Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Simak 3 Cara Screenshot di Laptop dengan Mudah Tanpa Aplikasi, Anti Ribet!

394
×

Simak 3 Cara Screenshot di Laptop dengan Mudah Tanpa Aplikasi, Anti Ribet!

Sebarkan artikel ini
screenshot di laptop

Cara Screenshot di Laptop dengan Mudah Tanpa Aplikasi – Cara screenshot di laptop bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Berikut kita bahas bagaimana saja cara untuk screenshot layar di laptop. Tutorial laptop ini cukup beragam dan sangat simpel untuk Anda terapkan kapan saja ketika memang membutuhkannya.

Screenshot atau tangkapan layar merupakan sebuah fitur yang cukup berguna bagi kita. Dengan screenshot maka kita bisa menangkap dan menyimpan tampilan layar pada suatu perangkat. Baik itu tampilan layar yang sedang menunjukkan gambar maupun tulisan sekalipun.

Baca juga: 3 Cara Screenshot HP Vivo untuk Semua Tipe, Mudah dan Cepat Tanpa Aplikasi

Fitur screenshot ini bisa kita temui pada perangkat ponsel pintar dari berbagai merek. Bukan hanya pada ponsel saja, namun screenshot juga tersedia pada perangkat laptop. Hal tersebut tentu saja cukup bermanfaat bagi kita yang memang sering menggunakan laptop.

Cara Screenshot di Laptop yang Bisa Anda Terapkan dengan Mudah

Fitur screenshot di laptop memungkinkan Anda menangkap apapun yang tampil pada layar laptop. Kemudian hasil tangkapan layar tersebut bisa Anda simpan pada laptop tanpa ribet. Sehingga Anda bisa melihat hasil screenshot kapan saja dengan mudah tanpa ribet.

Hal tersebut tentunya sangat berguna untuk berbagai keperluan ketika menggunakan laptop. Misalnya untuk menangkap layar tampilan game, gambar yang menarik hingga tulisan yang penting. Namun beberapa orang termasuk Anda mungkin belum mengetahui cara screenshotnya.

Terutama bagi Anda yang mungkin memang belum terlalu terbiasa dalam menggunakan laptop. Sebenarnya cara menangkap layar pada perangkat laptop cukup mudah dan cepat. Berikut adalah beberapa caranya yang bisa Anda coba tanpa mengunduh aplikasi lainnya:

Screenshot Menggunakan Mouse

Cara screenshot di laptop pertama yang paling mudah yaitu dengan menggunakan mouse. Metode ini bisa Anda gunakan misalnya ketika hendak screenshot tampilan suatu website. Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang bisa Anda terapkan untuk screenshot di website:

  • Buka bagian web yang ingin Anda screenshot dan klik kanan mouse pada bagian yang kosong.
  • Setelah itu akan muncul beberapa pilihan maka pilihlah menu “Take Screenshot”.
  • Akan muncul pilihan screenshot seperti “Save full page”, “Save file” atau seleksi manual.
  • Pilih salah satu menu atau seleksi bagian mana yang ingin Anda screenshot dan simpan.
  • Setelah itu klik tombol “Download” yang berwarna biru untuk menyimpan hasil screenshot.

Kombinasi Tombol Print Screen atau PrtSc SysRq

Cara lainnya yang tidak kalah mudah yaitu dengan memanfaatkan tombol Print Screen. Anda hanya tinggal menekan tombol Print Screen ketika layar menampilkan apa yang Anda butuhkan. Setelah itu tangkapan layar akan disalin ke clipboard, tidak langsung tersimpan.

Cara screenshot di laptop selanjutnya bukalah aplikasi pengeditan gambar seperti Paint atau Ms Word. Kemudian tempelkan hasil Print Screen layar yang sebelumnya sudah Anda ambil. Setelah itu barulah Anda bisa menyimpan hasil tangkapan layar melalui aplikasi pengeditan gambar.

Menggunakan Tombol Windows dan PrtSc

Pada beberapa laptop mungkin tidak bisa screenshot hanya dengan menekan tombol PrtSc saja. Karena itu Anda bisa mencoba dengan mengkombinasikan tombol Windows dan PrtSc. Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang bisa Anda terapkan pada laptop:

  • Pertama tekan tombol Windows dan PrtSc atau Print Screen pada keyboard secara bersamaan.
  • Setelah itu layar akan berkedip yang menandakan bahwa proses tangkapan layar sudah selesai.
  • Hasil screenshot layar akan tersimpan secara otomatis pada folder picture laptop Anda.

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Tombol ALT dan PrtSc

Selain menggunakan kombinasi tombol Windows dan PrtSc Anda juga bisa mencoba cara ini. Caranya cukup dengan menekan tombol Alt dan PrtSc pada keyboard secara bersamaan. Kemudian paste hasil tangkapan layar pada Paint dan simpan pada tempat yang Anda inginkan.

Kombinasi Tombol Windows dan Volume Down

Untuk pengguna Windows Surface maka Anda bisa mengkombinasikan kedua tombol ini. Tekan dan tahan tombol Windows lalu tekan tombol volume down dan lepaskan keduanya. Hasil screenshot akan tersimpan otomatis pada laptop tepatnya pada folder screenshot.

Itulah beberapa cara screenshot di laptop tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berbagai cara di atas tentunya terasa sangat mudah dan prosesnya juga cukup singkat. Anda bisa mencobanya pada laptop dan gunakan hasil screenshot sesuai kebutuhan Anda sendiri.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas