Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

Panorama Keindahan Bukit Sikunir Dieng dengan Pesona Sunrise Tercantik di Asia

495
×

Panorama Keindahan Bukit Sikunir Dieng dengan Pesona Sunrise Tercantik di Asia

Sebarkan artikel ini
bukit sikunir

Pesona Keindahan Bukit Sikunir Dieng Wonosobo – Terutama bagi traveler penikmat alam pegunungan, Dataran Tinggi Dieng merupakan tujuan yang wajib dikunjungi. Tak hanya sarat nuansa sejarah dan budaya, eksotika alamnya pun memanjakan mata. Adapun Bukit Sikunir Dieng adalah spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan Dieng dengan lebih sempurna.

Kawasan Dataran Tinggi Dieng sendiri mencakup 2 kabupaten, Banjarnegara dan Wonosobo. Bukit Sikunir masuk daerah Wonosobo, sama seperti Telaga Warna Dieng. Tepatnya berada di Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk info daya tarik, fasilitas, dan harga tiket masuknya, baca ulasan berikut ini.

Baca juga: Pesona Candi Pawon, Objek Wisata Populer yang Kaya Akan Filosofis

Daya Tarik Wisata Bukit Sikunir di Dieng

bukit sikunir

Bukit Sikunir merupakan bukit berketinggian 2.263 mdpl di kawasan Dieng Plateau atau Dataran Tinggi Dieng. Letaknya di sisi timur Desa Sembungan yang disebut-sebut sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Karena itu, panorama alam desa ini begitu menawan dengan spot terbaiknya berada di Puncak Sikunir Dieng.

Di puncak bukit ini, wisatawan bisa menyaksikan lanskap pegunungan kawasan wisata Dieng. Khususnya pemandangan alam Desa Sembungan yang khas dengan Danau atau Telaga Cebong yang dikelilingi oleh pegunungan yang megah menjulang. Telaga Cebong sendiri merupakan danau tertinggi di Dieng Plateau.

Panorama Bukit Sikunir sepenuhnya indah di sejauh mata memandang dan senantiasa indah di sepanjang waktu. Meski demikian puncak keindahannya adalah ketika matahari terbit, dan terkenal dengan eksotika golden sunrisenya. Bahkan golden sunrise di Bukit Sikunir disebut sebagai yang terindah di Asia Tenggara.

Wisatawan yang memang ingin menikmati keindahan golden sunrise di Puncak Sikunir, bisa memastikan diri berada di puncaknya sekitar pukul 04.00-05.00 WIB. Namun untuk mendapatkan golden sunrise yang sempurna, waktu terbaik mengunjungi bukit ini adalah musim kemarau, antara bulan Juli hingga Agustus.

Pada bulan-bulan tersebut biasanya langit cenderung cerah, jarang mendung. Kabutnya tak terlalu tebal sehingga warna keemasan golden sunrise di Bukit Sikunir Dieng begitu jelas memanjakan mata. Meskipun begitu sebenarnya sunrise Sikunir bisa dinikmati tiap hari dengan keindahan yang berbeda-beda pastinya.

Selain sunrise yang menjadi daya tarik utama, bukit ini juga memungkinkan pengunjung menikmati siluet gunung-gunung tinggi di Pulau Jawa yang berselimut kabut. Mulai Gunung Sindoro, Gunung Kembang, dan Gunung Sumbing. Selain itu terlihat juga Gunung Merbabu, Gunung Merapi, serta Gunung Ungaran.

Intinya, Bukit Sikunir Dieng sangat wajib dikunjungi, terutama bagi traveler penggemar fotografi. Banyak spot alam yang pastinya menarik diabadikan. Pun demikian bagi traveler kekinian penyuka selfie, latar belakang pengunungan yang mengagumkan saat matahari terbit juga bisa menjadi spot foto yang instagramable.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

bukit sikunir

Meskipun belum bisa dikatakan benar-benar lengkap, fasilitas wisata di Bukit Sikunir tergolong lengkap. Akses jalan pendakian ke puncaknya pun sudah bagus berupa tangga lengkap dengan pegangan kayu dan batas pengaman. Di sepanjang jalur pendakian juga sudah tersedia mushola, area istirahat, kamar mandi, dll.

Area parkir kendaraan di kaki bukit ini sangatlah luas memadai. Mudah menemukan warung atau tempat makan minum di sekitar tangga menuruni bukit, serta di tempat parkir. Jangan lupa mencicipi kuliner khas Dieng seperti manisan carica, bola-bola kentang rebus, dll. Bisa juga membeli oleh-oleh atau suvenir.

Bila butuh tempat menginap, wisatawan bisa menginap dengan menyewa rumah-rumah penduduk atau mencari penginapan atau homestay yang tersebar di kawasan wisata Dieng. Bagi pecinta alam, camping dengan mendirikan tenda adalah ide yang bagus. Camping ground sudah tersedia di kawasan Telaga Cebong.

Untuk harga tiket masuk Bukit Sikunir Dieng, wisatawan perlu membayar sebesar IDR 10.000. Biaya lain untuk parkir kendaraan kurang lebih IDR 5.000-10.000. Jam operasional tempat wisata ini umumnya 24 jam, namun bila merujuk informasi di Google, jam buka wisata Bukit Sikunir mulai pukul 02.00-18.00 WIB.

Lokasi Bukit Sikunir Dieng di Wonosobo

Bukit Sikunir Dieng terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kurang lebih 23 kilometer atau 50 menit berkendara dari Wonosobo. Untuk transportasi umum, bisa naik bus kecil ke Dieng lalu naik ojek ke Sikunir. Rute untuk kendaraan pribadi mudah cukup pakai Peta Lokasi.

Mendaki ke Bukit Sikunir Dieng pun mudah dan hanya perlu durasi pendakian yang singkat. Kurang lebih 30 menit hingga 1 jam dengan menempuh jarak sekira 1 kilometer. Pastikan sampai pada 03.30 bila ingin menyaksikan sunrise dan gunakan jaket tebal karena suhu udara di pagi hari berkisar 10-15 derajat celcius.