Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Review Vivo Y18e 4G, HP Entry Level dengan MediaTek Helio G85

168
×

Review Vivo Y18e 4G, HP Entry Level dengan MediaTek Helio G85

Sebarkan artikel ini
Vivo Y18e 4G

HP baru Vivo Y18e 4G – Belum lama ini telah meluncur di India mengisi persaingan ponsel entry level dengan harga terjangkau. Meskipun berada di kelas entry dan harganya terbilang ramah di kantong, ponsel Vivo ini memiliki spesifikasi sangat menarik dan tentunya patut dipertimbangkan.

Nah, berikut akan kita bahas bagaimana spesifikasi HP Vivo baru ini mulai dari tampilan, layar, performa, kamera, hingga harga jualnya.

Baca juga: Beginilah 4 Cara Mematikan TalkBack Vivo, Atasi Suara Mengganggu

HP Vivo Y18e 4G, Berikut Spesifikasinya

Ponsel ini memiliki desain elegan dengan dua bulatan kamera belakang serta menawarkan dua pilihan warna yaitu gem green dan space black. Bodinya cukup kuat untuk outdoor karena sudah memiliki proteksi IP54.

Sehingga ponsel ini pastinya tahan terhadap debu maupun cipratan air. Untuk layarnya sendiri berukuran 6,56 inci dengan refresh rate 90Hz, kerapatan piksel 269 ppi, serta memiliki tingkat kecerahan 528 nit.

Ditenagai chipset unggulan di segmen entry-level

Konfigurasi chipset MediaTek Helio G85 disematkan pada vivo Y18e supaya HP ini mampu memberikan pengalaman game terbaik, apalagi berkat adanya dukungan teknologi MediaTek HyperEngine yang ramah terhadap konsumsi daya serta memiliki dukungan teknologi AI pada kamera.

Sebagai korelasinya, terintegrasi GPU Mali-G52 MC2 untuk memaksimalkan visual gaming yang dihasilkan. Selain itu, disematkan pula CPU octa-core yang berjalan pada frekuensi 2×2.0 GHz Cortex-A75 dan 6×1.8 GHz Cortex-A55. Sebagai ciri khas smartphone masa kini, vivo Y18e menyajikan perangkat lunak berbasis Android 14 yang didukung dengan user interface Funtouch 14.

Performa

Y18e menggunakan chipset MediaTek Helio G85 dengan dukungan teknologi MediaTek HyperEngine yang ramah konsumsi daya dan memakai GPU Mali-G52 MC2. Ponsel berbasis Android 14 ini menawarkan memori internal sebesar 64GB dan RAM 4GB dengan tambahan teknologi extended memori sebesar 4GB.

Untuk baterainya juga cukup besar. Pasalnya, HP besutan Vivo ini mengusung baterai berkapasitas 5000 mAh dengan dukungan fast charging 15W untuk membantu proses pengisian menjadi lebih cepat.

Kamera Vivo Y18e 4G dan Harganya

Beralih pada fotografinya, ponsel ini memiliki kamera depan 5MP dengan lensa wide yang pastinya cukup untuk kegiatan swafoto maupun vlogging. Sedangkan untuk kamera belakangnya memiliki lensa wide 13MP dan lensa 0,08MP yang sudah memiliki fitur panorama, LED flash dan PDAF.

Sementara itu untuk harga jualnya di India, ponsel kelas entry level terbaru ini dijual dengan harga sekitar 1,5 jutaan saja dalam rupiah.

Menyajikan layar luas untuk memaksimalkan beragam produktivitas

vivo Y18e mengusung layar yang sangat recommended untuk aktivitas multitasking dan gaming dengan dimensi 6,56 inci. Visual gaming terkesan cukup halus karena layarnya memiliki refresh rate 90Hz dengan kerapatan piksel sebesar 269 ppi. Menariknya lagi, layar vivo Y18e memiliki persentase rasio 83,6 persen screen-to-body ratio yang mampu memanjakan visual bagi para penggunanya.

Y18e VS Redmi 13C

Karena sama-sama berada di kelas entry level dan juga menggunakan chipset MediaTek Helio G85 HP Redmi 13C bisa menjadi pesaing Vivo Y18e 4G di Indonesia. Apalagi kedua ponsel ini juga memiliki tampilan desain yang cukup mirip dengan dua bulatan kamera besar di bagian bodi belakangnya.

Namun perbedaannya, 13C lebih bagus karena menawarkan kamera utama 50MP yang mampu menangkap momen dengan apik dan kamera makro 2MP. Dari sisi penyimpannya Y18e juga masih kalah karena Redmi 13C menawarkan penyimpanan yang cukup besar yaitu RAM 6GB/128GB atau 8GB/256GB.

Sementara itu untuk urusan baterainya kedua ponsel ini sama-sama menggunakan baterai 5000 mAh dan harganya pun cukup mirip yaitu sekitar Rp1,5 jutaan. Dengan harga terjangkau, jika Y18e masuk ke Indonesia tentu Redmi 13C bisa menjadi pesaing yang kuat mengingat beberapa spesifikasinya lebih unggul.

HP Vivo Y18e 4G yang meluncur di India ini tentunya cukup menarik karena memiliki desain cantik serta sudah memiliki sertifikasi IP54. Performanya pun pastinya cukup bagus dengan chipset MediaTek Helio G85 serta penyimpanan internal 64GB dan RAM 4GB + 4GB. Ponsel Vivo ini bisa menjadi pilihan bagi orang-orang yang mencari HP entry level di India dengan spesifikasi cukup bagus dan harga tidak menguras isi dompet.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas