Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Penyebab Mengapa Laptop Bunyi Beep Saat di Charge, Begini 7 Cara Mengatasinya

2211
×

Penyebab Mengapa Laptop Bunyi Beep Saat di Charge, Begini 7 Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
laptop bunyi beep

Penyebab Laptop Bunyi Beep Saat di Charge – Laptop bunyi beep saat di charge terkadang mengganggu. Laptop Anda bunyi beep saat di charge juga bisa terjadi karena penyebab tertentu. Berikut akan kita bahas berbagai penyebab yang bisa terjadi pada masalah laptop ini.

Ketika menggunakan laptop kadang kita mendengarkan munculnya suara beep dari laptop tersebut. Bisa hanya muncul sekali, berulang kali, sering, maupun hanya kadang-kadang atau jarang. Bunyi beep yang hanya muncul sesekali tentunya tidak terlalu mengganggu.

Baca juga: 5 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard yang Benar dan Tepat, Serta Tips Agar Laptop Tidak Rusak

Namun jika munculnya termasuk sering dan terus-menerus tentunya kita akan terganggu. Bahkan kita pasti juga merasa penasaran apa yang menyebabkan laptop berbunyi beep. Tak jarang kita malah menjadi khawatir, sebab takutnya bunyi beep menandakan suatu masalah.

Laptop Bunyi Beep Saat di Charge, Berikut Penyebabnya yang Bisa Terjadi

Ketika mengisi daya baterai laptop, Anda mungkin sering mendengar bunyi beep. Terutama saat laptop baru terhubung atau terputus dari sumber listrik atau charger.

Hal tersebut sebenarnya bukan menjadi masalah dan Anda juga tidak perlu mengkhawatirkannya.

Bahkan munculnya bunyi beep ini juga bisa memberikan manfaat bagi kita. Manfaatnya yaitu bisa memberikan tanda bahwa laptop telah terhubung atau terputus ke sumber listrik. Kita pun hanya perlu mendengarkan bunyi beep saja tanpa perlu melihat ikon baterai.

Namun terkadang bunyi beep tersebut ternyata bukan hanya menandakan terhubungnya arus listrik. Akan tetapi juga bisa menandakan terjadinya suatu masalah pada laptop. Artinya masalah tersebut yang membuat laptop mengeluarkan bunyi beep saat dicas.

Baca Juga:  5 Tips Pintar Mengoptimalkan Pengguna Huawei MatePad Air untuk Aktivitas Harian

Sayangnya beberapa orang mungkin tidak menyadari adanya masalah laptop tersebut. Sehingga mereka membiarkan laptop bunyi beep saat di charge tanpa melakukan pengecekan. Padahal sebenarnya laptop berbunyi ini bisa terjadi karena berbagai masalah.

Lalu apa saja penyebab munculnya bunyi beep tersebut? Berikut adalah beberapa penyebabnya yang bisa terjadi:

ROM Bios Rusak

Penyebab pertama yaitu karena ROM Bios yang rusak atau data dalam chip tidak terbaca. Untuk mengatasinya maka Anda harus melakukan re-flashing pada Bios laptop Anda.

Jika tidak bisa melakukannya sendiri, maka bawalah laptop ke tempat service.

VGA Laptop Bermasalah

VGA laptop yang mudah panas juga bisa menjadi penyebab munculnya bunyi beep. Biasanya penyebab tersebut terjadi karena thermal paste yang ternyata sudah kering. Untuk mengatasinya maka Anda bisa menambahkan kembali thermal paste tersebut.

Motherboard yang Rusak

Penyebab laptop bunyi beep saat di charge selanjutnya yaitu motherboard rusak. Masalah ini biasanya sudah cukup parah dan sulit untuk kita perbaiki sendiri. Karena itu Anda bisa membawa laptop ke tempat service untuk melakukan perbaikan.

Keyboard Laptop yang Error

Keyboard laptop juga bisa menjadi penyebab laptop bunyi beep saat di charger. Biasanya masalahnya karena tombol pada keyboard yang kita tekan secara terus-menerus. Selain itu, bisa saja penyebabnya karena putusnya kabel penghubung motherboard dan keyboard.

Untuk mengatasinya maka Anda harus membongkar keyboard dan memperbaiki tombol. Kemudian Anda juga bisa mengganti keyboard dengan yang baru. Lalu jika masalahnya pada kebel, maka Anda juga harus mengganti kabel tersebut.

RAM Kotor Atau Kendor

Penyebab selanjutnya yaitu karena RAM laptop yang mengalami suatu masalah. Misalnya seperti RAM sudah kotor atau pemasangannya yang terlalu kendor. Untuk mengatasinya maka Anda bisa mencoba untuk membersihkan komponen RAM tersebut.

Baca Juga:  Rekomendasi 7 Laptop 12 Inch Terbaik 2024, Desain Slim Punya Performa Berkelas

Lepaslah RAM dan bersihkan kotoran menggunakan penghapus dengan menggosoknya perlahan. Setelah bersih maka pasang RAM kembali dengan hati-hati agar tidak terjadi masalah. Jangan lupa untuk memastikan jika RAM sudah terpasang dengan benar.

Laptop Bunyi Beep Saat di Charge Karena Listrik Tidak Stabil

Penyebab selanjutnya yang bisa terjadi yaitu karena tegangan listrik pada laptop tidak stabil. Untuk mengatasinya Anda bisa mengecek apakah colokan listrik bermasalah atau tidak. Kemudian coba luruskan kabel charger yang semula tertekuk atau terjepit sesuatu.

Charger Rusak

Selain listrik tidak stabil, charger yang mengalami kerusakan juga bisa menjadi penyebabnya. Baik itu kerusakan yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Jika charger rusak maka mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan laptop bunyi beep saat di charge. Jika mengalaminya maka Anda tidak perlu panik dan segera melakukan pemeriksaan laptop.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas