Scroll untuk baca artikel
IMG-20231101-WA0005
Hiburan

Rekomendasi 6 Game Terbaik Hasil Adaptasi Cerita Mitologi Jepang

232
×

Rekomendasi 6 Game Terbaik Hasil Adaptasi Cerita Mitologi Jepang

Sebarkan artikel ini
game mitologi jepang

Game Terbaik Hasil Adaptasi Cerita Mitologi Jepang – Kisah mitologi dari benua Eropa seperti Odiseus yang melintasi tujuh lautan dan pembebasan Beowulf di Skandinavia memanglah menarik, namun tidak banyak yang menyadari koleksi kisah fantastis yang ditawarkan mitologi Asia terutama dari Jepang dan Tiongkok.

Jepang menampilkan iblis-iblis mengerikan, sementara Tiongkok hadir dengan roh supernatural yang terinspirasi dari bintang. Bersama-sama, keduanya menyediakan “gudang” di mana banyak inspirasi dapat ditarik.

Baca juga: Together Again Mod Apk, Game Yang Cocok Untuk Para Jomblo Terbaru 2023

Menariknya, inspirasi itu dibawa tidak hanya ke film atau buku saja, namun juga media interaktif seperti video game. Berikut seri game terkenal yang terinspirasi dari mitologi Asia.

1. Okami

Okami dalam bahasa Jepang bisa berarti serigala atau dewa besar. Arti itu sangat pas karena pada game garapan Clover Studio – Okami, pemain mengontrol serigala yang merupakan reinkarnasi dari dewi matahari, Shinto Amaterasu.

Meski mitologi Jepang dapat ditemukan di berbagai elemen di dalam permainan, Okami juga mengambil cukup banyak inspirasi dari mitologi Tiongkok. Salah satunya adalah dengan menyelesaikan konstelasi, pemain dapat melepas “dewa kuas” yang semuanya didasarkan pada hewan dalam Zodiak Tiongkok.

2. Warriors Orochi

Hampir semua Mystics yang dipimpin oleh Susano’o pada seri Warriors Orochi terinspirasi dari sosok dalam mitologi Tiongkok dan Jepang. Beberapa di antaranya seperti Fu Xi dan Nu Wa yang disebut sebagai pembuat kehidupan, dan Nezha yang sering muncul dalam cerita rakyat Tiongkok dan dikenal karena menaklukkan laut.

Susano’o sendiri didasarkan langsung pada dewa laut Shinto dan badai dengan nama yang sama. Ia juga adalah adik dari Amaterasu yang diceritakan telah membunuh Yamato no Orochi, ular laut mistis yang mengilhami antagonis dan narasi utama dari seri Warriors Orochi.

3. Shenmue

Terlepas dari fakta bahwa latar utamanya di Jepang, seri Shenmue sangat terinspirasi oleh mitologi Tiongkok. Narasinya mengikuti gaya atau metode penceritaan Wuxia dan banyak elemen lain yang ditemukan di seluruh seri juga didasarkan dari kepercayaan Tiongkok.

Naga dan Phoenix yang jadi ikon pada seri Shenmue melambangkan keseimbangan, sementara organisasi jahat yang mengancam Ryo dan teman-temannya, memiliki struktur yang mencerminkan mitologi empat penjaga. Selain itu, tujuan utama dari organisasi jahat itu juga untuk membangkitkan Chiyou – dewa perang Tiongkok.

4. Dynasty Warriors

Hampir semua peristiwa dan karakter pada seri Dynasty Warriors berkaitan dengan cerita rakyat Tiongkok. Faktanya, game dari Koei Tecmo terinspirasi dari novel abad ke-14 berjudul Romance Of The Three Kingdoms. Akan tetapi, meski banyak karakter dalam novel tersebut adalah orang sungguhan, novel tersebut dianggap sebagai karya fiksi karena beberapa kebebasan kreatif yang diambil oleh penulisnya.

Dynasty Warriors pun juga mengubah kemampuan dan sifat dari beberapa karakternya seperti Lu Bu yang dibesar-besarkan dengan penggambaran kekuatan bak dewa dan Cao Cao, yang ditampilkan positif padahal di novelnya, ia adalah karakter negatif.

5. Sekiro: Shadows Die Twice

Sekiro: Shadows Die Twice berlatar di Jepang era Sengoku dan dipenuhi dengan mitologi yang berasal dari era itu. Banyak karakter dan bos pada game ini, didasarkan pada orang atau makhluk yang dapat ditemukan dalam cerita rakyat Jepang. Salah satu contoh yang paling menonjol adalah Tengu of Ashina.

Nama dan penampilan dari karakter NPC itu mengambil referensi langsung dari makhluk legendaris yang dikenal sebagai Tengu. Tengu dapat ditemukan di seluruh cerita rakyat Jepang dan aslinya, memiliki bentuk burung pemangsa. Namun seiring berjalannya waktu, penggambaran Tengu jadi lebih mirip manusia seperti yang ada di Sekiro.

6. Tomb Raider

Seri Tomb Raider meminjam elemen mitologi Asia di beberapa entrinya, terutama di versi reboot-nya yang dirilis pada tahun 2013. Tomb Raider (2013) berlatar di pulau Yamatai dan plotnya berpusat pada Ratu Matahari, Himiko. Kedua detail itu diangkat dari cerita rakyat Jepang.

Himiko sendiri dipercaya merupakan putri dari Kaisar Suinin dan memerintah wilayah Yamatai. Himiko juga dikatakan sebagai pendeta tertinggi di salah satu kuil paling suci dan tertua di Jepang, meski kemampuan magisnya yang ditampilkan dalam game, memiliki landasan yang tidak cukup kuat bahkan dalam cerita rakyatnya sekalipun.

No Slide Found In Slider.
Home
Adv
Kontak
Cari
Ke Atas