Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

2 Cara Menggunakan View Once di WhatsApp, Beserta Cara Kerjanya Dijamin Berhasil

366
×

2 Cara Menggunakan View Once di WhatsApp, Beserta Cara Kerjanya Dijamin Berhasil

Sebarkan artikel ini
View Once di WhatsApp

Cara Menggunakan View Once di WhatsApp – Cara pakai View Once di WhatsApp sangatlah simpel. Tapi, beberapa pengguna WhatsApp masih belum tau cara pakai View Once ini. Padahal, tutorial aplikasi satu ini sangat mudah.

WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi bertukar pesan yang semakin eksis. Di Indonesia sendiri, aplikasi chat ini menjadi yang paling populer.

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan WA sebagai alat bertukar pesan jarak jauh. Ternyata, di aplikasi ini ada berbagai fitur yang menarik dan bisa Anda gunakan.

Baca juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Font untuk WhatsApp Supaya Terlihat Lebih Aesthetic

Cara Pakai View Once di WhatsApp Terbaru

Pengguna WhatsApp menggunakan aplikasi ini untuk bertukar pesan. Tidak hanya itu, mereka juga bertukar video, foto, dan bahkan berbagai dokumen. Foto dan video mungkin bersifat pribadi dan setelah Anda mengirimnya, keamanan dari file tersebut tidak lagi terjamin.

Hal inilah yang menyebabkan seringnya terjadi kebocoran data. Melihat hal ini, pihak WhatsApp akhirnya menghadirkan sebuah fitur khusus. Fitur View Once di WhatsApp ini hadir untuk menjaga keamanan privasi dari foto maupun video yang Anda kirim melalui ruang obrolan WA.

Cara Kerja Fitur View Once

Fitur View Once ini berfungsi dengan cukup baik. Cara kerja dari fitur ini sangatlah menarik. Jadi, sesuai namanya, fitur ini hanya memperbolehkan menerima foto atau video untuk membuka atau melihat isi pesan satu kali saja.

Dengan demikian, setelah penerima membuka foto yang Anda kirim dengan format View Once, mereka tidak akan bisa melihatnya lagi.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan proses pengiriman foto dengan format biasa. Sebab, biasanya penerima bisa melihat foto tersebut berulang kali. Bahkan, foto tersebut akan tersimpan secara otomatis di galeri HP yang membuat privasi foto tidak akan terjaga dengan baik.

Itulah kenapa, cara pakai View Once di WhatsApp sangatlah penting. Sebab, fitur ini sangat menjaga agar foto yang bersifat pribadi tidak tersebar.

Bahkan, WhatsApp dalam blog pribadi mereka telah menjelaskan bahwa keberadaan fitur ini adalah untuk memberikan para pengguna kontrol besar terhadap privasi mereka.

Cara Menggunakan fitur View Once

Fitur View Once WhatsApp ini sangat mudah untuk para penggunanya gunakan. Namun, Anda harus pastikan bahwa WhatsApp Anda sudah versi terbaru.

Sebab, fitur ini hanya ada di beberapa versi WhatsApp terbaru saja. Berikut ini cara pakai View Once di WhatsApp untuk kirim foto:

  • Setelah memperbarui WhatsApp Anda, segera masuk ke aplikasi ini.
  • Pilih kontak yang ingin Anda kirimi foto atau video melalui fitur View Once ini.
  • Jika sudah, Anda akan masuk ke dalam ruang obrolan seperti biasa. Anda akan melihat kolom chat di sebelah kanan.
  • Klik ikon gambar seperti Anda ingin mengirim gambar biasa. Pilihlah foto yang ingin Anda kirim, bisa itu memotret secara langsung ataupun mengambil dari Galeri ponsel.
  • Jika sudah memilih foto, klik ikon “1” dengan lingkaran di sekelilingnya.
  • Setelah itu, akan muncul pemberitahuan bahwa fitur View Once sudah berhasil Anda aktifkan. Biasanya pemberitahuan tersebut akan berupa “Photo Set to View Once”.
  • Anda bisa menambahkan caption terlebih dahulu pada foto atau video sebelum mengirimnya.
  • Nantinya, foto atau video yang Anda kirim dengan fitur View Once tidak akan muncul seperti biasa, tetapi tulisan “Photo” dengan ikon angka “1” di sampingnya.

Dengan demikian, Anda sudah bisa melakukan cara pakai View Once di WhatsApp.

Informasi Tambahan Terkait Fitur View Once

Perlu Anda tahu bahwa fitur View Once ini memiliki cara kerja sedikit berbeda dari yang lainnya. Selain foto tidak akan tersimpan di galeri penerima, mereka juga tidak bisa mengirim ke orang lain.

Pengguna tidak dapat menandai, membagikan, dan bahkan screenshoot foto yang Anda kirim sebelumnya. Bahkan Anda sendiri tidak akan bisa melihat foto yang terkirim lagi. Apabila penerima masih tidak membuka foto atau video di dalam View Once, maka akan kadaluarsa setelah 14 hari dari waktu kirim.

Jadi, cara pakai View Once di WhatsApp ini sangatlah berguna. Anda jadi bisa menjaga privasi dari foto maupun video yang sifatnya privat agar tidak menyebar ke orang lain. Namun, ini juga tidak sepenuhnya aman. Jadi sebaiknya Anda tidak mengirim konten yang merugikan.