Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Praktis Banget Lho, 8 Cara Screenshot di PC dan Laptop

271
×

Praktis Banget Lho, 8 Cara Screenshot di PC dan Laptop

Sebarkan artikel ini
screenshot di pc dan laptop

Cara Screenshot di PC dan Laptop – Cara screenshot di PC dan laptop memang tidak membutuhkan skill penggunaan komputer tingkat tinggi. Cukup andalkan beberapa tombol di keyboard atau akses melalui pengaturan di perangkatmu. Terdengar simple, tapi memang begitu adanya.

Meski tidak selalu dibutuhkan, cara screenshot di komputer, laptop, atau perangkat desktop lain bisa jadi life hacks yang kamu butuhkan sewaktu-waktu. Ingat-ingat salah satu saja sudah cukup, lho!

Baca juga: Inilah 3 Dampak Baterai Laptop Overcharger Harus Kalian Ketahui serta Tips Merawatnya

Cara screenshot di PC dan laptop

Setiap perangkat umumnya menyediakan setidaknya satu cara untuk menangkap gambar layar. Kalaupun tidak, kamu bisa mengakalinya menggunakan tools bantuan atau aplikasi pihak ketiga.

Untuk itu, berikut ini ada cara screenshoot di laptop yang mudah dan praktis, tanpa harus menggunakan aplikasi. Yuk langsung saja dicek.

1. Menggunakan Tombol PrintScreen

Cek keyboard-mu terlebih dahulu. Bisakah kamu menemukan tombol dengan tulisan PrtScr? Letaknya bisa beragam, tapi umumnya sederet dengan tombol F1-F12. Tombol ini secara langsung bisa kamu gunakan untuk menangkap layar.

Caranya, tekan tombol PrtScr di layar yang ingin kamu ambil gambar, lalu buka software gambar macam Paint. Tekan Ctrl + V atau paste, lalu save, maka kamu dapatkan hasil gambar screenshot tersebut.

2. Menggunakan tombol Windows + PrtScr

Opsi ini bisa diterapkan mulai Windows XP hingga Windows 10. Jika perangkatmu masih menggunakan sistem operasi tersebut, maka langkah ini bisa kamu terapkan sebagai cara screenshot di laptop dan PC.

Tekan tombol Windows + PrtScr di gambar layar yang kamu inginkan. Lalu, masuklah ke opsi ‘This PC’ dan pilih picture. Di sana akan terdapat folder screenshot yang mana hasil screenshot akan langsung masuk ke folder itu.

3. Menggunakan LINE PC

Pengguna Line di PC? Wah, bisa dimanfaatkan untuk screenshot layar. Pasalnya, Line versi desktop memang punya fitur ini. Tidak perlu unduh aplikasi lainnya.

Baca Juga:  Review iPhone 17 Slim, Penerus iPhone 16 Plus dengan Body Lebih Tipis

Cara menggunakannya yakni masuk ke dalam akun, pilih salah satu temanmu. Pilih opsi capture screen dan drag mouse-mu sesuai gambar yang ingin kamu ambil screenshot-nya. Setelah itu pilih untuk mengunduh.

4. Menggunakan snipping tool

Siapa tak kenal the legend snipping tool? Alat ini sudah jadi andalan untuk screenshot layar di berbagai perangkat Windows. Dahulu, aplikasi ini langsung terpasang di perangkat sehingga mudah digunakan.

Cara memakainya yakni buka terlebih dahulu software Snipping Tool. Pilih opsi ‘gambar baru’ dan di sana akan ada pilihan untuk bentuk screenshot mana yang kamu inginkan. Secara singkatnya, langsung tekan tombol Windows + Shift + S.

5. Menggunakan game bar

Metode ini bisa dibilang yang paling rumit karena sebenarnya ini digunakan untuk mengambil screenshot game. Kamu perlu menekan tombol Windows + G, lalu mengatur masalah halaman.

Sesuaikan terlebih dahulu area layar yang ingin kamu tangkap. Setelah tools-nya aktif, maka screenshot bisa kamu lakukan dengan klik shortcut saja. Kombinasinya yakni tombol Windows + Alt + PrtScn.

6. Melalui Snip & Sketch

Windows punya banyak hidden shortcuts yang bisa kamu gunakan untuk memunculkan hidden tools pula. Salah satunya yakni Snip & Sketch yang biasa digunakan untuk screenshot. Cara mengaktifkannya cukup sederhana yakni dengan klik tombol ‘Windows + Shift + S’ secara bersamaan.

Setelahnya, tinggal gerakkan kursor sesuai area layar yang ingin dijepret. Jangan lupa klik kiri pada mouse dan tahan, baru lepaskan ketika area jepretan sudah ter-cover semua.

7. Tombol Shift + Command + 4

Jika sebelum-sebelumnya ditujukan untuk pengguna Windows, maka cara screenshot di laptop dan PC berikutnya berfungsi pada perangkat Apple. Salah satunya dengan klik shortcut Shift + Command + 4.

Kombinasi tombol ini akan menghasilkan tangkapan layar full screen. Kamu bisa mengeditnya nanti di galeri setelah hasil screenshot tersimpan.

8. Tombol Shift + Command + 5

Ingin menampilkan lebih banyak opsi tangkapan layar di perangkat Apple? Klik tombol Shift + Command + 5 secara bersamaan. Selanjutnya akan muncul pilihan bentuk screenshot di bagian bawah layar. Pilih terlebih dahulu sesuai kebutuhan.

Baca Juga:  Catat! Jangan Menutup Laptop Dalam Kondisi Hidup, Berikut ini 6 Dampaknya

Jika kamu memilih opsi full screen, maka laptop akan secara otomatis mengambil tangkapan layar penuh. Shortcut ini juga menampilkan opsi perekaman layar dalam bentuk video, lho!

Cara screenshot di PC atau laptop di atas sederhana, bukan? Asal ingat shortcut-nya, maka menangkap layar bahkan di tengah video bukan lagi hal sulit.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas