Scroll untuk baca artikel
Politik

Rudianto Tjen: 15 Ribu Berita Hoax

347
×

Rudianto Tjen: 15 Ribu Berita Hoax

Sebarkan artikel ini
hoax 2

INTRIK.ID, BANGKA — Sejak 2021 hingga Maret 2023, berita hoax yang sudah ditangani Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencapai 15 ribu kasus.

Hal ini diungkapkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil Bangka Belitung, Rudianto Tjen saat ditemui awak media disalah satu Warung Kopi (warkop) di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Rabu (26/7/2023).

“Berita hoax ini tersebar di internet maupun media sosial, jadi tergolong masih tinggi,” ungkapnya.

Ia mengatakan dalam tiga bulan terakhir sudah ada 425 berita hoax yang beredar dan masuk dalam Kemenkominfo.

“Maret sampai Juni ini ada 425 berita hoax yang kami terima. Artinya, dalam sebulan kira-kira ada 100 berita hoax yang di-cut oleh Kominfo,” lanjutnya.

Politisi Partai PDI-P ini mengapresiasi langkah Kominfo yang bekerja secara maksimal dalam menangkal berita hoax, terlebih saat ini telah memasuki tahun politik.

“Kominfo terus bekerja secara maksimal, karena komunikasi digital ini kalau salah atau hoax akan menyesatkan kita semua,” ujarnya.

Sementara itu, dilansir dari beberapa sumber, sepanjang 2021 ada ratusan ribu konten yang diblokir oleh Kominfo baik di media sosial maupun internet.

Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi mengatakan, Kominfo telah memutus akses terhadap 565.449 konten yang melanggar peraturan perundangan di berbagai situs media sosial (Medsos).

Selain itu, untuk menjaga ruang digital tetap bersih dari persebaran hoaks, Kominfo juga menindaklanjuti sebanyak 1773 isu hoaks atau diisinformasi secara umum.

“Dan 723 isu hoaks yang secara spesifik terkait Covid-19,” jelasnya.(*/red)

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas