Scroll untuk baca artikel
Olahraga

Persiapan VAR Liga 1, RO Mulai Pelatihan

540
×

Persiapan VAR Liga 1, RO Mulai Pelatihan

Sebarkan artikel ini
Setelah Wasit Pelatihan VAR untuk RO 1700228354
Foto: Pelatihan VAR Liga 1.(ist)

INTRIK.ID — Empat bulan menjelang diterapkannya teknologi  Video Assistant Referee (VAR) pada BRI Liga 1 2023/24, persiapan bertahap terus dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Setelah sebelumnya mengadakan pelatihan VAR untuk wasit dan asisten wasit, pada 13 hingga 21 November 2023 dilaksanakan pelatihan yang sama untuk Replay Operator (RO). Dalam pelatihan kali ini, dikuti oleh 20 peserta yang nantinya akan bertugas sebagai RO di seluruh pertandingan BRI Liga 1 2023/24.

Direktur Operasional LIB, Asep Saputra menyebut pelatihan untuk petugas RO ini sangatlah penting. Menurut Asep, RO akan bertugas untuk memberikan gambaran berupa tayangan video yang dibutuhkan oleh wasit pada saat memimpin pertandingan.

“Dalam penerapan VAR, fungsi RO akan sangat menentukan. Karena itu pelatihan untuk RO mutlak diperlukan,” sebut Asep. “Kami akan terus berproses dan direncanakan pada BRI Liga 1 2023/24 pekan ke-24, akan diterapkan VAR.”

Pelatihan kali ini ditangani secara langsung  oleh lima instruktur dari Hawk Eye, perusahaan penyedia perlengkapan VAR. Kelimanya adalah Lewis Watterson (Inggris), Gianro Compagno (Italia), Jake Lees (Australia), Florencia Silvetti (Uruguay), dan Ambar Bolanos (Ekuador).

Pada pelatihan ini, para peserta mendapatkan materi secara komprehensif. Bukan hanya pengenalan software yang digunakan, namun juga praktik secara langsung pengoperasian peralatannya.