Scroll untuk baca artikel
Hiburan

Simak! Inilah 7 Game Esports Mobile Terpopuler di Indonesia, Mana Favoritmu?

491
×

Simak! Inilah 7 Game Esports Mobile Terpopuler di Indonesia, Mana Favoritmu?

Sebarkan artikel ini
game esport mobile

Game Esports Mobile Terpopuler – Jika dulu banyak kompetisi esports yang populer berasal dari platform PC atau konsol, kini esports sudah merambah ke mobile sejak beberapa tahun ke belakang. Hal itu tak terlepas dari perkembangan teknologi gaming pada perangkat mobile yang makin canggih, bahkan sudah seperti menyerupai konsol.

Selain itu, banyak juga game kompetitif yang hadir di perangkat mobile. Fakta itu memicu hadirnya turnamen esports mobile yang rutin diadakan di berbagai negara termasuk turnamen kejuaraan dunia.

Baca juga: Inilah Game MX Bikes Mobile, Game Balapan Motor Trail 3D Paling Seru yang Menguji Adrenalin

Nah, ngomong-ngomong soal esports di ranah mobile, ada beberapa game mobile yang paling populer dan digandrungi banyak orang. Mana saja yang termasuk favorit kamu?

1. PUBG Mobile

Siapa, sih, gamer mobile yang tidak kenal dengan game yang satu ini? Saking suksesnya, PUBG Mobile sekarang lebih banyak dimainkan ketimbang PUBG PC. Sejak diluncurkan pada 2017 yang lalu, esports PUBG Mobile langsung menggeliat mulai dari tingkat nasional, regional, sampai internasional.

Turnamen yang rutin diadakan adalah PUBG Mobile Pro League (PMPL) yang dimulai dari tingkat nasional. Yang paling bergengsi tentu saja PUBG Mobile Global Championship (PMGC). Kemudian, ada turnamen yang masuk dalam multievent seperti SEA Games dan Asian Games.

2. Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) adalah game mobile sejuta umat di Indonesia. Selain di Indonesia, MLBB juga terkenal di kawasan Asia Tenggara.

Turnamen MLBB paling bergengsi di Indonesia adalah Mobile Legends Professional League (MLBB) yang mempertemukan tim-tim elite di tanah air. Setiap kali MPL diadakan, pertandingannya selalu disaksikan oleh banyak penonton baik langsung maupun secara streaming di YouTube.

Baca Juga:  Pesona Keindahan Karimun Jawa, Surga Dunia di Ujung Jepara 2023

3. Arena of Valor (AOV)

Meski di Indonesia AOV kalah populer oleh MLBB, esports game ini tetaplah populer di berbagai negara. Turnamen dunia AOV, yaitu AOV World Cup sudah diadakan beberapa kali.

Pada Asian Games 2018 yang lalu, AOV masuk sebagai salah satu pertandingan percobaan dalam cabang olahraga esports. Pada Asian Games mendatang, AOV juga menjadi salah game mobile yang akan dipertandingkan bersama dengan PUBG Mobile.

4. Free Fire

Inilah game battle royale yang digandrungi anak-anak Indonesia dan juga beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Game ini menjadi populer karena berhasil menjadi game alternatif untuk perangkat yang tidak mampu menjalankan PUBG Mobile.

Turnamen esports paling bergengsi untuk Free Fire adalah Free Fire World Series yang mempertemukan berbagai tim dari negara termasuk Indonesia. Selain itu, jumlah penonton turnamen Free Fire YouTube juga tidak bisa dibilang sedikit.

5. Call of Duty: Mobile

Sejak pertama kali diluncurkan, Call of Duty: Mobile langsung digemari banyak pemain dan mendapatkan respons positif. Alhasil, game ini menjadi salah satu game esports mobile terpopuler.

Untuk level nasional di tanah air, turnamen game ini dinamakan CODM Indonesia Major. Sedangkan untuk level dunia tingkatnya naik menjadi Call of Duty: Mobile World Championship.

6. League of Legends: Wild Rift

Riot Games bisa dikatakan terlambat dalam merilis League of Legends versi mobile. Padahal, League of Legends versi PC telah menjadi salah satu game esports paling bergengsi di dunia.

Meski begitu, League of Legends: Wild Rift tetap menjadi game esports yang cukup banyak diminati, mulai dari level nasional sampai internasional. Game ini menjadi salah satu yang dimainkan esports Sea Games 2023.

Baca Juga:  Dukung Esport Indonesia, Desa Perlang Buka Empat Akses Internet Gratis

7. Brawl Stars

Game pertarungan arena besutan Supercell ini di Indonesia memang kalah telak oleh MLBB dalam urusan popularitas. Namun, di luar negeri, Brawl Stars adalah salah satu game esports mobile yang cukup bergengsi.

Turnamen dunia game ini adalah Brawl Stars World Series yang menyajikan pertarungan-pertarungan seru antar tim profesional Brawl Stars dari seluruh dunia. Selain itu, game ini punya penggemarnya sendiri karena gameplay-nya unik.

Dari tahun ke tahun, pertumbuhan industri esports untuk game mobile semakin menunjukkan perkembangan pesat. Apakah nantinya akan muncul game-game esports mobile baru yang akan menyamai popularitas game di atas? Semoga Bermanfaat ya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas