Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Spesifikasi Xiaomi Pad 6 Resmi Hadir di Indonesia dengan Performa Gahar, Harga Super Murah!

3364
×

Spesifikasi Xiaomi Pad 6 Resmi Hadir di Indonesia dengan Performa Gahar, Harga Super Murah!

Sebarkan artikel ini
xiaomi pad 6

Spesifikasi Xiaomi Pad 6 – Xiaomi resmi memasukkan tablet baru mereka di Indonesia. Ternyata selain memiliki harga terjangkau, perangkat ini kencang dan juga adem.

Kegiatan bekerja dan belajar di rumah paska pandemi COVID 19 ternyata masih dilakukan oleh beberapa orang. Namun yang pasti, karena pandemi tersebut pula banyak yang menginginkan sebuah perangkat portabel yang digunakan untuk bekerja dan mengakses konten hiburan.

Baca juga: HP Xiaomi Kamera Belakang 2 Terbaik Harga 1-2 Jutaan, Spek Tinggi Fitur Canggih

Memiliki sebuah laptop akan menjadi harga yang cukup mahal serta smartphone memiliki layar yang kecil. Oleh karena itulah, penjualan tablet cukup meroket hingga saat ini.

Review Spesifikasi Xiaomi Pad 6

Berikut adalah review lengkap spesifikasi Xiaomi Pad 6 sebagai tablet yang mempertahankan elemen-elemen yang telah berhasil diterapkan pada Xiaomi Pad 5.

Paket Penjualan dan Material Bodi

Memenuhi kebutuhan tersebut, Xiaomi akhirnya kembali meluncurkan tabletnya di Indonesia. Nama dari tablet tersebut adalah Xiaomi Pad 6. Xiaomi Pad 6 adalah tablet yang menawarkan desain ramping dan ringan dengan ketebalan 6,51mm dan bobot 490g.

Tablet ini juga memiliki sebuah keunikan di mana mendukung USB 3.2 Gen 1 yang memiliki banyak fungsi dan kecepatan yang lebih tinggi. Hal ini berarti Xiaomi Pad 6 mampu dihubungkan dengan monitor.

Xiaomi Pad 6 juga memiliki layar berukuran 11″ dengan resolusi WQHD+ atau 2880 x 1800 dan refresh rate hingga 144Hz. Layarnya ini masih menggunakan panel IPS dengan perlindungan Gorilla Glass 3. Untuk hiburan, tablet ini juga memiliki Dolby Vision dan Quad Speakers dengan teknologi Dolby Atmos. Baterai pada perangkat ini sudah memiliki kapasitas besar, yaitu 8840 mAh dan dapat diisi ulang dengan fast charging 33 watt.

Audio

Sedangkan, revier mengenai bodi Xiaomi Pad 6 terdapat tombol volume dan dua mikrofon. Di sisi kiri, terdapat dua speaker lagi dan tombol power. Logo Dolby Atmos juga terletak di sini. Pada bagian bawah, terlihat kosong. Terlihat bahwa tablet ini memiliki empat speaker dan mendukung Dolby Atmos.

Setelah kami mencoba speaker-nya, kami menemukan bahwa kualitas audio yang dihasilkan tergolong baik untuk tablet dalam kelas harga ini. Suaranya terdengar rapi dengan volume yang mencukupi untuk penggunaan tablet. Bahkan, sulit untuk menemukan laptop yang bisa menandingi kualitas suara tablet ini, terutama dengan harga sekitar Rp4,9 juta.

Pengalaman suara virtual yang dihasilkan oleh Dolby Atmos juga sudah memadai. Secara keseluruhan, speaker pada tablet ini mampu memberikan kualitas audio yang memuaskan, menjanjikan pengalaman audio yang baik ke depannya.

Layar

Xiaomi Pad 6 hadir dengan layar IPS berukuran 11 inci, resolusi Waiki HD Plus sebesar 2880 x 1800 piksel, dengan rasio 16 banding 10. Refresh rate-nya mencapai 144Hz, yang bisa menyesuaikan diri sesuai dengan aktivitas penggunaan.

Saat melakukan scroll atau swipe pada menu atau layar utama, refresh rate akan berada pada 144Hz. Ketika layar tidak aktif, refresh rate akan turun ke sekitar 50Hz. Bahkan saat menonton video 30fps, refresh ratenya bisa turun hingga 30Hz. Meskipun beberapa aplikasi belum mendukung refresh rate 144Hz, ini merupakan peningkatan dari sebelumnya yang memiliki refresh rate 120Hz.

Brightness layarnya dapat mencapai hingga 550 nit, dengan hasil pengukuran sekitar 450 nit. Saat digunakan di luar ruangan pada siang hari, kecerahan layar dapat mencapai hampir 520 nit. Ini menunjukkan peningkatan kecerahan saat terkena cahaya terang.

Kamera pada tablet ini memiliki tiga pilihan. Kamera selfie 8MP dengan aperture f/2.2 mampu merekam video hingga 1080p 30 FPS. Kamera utama 13MP dengan aperture bukaan f/2.2 dan PDAF dapat merekam video hingga 1080p 60 FPS dan bahkan 4K 30 FPS. Berbagai fitur kamera termasuk Dokumen, Night Mode, Short Video, Dual Video, dan Director Mode.

Layar ini mampu menampilkan hingga 1,07 miliar warna, menunjukkan dukungan untuk layar 10-bit atau tenbid, serta HDR 10 dan Dolby Vision. Sertifikasi layar mencakup Low Blue Light serta perlindungan Gorilla Glass 3 dari Corning. Pada aspek perangkat keras, Xiaomi Pad 6 ditenagai oleh Snapdragon 870, diikuti RAM 8 GB LPDR5 dan ROM atau penyimpanan internal 256 GB UFS 3.1, yang memberikan performa yang cepat.

Fitur Tambahan

Xiaomi Pad 6 dilengkapi dengan fitur memori ekspansi hingga 5 GB. Baterainya berkapasitas 8840 mAh, cukup besar untuk penggunaan yang lama. Pengisian daya dilakukan dengan dukungan charging 33 watt.

Sensor yang ada meliputi accelerometer, gyroscope, dan proximity sensor, sementara orientasi sensor tidak ada, namun hal ini wajar karena tablet memiliki karakteristik yang berbeda dengan smartphone.

Konektivitas meliputi Wi-Fi 6 yang bekerja pada frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz, serta Bluetooth versi 5.2. Port USB pada tablet ini mendukung standar USB 3.1, yang lebih cepat dibandingkan USB tipe-C pada banyak smartphone dan tablet saat ini.