Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Pemkab Bateng Raih Peringkat 3 Kinerja DAK Fisik

97
×

Pemkab Bateng Raih Peringkat 3 Kinerja DAK Fisik

Sebarkan artikel ini
pngtree award vector icon certificate best png image 7855346

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) berhasil meraih peringkat ke 3 capaian kinerja Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik terbaik lingkup kerja se-Bangka Belitung (Babel) tahun anggaran 2022.

Apresiasi tersebut diberikan oleh Kementerian Keuangan RI Direktoral Jendral Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Babel.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangka Tengah, Cherlini menjelaskan bahwa sebenarnya Pemkab Bateng sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan ini.

“Tahun kemarin kita tidak dapat, tapi dulu-dulu juga sering dapat dan alhamdulillah tahun ini dapat penghargaan lagi,” ujar Cherlini, Jumat (10/2/2023).

Kata Dia, penghargaan itu diraih Pemkab Bangka Tengah karena dinilai mampu mencukupi aspek-aspek indikator yang telah ditetapkan oleh Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Kanwil Provinsi Babel.

“Adapun beberapa indikator yang dimaksud seperti realisasi penyaluran dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD),” ucapnya.

Kemudian, penyampaian laporan realisasi belanja DAK fisik dari RKUD dan efektivitas atas penggunaan DAK fisik yang telah dialokasikan.

“Selain itu, ada juga indikator ketercapaian output atas pelaksanaan kegiatan DAK fisik, kepatuhan Pemda dalam percepatan penyampaian APBD dan jumlah kontrak kegiatan,” ujarnya.

Menurutnya dengan adanya penghargaan tersebut maka menjadi motivasi bagi setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mampu merealisasikan DAK tersebut dengan maksimal dan tepat.

Lebih lanjut, hal ini pun tentu menjadi dorongan bagi OPD terkait, agar mampu membawa nama Pemkab Bangka Tengah mempertahankan penghargaan tersebut, bila perlu meningkatkannya.

“Kami dari BPKAD, hanya bisa mendorong, karena penggunaan DAK fisik itu ada di masing-masing OPD,” imbuhnya.(*)

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas