Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Tips dan 4 Cara Mengatasi Laptop Ngelag, Jangan Panik Dulu!

305
×

Tips dan 4 Cara Mengatasi Laptop Ngelag, Jangan Panik Dulu!

Sebarkan artikel ini
laptop ngelag

Cara Mengatasi Laptop Ngelag – Cara mengatasi laptop ngelag perlu Anda kuasai supaya perangkat bisa kembali fungsional. Laptop memang bisa ngelag saat digunakan sehingga harus praktikkan cara mengatasi masalah tersebut dengan tepat. Tak perlu khawatir karena cara memperbaiki laptop ini terbilang sederhana.

Baca juga: 3 Cara Menghubungkan Laptop ke TV Tanpa Kabel dengan Benar, Solusi Gampang Tanpa Ribet!

Cara Mengatasi Laptop Ngelag yang Tepat

Laptop jadi salah satu perangkat elektronik yang mampu memenuhi segala keperluan pengguna. Mulai dari menyelesaikan tugas, membuat laporan, menyusun presentasi, membuka media sosial, browsing, streaming film, bermain game, dan masih banyak lagi.

Hanya saja, kurangnya perawatan seringkali membuat laptop jadi bermasalah. Adapun salah satu masalah pada laptop ialah ngelag.

Kondisi lag tersebut memungkinkan laptop tak bisa berfungsi secara optimal sebagaimana mestinya. Karenanya, setiap keperluan Anda yang mengharuskan menggunakan laptop jadi tertunda.

Agar tak terlalu lama menghambat kepentingan Anda, maka harus segera diatasi. Lantas bagaimana caranya? Tak perlu bingung, Anda perhatikan saja beberapa cara mengatasi laptop ngelag di bawah ini.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yakni restart laptop. Cara ini terbukti ampuh dan jadi andalan sebagian besar pengguna laptop.

Bukan tanpa alasan. Dengan restart, maka akan ada banyak program ataupun aplikasi di laptop yang terpengaruh. Setelah selesai restart, Anda bisa cek lagi apakah laptop masih ngelag atau tidak. Jika masih lag, maka bisa ikuti cara selanjutnya.

Uninstall Aplikasi

Bukan hanya restart laptop saja yang bisa Anda tempuh dalam cara mengatasi laptop ngelag, namun juga uninstall aplikasi. Namun jangan sembarangan dalam menghapus aplikasi.

Baca Juga:  6 Aplikasi Edit Video Slow Motion di Android, Konten Makin Kece

Terlebih lagi jika Anda masih membutuhkan aplikasi tersebut. Mau tak mau Anda harus download ulang jika sudah terlanjur menghapusnya.

Supaya tak salah uninstall, lebih baik untuk menggolongkan mana aplikasi yang masih digunakan dan mana aplikasi yang sudah tak diperlukan. Anda bisa langsung uninstall aplikasi yang sudah tak terpakai.

Cara ini dinilai efektif dalam mengatasi ngelag di laptop. Hal ini lantaran banyaknya aplikasi hanya akan memenuhi kapasitas penyimpanan laptop.

Penyimpanan laptop yang penuh jelas merugikan setiap pemiliknya. Laptop jadi mudah lag, error system, maupun mengalami gangguan lainnya.

Di sisi lain, Anda juga akan kesulitan saat ingin menyimpan data penting karena penyimpanannya terbatas. Maka dari itu, jangan ragu uninstall aplikasi atau software yang tak lagi Anda manfaatkan.

Nonaktifkan Program Otomatis

Tak sedikit pengguna laptop yang sengaja mengaktifkan program otomatis. Di lain sisi, ada juga beberapa program yang aktif sendiri saat laptopnya nyala.

Padahal kondisi tersebut seringkali menyebabkan lag sehingga performa laptop jadi menurun. Oleh sebab itu, Anda harus periksa apakah ada program otomatis yang aktif di laptop kesayangan.

Jikalau memang ada, maka matikan sesegera mungkin agar tak mengganggu kinerja laptop. Soal bagaimana mengatasi laptop ngelag dengan cara ini juga terbilang mudah.

Pertama-tama, Anda bisa membuka Task Manager. Setelah itu, pilihlah tab startup. Jika sudah, Anda bisa cek di dalamnya.

Cermati apakah ada program yang menyulitkan startup atau tidak. Anda bisa langsung mematikannya jika terdeteksi ada program yang membebani.

Install Antivirus

Cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop ngelag yakni memasang antivirus. Tak bisa kita pungkiri bahwa virus atau malware jadi salah satu pemicu laptop bermasalah, tak terkecuali lag.

Baca Juga:  6 Cara Mempercepat Booting Windows 10

Virus ini bisa menyerang perangkat karena kebiasaan unduh file, membuka situs tertentu, dan masih banyak lainnya. Supaya laptop tak bermasalah karena adanya virus, maka pasang antivirus sekarang juga.

Saat ini sudah ada banyak antivirus yang bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin. Pilih saja satu antivirus yang sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan Anda.

Kendati demikian, lebih baik pasang antivirus yang memiliki ukuran kecil. Antivirus yang ringan tak akan terlalu membebani perangkat.

Selain download dan memasang antivirus, Anda juga perlu update secara berkala. Dengan rutin memperbaharuinya, maka kinerjanya bisa selalu optimal dan prima dalam menangkal serangan virus. Untuk itu, coba cara mengatasi laptop ngelag ini sekarang juga.

Bersihkan Cache

Cache yang menumpuk terlalu banyak di laptop bisa memicu lag. Pada umumnya, penumpukan cache ini terjadi karena sudah lama menggunakan laptop.

Supaya tak membuat kerusakan yang semakin parah pada laptop, maka bisa segera bersihkan cache. Untuk membersihkan cache atau yang juga terkenal dengan sebutan temporary files ini cukup sederhana.

Hal yang perlu Anda lakukan dalam cara mengatasi laptop ngelag ini hanyalah membuka File Manager. Setelah itu, pilihlah destinasi HDD sesuai dengan keinginan Anda. Bisa Drive D, C, atau yang lainnya.

Langkah berikutnya, Anda bisa memilih Properties. Dari menu ini, lanjutkan dengan memilih General. Terakhir, Anda tinggal pilih Disk Cleanup.

Dengan langkah yang mudah, pastikan Anda membersihkan cache di laptop secara rutin. Sebenarnya kebiasaan tersebut juga berdampak baik pada kapasitas memori laptop karena akan terasa lebih lega.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas