Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Rekomendasi 7 UI Android dengan Tampilan Terbaik dan Populer, Mana Favorit Kalian?

1184
×

Rekomendasi 7 UI Android dengan Tampilan Terbaik dan Populer, Mana Favorit Kalian?

Sebarkan artikel ini
UI Android

UI Android dengan Tampilan Terbaik dan Populer – Android menjadi salah satu ponsel pintar yang diminati masyarakat Indonesia. Harganya yang bervariasi, pilihan produk yang beragam dan mudah ditemui di manapun membuat android kian diminati. Namun, sda satu faktor yang juga sangat diperhatikan saat membeli android baru, yaitu user interface (UI) atau antarmuka dari ponsel tersebut.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Tombol Back Android Tidak Berfungsi Tanpa Service, Dijamin Berhasil!

Rekomendasi UI Android dengan Tampilan Terbaik

UI adalah tampilan antarmuka di dalam sistem operasi ponsel. Bar status, tampilan home screen, animasi, dan sebagainya adalah bagian dari UI. Nah, berikut ini adalah daftar UI Android dengan tampilan terbaik yang pernah ada. Simak dengan cermat, ya!

1. One UI

One UI menyajikan tampilan yang segar, penuh warna, modern, dan elegan. Fitur-fiturnya juga banyak. One UI juga secara khusus dibuat untuk penggunaan satu tangan. Hal ini memudahkan pengguna untuk melakukan banyak hal. Melihat notifikasi, mengangkat telepon, menghapus file, semuanya dapat dilakukan dengan satu tangan.

Tak hanya itu, Samsung juga sangat menjaga UI-nya. Dilansir Samsung Newsroom, ponsel-posel Samsung bisa mendapat update OS hingga 4 tahun. Membuat tampilan One UI akan selalu terasa baru walau sudah lama digunakan. Rasanya tidak pernah bosan menggunakan UI yang satu ini.

2. Stock Android

Seperti namanya, UI ini adalah UI Android murni. Tampilannya simpel tapi elegan, warnanya pop dan pastel, ikon-ikonnya membulat, dan animasinya halus. Dilansir Material Design Blog, bahasa desain yang digunakan pada UI ini dinamakan Material You oleh Google.

Sebagai “bapak” dari semua UI Android, UI ini adalah dasar dari UI Android lain. Pada beberapa aspek, semua UI Android lain memiliki kemiripan dengan UI ini. Entah pada tampilan, animasi, home screen, fitur, dan sebagainya. Sayangnya Google Pixel yang menggunakan UI ini tidak dirilis resmi di Indonesia. Sayang sekali padahal UI ini menjadi favorit banyak orang.

3. ZenUI

Jika dilihat ZenUI milik Asus ini sangat identik dengan stock Android. Tapi ada beberapa perubahan kecil di ZenUI yang membedakannya dengan stock Android. Dilansir GSMArena ZenUI memiliki banyak fitur, seperti double tap, smart key dan system preferences.

Fitur system preferences ini unik. Dengan fitur ini kamu bisa memilih menggunakan ZenUI atau stock Android, baik secara keseluruhan atau hanya sebagian. Unik, bukan? Kalau mau yang simpel bisa pakai stock Android, namun kalau mau yang banyak fitur bisa pakai ZenUI.

Jika kamu ingin merasakan pengalaman menggunakan stock Android dengan banyak fitur tambahan yang unik ZenUI ini bisa menjadi pilihan yang bagus.

4. ColorOS

ColorOS milik Oppo juga menjadi UI dengan tampilan yang memesona. Dilansir laman resmi Oppomereka menyebut UI ini dengan Aquamorphic Design, yaitu desain yang mengimplementasikan air ke desainnya. Maka dari itu kamu akan menemukan banyak warna biru di ColorOS.

Selain banyak menggunakan warna biru ColorOS juga memiliki ikon-ikon yang besar dan membulat, ikon-ikonnya juga simpel, animasinya seperti gerakan air, dan tampilannya elegan. Desain ini cocok buat kamu yang suka tampilan elegan dan menyegarkan. Buat kamu pengguna Oppo pasti sangat familiar dengan ColorOS ini.

5. Realme UI

Awalnya Realme UI ini mirip dengan ColorOS, namun seiring berjalannya waktu Realme UI mulai menunjukan identitasnya sendiri. UI ini memiliki tampilan yang simpel, ikon-ikonnya membulat dan datar serta banyak menggunakan warna putih dan warna-warna cerah. Realme yang terkenal dengan ponsel-ponsel yang selalu mengedepankan performa ternyata juga tidak lupa memperhatikan UI mereka.

6. Funtouch OS

Dilansir dari GSMArena, Funtouch OS adalah UI yang dipakai di ponsel Vivo dan iQOO. Funtouch OS ini seperti perbaduan antara ColorOS dan stock Android. Tampilannya elegan tapi simpel, banyak menggunakan warna pastel yang cerah, ikon-ikonnya membulat, dan memiliki animasi yang halus juga.

UI ini memberikan kesan fun saat menggunakannya, Funtouch OS ini sangat asyik saat digunakan. UI ini sepertinya akan cocok untuk kamu yang memang sudah lama menggunakan ponsel-ponsel Vivo dan sudah terbiasa dengan Funtouch OS.

7. MIUI/Hyper OS

Dilansir MIUIROM, MIUI akhirnya digantikan oleh Hyper OS. Tapi jika melihat tampilannya MIUI dan Hyper OS tidak mengalami banyak perubahan. UI yang dipakai di ponsel Xiaomi, Redmi dan Poco ini memiliki satu keunikan.

Dari segi tampilan UI ini cenderung mengikuti iOS milik iPhone. Mulai dari bar notifikasi, quick acces dan lain-lain. Tentunya hal ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

UI ini banyak memakai latar belakang transparan, ikon yang mengotak dan besar, menggunakan warna-warna cerah, ikon bulat di beberapa bagian, dan fitur yang sangat berlimpah. UI ini akan sangat cocok buat kamu yang suka dengan banyak fitur. Tampilannya juga unik karena memiliki bahasa desain yang agak berbeda dengan UI lain seperti One UI atau ZenUI.

Semua UI yang sudah dibahas memang bagus, namun di masa depan pasti akan ada UI Android lain yang lebih baik. Tentunya tampilan di UI memang bukan segalanya, namun jika tampilannya elegan tentunya pengalaman penggunaannya juga akan lebih nyaman, kan?

One UI dengan penggunaan satu tangan yang nyaman, Hyper OS yang mirip iOS, stock Android yang simpel dan banyak menggunakan warna pastel, ColorOS dengan Aquamorphic Design, dan berbagai UI Android dengan tampilan terbaik lainnya cukup menarik hati, kan? Jika kamu disuruh memilih, mana UI favoritmu?