Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Solusi Jitu 3 Cara Mengatasi Getar di HP Tidak Berfungsi, Ketahui Penyebabnya

1968
×

Solusi Jitu 3 Cara Mengatasi Getar di HP Tidak Berfungsi, Ketahui Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
getar di hp

Cara Mengaatasi Getar di HP Tidak Berfungsi – Getar di HP tidak berfungsi jadi kendala tersendiri. Saat getar tidak berfungsi, maka notifikasi di HP jadi sulit untuk terdeteksi. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami tutorial HP di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Getar di HP Tidak Berfungsi dan Penjelasannya

Sebagai pertanda ada notifikasi yang masuk di HP, vendor menyematkan beberapa opsi untuk menunjukkannya. Sebut saja dengan nada dering dan getar.

Alih-alih memasang nada dering, ada sebagian pengguna ponsel yang lebih suka notifikasi dengan getar. Akan jadi masalah apabila getar di ponsel tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Ketika ponsel tidak bisa getar, maka Anda sebagai penggunanya tak akan tahu notifikasi yang masuk ke perangkat. Hal ini tentu saja membuat Anda melewatkan informasi penting yang ada di ponsel.

Anda baru bisa tahu ada notifikasi yang masuk saat menghidupkan HP. Hal ini jelas jadi kerugian tersendiri karena ada beberapa momen yang terlewatkan.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kamera HP Berembun Secara Otodidak, Terbukti Ampuh!

Penyebab HP Tidak Bisa Getar

Masalah getar di HP tidak berfungsi ternyata ada sejumlah hal yang menyebabkannya. Adapun beberapa penyebabnya yaitu:

PCB Mengalami Kerusakan

Salah satu penyebab HP tidak bisa getar seperti biasanya ialah adanya kerusakan pada bagian PCB. Bagian tersebut bisa mengalami kerusakan karena kotor.

Kondisinya yang kotor bisa memutus jalur yang mengarah ke komponen. Oleh sebab itu, jangan heran jika HP tidak lagi bisa getar secara normal.

HP Kemasukan Air

Saat HP tak sengaja tercebur ke air atau tersiram, maka bisa menimbulkan banyak masalah. Adapun salah satu masalahnya yaitu HP tidak bisa getar.

Baca Juga:  Review Acer Swift Go 14 Touch Baru Launching di Indonesia, Ini Harganya!

Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati agar HP tidak terkena air dan memicu masalah. Apabila ponsel Anda sudah terlanjur terkena air, maka segera atasi secepat mungkin.

Untuk mengatasi HP kemasukan air pun sangatlah beragam. Salah satunya, Anda bisa matikan ponsel dan lepas semua komponen. Lalu lap sampai bersih hingga kering.

Kerusakan Komponen Vibrator

Perlu untuk Anda ketahui bahwa komponen vibrator sangat berperan penting dalam membuat ponsel jadi bergetar. Apabila komponen tersebut rusak, tentu saja HP tidak bisa getar.

Melihat fungsi getar tidak aktif, alangkah baiknya Anda segera mengecek komponen vibrator tersebut. Anda bisa lakukan perbaikan sendiri ataupun membawanya ke tempat service terpercaya.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Getar

Masalah ini sendiri bisa terjadi di berbagai ponsel, baik itu smartphone berbasis Android maupun iPhone. Termasuk pula HP Android dengan merek Xiaomi, Oppo, Samsung, dan lain sebagainya.

Setelah tahu apa saja penyebabnya, ada baiknya juga memahami bagaimana cara mengatasi HP tidak bisa getar. Dengan begitu, Anda bisa kembalikan kemampuan getar di HP jadi normal seperti biasanya lagi.

Tes Getaran HP

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ialah melakukan tes getaran di HP. Untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi tambahan.

Tak perlu bingung karena saat ini sudah ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk tes getaran di HP. Sebagai salah satu pilihannya, Anda bisa gunakan aplikasi Vibrate Tester.

Memanfaatkan Kode Rahasia

Ada kode rahasia yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi getar di HP tidak berfungsi. Adapun kode yang dimaksud ialah *#0*#.

Ketika Anda mengakses kode ini, maka bisa muncul jendela baru. Anda klik saja menu Getar.

Baca Juga:  Review Recovery Mode di iPhone, Solusi Kembalikan Performa Perangkat 2024

Menariknya lagi, kode rahasia ini bisa Anda aplikasikan di semua jenis HP Android. Pastinya fungsi getar di HP Anda bisa kembali optimal.

Restart

Baik itu smartphone Android maupun iPhone bisa Anda restart untuk mengatasi fungsi getar di HP yang tidak berfungsi. Hal ini karena restart bisa mengatasi masalah bug yang ada di ponsel.

Tumpukan bug di ponsel memang bisa jadi salah satu penyebab hilangnya fungsi getar di HP. Menyadari hal itu, Anda bisa coba cara ini.

Dari uraian di atas, Anda bisa tahu apa saja penyebab getar di HP tidak berfungsi. Selain penyebab, ada juga pembahasan lengkap seputar cara mengatasinya yang bisa Anda pilih sebagai solusi terbaik agar terbebas dari masalah tersebut.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas