Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Segera Daftar, Polri Buka Pendaftaran Taruna Hingga Tamtama

4196
×

Segera Daftar, Polri Buka Pendaftaran Taruna Hingga Tamtama

Sebarkan artikel ini
274077621 5034213336622003 250034412388177677 n
Foto: net

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Polisi Republik Indonesia (Polri) telah membuka pendaftaran penerimaan Anggota Polri tahun 2023 untuk Anggota Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama.

Kabag SDM Polres Bangka Tengah, Kompol. Jhon Pitter Tampubolon mengatakan, pembukaan sudah di buka dari kemarin secara online.

“Jadi pendaftaran anggota Polri sudah dibuka dari tanggal 4-14 April 2023. Jika ada yang mau mendaftar silahkan daftar secara online di laman penerimaan Polri, ” ucapnya kepada intrik.id, Kamis (6/4/2023) di Koba.

Kompol. Jhon juga menyebutkan, jika ada putra-putri Bangka Tengah ingin mendaftar namun tidak paham, bisa datang langsung ke posko pendaftaran dan verifikasi penerimaan berkas di Mapolres Bangka Tengah.

“Siapkan berkas pendaftaran dan androidnya. Habis itu, datang saja ke Polres Bangka Tengah. Pasti kami bantu 24 jam. Gak ada kuota, pakai wifi di Polres. Kami siap melayani masyarakat secara penuh, ” ungkapnya.

Kompol. Jhon juga menegaskan, jika ada yang mengimingi para calon anggota untuk masuk daftar dan bayar jangan pernah digubris dan percaya.

“Pendaftaran gratis, gak ada istilah titipan titipan. Semua sesuai proses yang seharusnya. Jika menemukan yang seperti itu, laporkan saja, ” tegas Kabag SDM Polres Bateng itu.

Kompol. Jhon juga menjelaskan, jika lamanya pendidikan setiap divisi penerimaan berbeda-beda.

“Kalau Taruna lama pendidikan 4 tahun, Bintara 7 Bulan dan Tamtama 4 Bulan saja. Untuk tempat, Taruna di Semarang, Bintara di SPN Balonijuk dan Tamtama di watukosek, ” lanjutnya.

Kompol. Jhon mengungkapkan, pendaftaran tahun ini di Bangka Tengah akan meningkat dari tahun sebelumnya.

“Setiap tahun meningkat, tahun kemarin 500 pendaftar, 2021 397 pendaftar. Jadi tahun ini kemungkinan akan meningkat, ” ungkapnya.

“Cuma ingat, semakin banyak yang daftar, semakin banyak kuota penerimaan kita, ” lanjutnya.

Untuk readers nyentrik yang ingin daftar bisa mengikuti langkah berikut:

1. Mendaftar melalui laman https://penerimaan.polri.go.id/

2. Memilih jenis seleksi di halaman utama website.
Mengisi form registrasi dengan data yang sebenar-benarnya.

3. Bila sudah pendaftar akan mendapatkan nomor registrasi online beserta username dan password untuk melakukan login menuju halaman pendaftar.
Upload berkas pendaftaran yang dibutuhkan.

4. Pendaftar akan mendapat form registrasi online yang digunakan untuk verifikasi di Polres.

5. Untuk diingat batas verifikasi data pendaftar terhitung selama waktu pendaftaran online yaitu 4-14 April 2023 dan tidak ada toleransi perpanjangan dan verifikasi dilakukan di Polres Domisili.

Untuk syarat-syarat pendaftar sebagai berikut :

1. Berijazah SD, SMP, SMA semua jurusan kecuali (Tata Busana dan Boga) tanpa ada ijazah paket (A, B dan C) dengan nilai ijazah minimal 65 atau C. Khusus yang lulusan 2023, bisa menggunakan nilai rapot semester 5 dengan nilai rata-rata 70 atau B.

2. Tinggi minimal 165 Pria dan 160 Wanita dengan domisili minimal 2 tahun dibuktikan dengan KK dan KTP atau surat domisili. Khusus anak ASN/TNI/Polri domisili hanya 6 bulan saja. Dibuktikan dengan surat tugas orangtua.

3. Tidak punya catatan kriminal. Dibuktikan dengan SKCK serta merupakan Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

4. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 21 tahun saat dilantik menjadi anggota Polri untuk tamtama dan Bintara. Untuk Taruna Maksimal umur 22 tahun saat dilantik.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas