cadangan air dengan baik.

Baca Juga:  Minim Perawatan dan Mudah Dipelihara, 8 Tanaman Sayuran yang Mudah Ditanam

Selain itu, lumut pada tanaman juga berfungsi sebagai penyaring polutan sekaligus sebagai penyedia oksigen.

Salah satu cara menumbuhkan lumut pada tanaman adalah dengan menggunakan secangkir yogurt dan dua sendok makan lumut, lalu blender hingga teksturnya menjadi pasta.

Setelah itu, tuang saja campuran yoghurt tersebut ke bagian tanaman yang diinginkan agar lumutnya tumbuh, dan Anda bisa melihat sendiri perkembangan singkatnya.

4. Bahan campuran kompos

Kompos merupakan pupuk organik yang kaya akan nitrogen dan memiliki banyak manfaat untuk budidaya tanaman.

Saat Anda membuat kompos, tidak ada salahnya mencampur yogurt ke dalamnya dan menutupinya dengan serbuk gergaji dan daun.

Karena yoghurt merupakan produk organik, menambahkannya ke dalam tanah tentu sangat baik untuk tanaman karena dapat meningkatkan kandungan nitrogen dalam tanah.

Selain itu, kompos yoghurt juga efektif meningkatkan kesuburan berbagai jenis tanaman seperti sayuran, rempah-rempah, atau buah-buahan.

5. Meningkatkan produksi tanaman

Yogurt mengandung dua jenis bakteri probiotik, yaitu: Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus.

Kedua probiotik tersebut dapat mengubah makromolekul seperti gula dan karbohidrat lainnya menjadi nutrisi bagi tanaman.

Ketika tanaman di rumah Anda mendapatkan nutrisi terbaik, tentu saja dapat meningkatkan produksi hasil panen, baik itu sayuran, buah, bunga, atau lainnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas