Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Yuk Simak Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6, Apakah Worth to Buy?

3507
×

Yuk Simak Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6, Apakah Worth to Buy?

Sebarkan artikel ini
kelebihan dan kekurangan xiaomi pad 6

Simak Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6 – Di Cina, Xiaomi Pad 6 sudah meluncur bulan April lalu bersama dengan saudaranya (Xiaomi Pad 6 Pro). Perilisannya di Indonesia sendiri masih belum pasti waktunya.

Sejak diluncurkan, para pencinta tablet sangat menanti produk terbaru dari Xiaomi itu. Pasalnya, Xiaomi Pad 6 disebut sangat unggul dibandingkan pendahulunya, Xiaomi Pad 5.

Benarkah anggapan tersebut? Untuk menjawabnya, sebaiknya simak ulasan terkait kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 6 dulu, ya. Sebab, tablet ini juga bukan tablet yang 100% sempurna.

Baca juga: Spesifikasi Xiaomi Pad 6 Resmi Hadir di Indonesia dengan Performa Gahar, Harga Super Murah!

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 6

Berbeda dengan iPad yang bersaing di kelas atas, Xiaomi Pad 6 adalah tablet kelas menengah yang dijual dengan harga terjangkau. Meski murah dibandingkan iPad, tapi spek yang ditawarkan gak asal-asalan.

Harga Xiaomi Pad 6 dibanderol sekitar Rp4,3 jutaan di pasar Cina. Sedangkan harga Xiaomi Pad 6 Pro kisaran Rp5,4 jutaan.

Harga ini belum termasuk pembelian aksesori seperti keyboard dan pensil (stylus pen). Untuk menambah dua aksesori tersebut, kamu memerlukan bujet sekitar Rp2,1 jutaan.

Nah, apakah dengan harga tersebut, Xiaomi Pad 6 benar-benar worth to buy? Sebelum sampai pada kesimpulan, pahami dulu kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 6. Apalagi, jika kamu berniat membeli tablet entry level. 

Yuk, simak kelebihan Xiaomi Pad 6 berikut ini!

Kelebihan Xiaomi Pad 6

1. Tampilan dan desain dengan kesan high-end

Sebenarnya, agak sulit mengulas Xiaomi Pad 6 karena tablet ini belum meluncur di Indonesia. Kendati demikian, para reviewer luar negeri sudah memberikan ulasan yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan. Hasil ulasan mereka dapat menambah insight-mu sebelum membeli tablet merek Xiaomi ini.

Nah, pembahasan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 6 pasti gak jauh-jauh dari tampilan serta desainnya. Bagian inilah yang pertama kali dapat memengaruhi ketertarikan pengguna.

Kabar baiknya, tampilan serta desain Xiaomi Pad 6 lebih unggul dari Xiaomi Pad 5. Tablet ini memiliki bodi metal yang berkesan premium (high end) pada bagian belakang dan samping.

Satu hal yang perlu diingat, materialnya cukup berat. Namun, poin kekurangan ini masih bisa dimaafkan karena cukup minor.

2. Layar lebih cerah dengan piksel besar

Bicara tentang layar Xiaomi Pad 6, lagi-lagi tablet satu ini lebih oke ketimbang Xiaomi Pad 5. Dilansir Versus, layar Xiaomi Pad 6 memiliki resolusi 2880×1800 piksel. Sedangkan, Xiaomi Pad 5 hanya memiliki resolusi 2560×1600 piksel.

Dengan resolusi tersebut, Xiaomi Pad 6 menawarkan tingkat kecerahan yang lebih tinggi. Poin plusnya, layar sudah dilaminasi. Refresh rate-nya 144 Hz.

Menarik lagi, ukuran layarnya cukup pas, yakni 11 inci. Layar bezelnya tipis, sehingga memberikan pengalaman menonton yang solid. Jadi, meski layarnya bukan panel OLED, tapi kualitas yang diberikan gak sembarangan juga, ya.

3. Dapur pacu, perangkat lunak, dan kamera lebih kuat

Dalam banyak aspek, Xiaomi Pad 6 memang unggul. Gak heran bila dalam ulasan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 6, tablet satu ini sering menjadi juara saat dibandingkan dengan Xiaomi Pad 5.

Secara tampilan dan spesifikasi, Xiaomi Pad 6 bisa mengobati rasa kecewa banyak orang saat Xiaomi Pad 5 rilis, tapi belum sesuai ekspektasi. Tiga kelebihan Xiaomi Pad 6 yang menonjol terdapat pada dapur pacu, perangkat lunak, dan kameranya.

Untuk menguatkan performa, Xiaomi Pad 6 menggunakan Snapdragon 870. Kapasitas RAM juga cukup lega, yaitu 8GB dan 12GB.

Sementara itu, penyimpanan internal memiliki ruang 128GB hingga 512GB. Dari segi RAM, Xiaomi Pad 5 tentu kalah karena hanya punya RAM 6GB.

Menariknya, kamera Xiaomi Pad 6 dirancang cukup serius, sehingga sangat berkesan untuk sekelas tablet. Kamera belakangnya memiliki lensa 13MP.

Terakhir, antarmuka Xiaomi Pad 6 terbilang efektif dan nyaman dengan menggunakan MIUI. Sistem operasinya memakai Android 13, dilansir My Next Tablet.

Kekurangan Xiaomi Pad 6

Ketika membahas kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 6, pertanyaan yang pasti juga muncul, “apa saja kekurangannya?”

Gak bisa dimungkiri, Xiaomi Pad 6 sebenarnya masih cukup terbatas dalam hal spesifikasi. Xiaomi punya peluang besar merilis tablet baru yang lebih canggih dengan fitur menarik di masa depan.

Supaya kamu pun lebih bijaksana dalam membeli tablet, perhatikan beberapa poin kekurangan Xiaomi Pad 6 berikut ini. Sehingga, keputusanmu membeli benar-benar penuh pertimbangan dan kesadaran, bukan sekadar keputusan impulsif.

1. Gak ada port jack audio dan slot SIM Card

Secara tampilan, Xiaomi Pad 6 memang lebih premium. Bahkan, tampilan estetikanya didukung dengan ketiadaan port jack audio. Sayangnya, keputusan ini justru membuat pengguna Xiaomi Pad 6 cukup repot karena harus pakai konverter jack audio ke USB Type-C.

Opsi lain yang akhirnya juga dipilih pengguna adalah menggunakan earphone wireless. Keputusan untuk menghilangkan slot microSD pun makin mengurangi sisi kepraktisan Xiaomi Pad 6.

Tanpa slot microSD, kamu akan kesulitan untuk menambah ruang penyimpanan eksternal. Kekurangan ini cukup krusial karena bisa mengurangi tingkat kenyamanan saat mengoperasikan Xiaomi Pad 6.

2. Tanpa varian seluler dan pemindai sidik jari

Pemindai sidik jari belum tersedia pada Xiaomi Pad 6. Sistem penguncian layar masih menggunakan PIN atau password. Namun, bagi sebagian orang ini bukan masalah besar.

Satu kekurangan lagi yang cukup mengganggu adalah ketiadaan varian Xioami Pad 6 seluler.

Itulah kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 6. Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, apakah tablet tersebut cukup layar dibeli?

Jawabannya sangat subjektif, ya. Namun, sejauh ini ulasan para reviewer cukup positif. Dibandingkan Xiaomi Pad 5, Xiaomi Pad 6 sangat mumpuni. Meski punya kekurangan yang cukup berarti, tapi tablet ini masih sangat worth it untuk dimiliki.

Bila kamu mencari tablet terjangkau dengan performa kuat untuk pemakaian ringan, maka Xiaomi Pad 6 adalah pilihan terbaik.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas