Scroll untuk baca artikel
PangkalpinangPendidikan

UKW Fasilitas Dewan Pers, Dua Peserta Dinyatakan Belum Kompeten

396
×

UKW Fasilitas Dewan Pers, Dua Peserta Dinyatakan Belum Kompeten

Sebarkan artikel ini
IMG20230506141342
Caption : Koordinator Penguji UKW Fasilitas Dewan Pers Firdaus Komar saat menyampaikan sambutannya

PANGKALPIANG . INTRIK.ID – Puluhan wartawan ikuti Uji Kompetensi Wartawan ( UKW ) Fasilitas Dewan Pers . Kegiatan tersebut berlangsung selama Dua hari mulai tanggal 5 – 6 mei 2023 bertempat di Swiss Bellhotel Pangkalpinang. Puluhan peserta tersebut terdiri utusan PWI dan IJTI Provinsi Babel.

Ketua PWI Babel Muhammad Fahturaman diwakili Romlan wakil ketua bidang Pendidikan mengatakan sebanyak dua orang dinyatakan belum kompeten.

“Secara kelengkapan berkas peserta dari PWI Babel awal 30 orang, namun pada saat hari pelaksanaan hanya di ikuti 26 peserta 4 orang tidak hadir. Dari 26 peserta itu kelas Madya 6 orang , Muda 20 orang. Sedangkan dinyatakan kompeten 24 orang tidak kompeten 2 orang,” kata Romlan, Sabtu (6/5/2023) sore.

Menyikapi hal tersebut koordinator penguji dari Dewan Pers Fidaus Komar mengatakan UKW standar mengukur kemampuan.

” UKW terbentuk pada tahun 2010 di Palembang, yang mana saat itu sejumlah perusahaan pers sepakat membentuk standar profesi wartawan. Fungsi UKW itu mengukur pengetahuan dan pemahaman terhadap KEJ, UU Pers, UU ITE, PPRA dan skill menulis berita,” pungkasnya.

Firdaus Komar juga menyingung soal wartawan yang sering copyfaste

“Pada saat ini fenomena wartawan beritanya copyfaste, karena setiap instansi punya rilis disampaikan di grup – grup WA. Sehingga teman wartawan malas nengolah data menjadi berita beda. Rilis langsung di tayang pada media, untuk itu bagi yang sudah Kompeten harus menjadi contoh rilis harus dirobah dan diolah menjadi berita menarik,” terangnya.

Sementara itu perwakilan peserta Gustiranda dalam pesannya menyampaikan, wartawan sudah kompeten jangan berpuas diri.

“Mewakili rekan – rekan peserta kami ucapkan Terimakasih kepada para penguji. Bagi kawan yang sudah kompeten jangan berpuas diri, kita harus belajar dan belajar lagi,” tutupnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas