Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Tahun Ini Pupuk Subsidi Diberikan Perorang

266
×

Tahun Ini Pupuk Subsidi Diberikan Perorang

Sebarkan artikel ini
IMG 20220823 170648 965 transcpr
Foto: Para petani cabai sedang menanam bibit cabai di kebun Hidayat Arsani. (Intrik)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Tahun 2023 ini pupuk subsidi program pemerintah pusat dibatasi untuk 9 komoditi. Selain itu, pupuk ini juga diberikan hanya kepada orang yang masuk dalam Kelompok Tani (poktan).

Kabid Pertanian Bangka Tengah, Julia mengatakan lahan yang digunakan juga harus di titik poligon (bukan hutan lindung, hutan produksi atau sengketa).

“Sekarang bukan lagi dibagikan per kelompok, tapi perorangan. Jadi datanya by name by adreas. Hanya saja, poktan yang nanti akan membagikannya ke orang yang namannya terdaftar disistem online penerimaan,” ungkapnya, Senin (3/4/2023).

Ia mengatakan pupuk subsidi ini juga tidak bisa diberikan kepada petani sawit dan karet karena kebijakannya sudah berubah.

“Kalau dulu sawit dan karet masih bisa, sekarang tidak. Jadi berubah kebijakan saja bukan dihapuskan. Sekarang hanya bisa untuk tanamana padi, jagung, kedelai, kopi, kakao, cabai, bawang merah, bawang putih dan tebu yang mendapat 3 pupuk jenis urea, NPK dan NPL khusus,” ungkapnya.

Julia juga menyebutkan, Lubuk Besar tahun ini tidak mendapat bantuan pupuk subsidi karena menurut garis poligon lubuk merupakan Hutan Lindung.

“Selain Lubuk Besar semuanya dapat pupuk subsidi karena tanah Hutan Lindung,” ujarnya.

Julia menegaskan, pengajuan pupuk bersubsidi harus lewat kelompok tani (Poktan) dan tidak boleh perorangan saja dan harus memegang kartu tani.

“Yang pakai kartu tani tergantung pengecer saja nanti karena gak semua ada. Terus poktannya juga sudah mendaftarkan anggotanya via online baru bisa mengajukan,” jelas Julia.

Julia juga menyayangkan adanya oknum menyelewengkan fungsi pupuk bersubsidi yang seharusnya untuk 9 komoditi malah diluar itu.

“Ada yang dapat pupuk subsidi untuk cabainya tapi digunakan untuk sawitnya. Yah mau bagaimana, penyelewangan oknum memang susah,” ucapnya.

Untuk diketahui, Bangka Tengah menerima pupuk bersubsidi jenis Urea 43.588 Kg, NPK 150.015 Kg dan NPL Formula Khusus sebanyak 30.000 kg.(Erwin)

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas