Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Menilik 6 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkunci dengan Mudah

370
×

Menilik 6 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkunci dengan Mudah

Sebarkan artikel ini
keyboard laptop terkunci

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkunci – Cara mengatasi keyboard laptop terkunci cukup beragam. Berikut kita bahas beberapa cara untuk mengatasi keyboard pada laptop yang terkunci. Tips laptop ini juga cukup mudah dan simpel sehingga Anda bisa mencobanya sendiri rumah.

Kita tahu bahwa keyboard merupakan komponen yang sangat penting untuk laptop. Dengan adanya keyboard maka kita bisa menggunakan laptop untuk berbagai keperluan. Terutama untuk aktivitas atau kebutuhan yang mengharuskan kita untuk mengetik.

Baca juga: 7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi dan Penyebabnya

Tanpa keyboard tentunya kita malah tidak bisa menggunakan laptop dengan maksimal. Sebab, sebagian besar penggunaan laptop tetap membutuhkan peran keyboard. Sehingga penting bagi kita untuk memastikan keyboard tetap berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkunci yang Bisa Anda Terapkan

Sebagai alat elektronik yang kita gunakan sehari-hari wajar jika laptop mengalami kendala. Salah satu kendala yang sering terjadi yaitu keyboard yang tiba-tiba terkunci. Sehingga keyboard tidak bisa kita gunakan untuk mengetikkan sesuatu pada layar.

Hal tersebut tentunya bisa menjadi masalah yang cukup besar bagi sebagian orang. Sebenarnya keyboard yang terkunci ini bisa terjadi karena beberapa penyebab. Namun biasanya orang yang mengalami masalah ini tidak menyadari apa penyebab sebenarnya.

Contoh penyebabnya yaitu tidak sengaja menekan menu Numlock ketika menggunakan laptop. Kemudian bisa juga karena bawah tombol keyboard yang ternyata penuh kotoran. Selain itu bisa karena adanya kerusakan pada sistem bawaan laptop.

Jika keyboard laptop terkunci maka kita harus mencari cara mengatasi masalah tersebut. Cara mengatasi masalah tersebut sebenarnya juga cukup beragam dan banyak. Berikut adalah beberapa cara mengatasinya yang bisa Anda terapkan sendiri:

Baca Juga:  Inilah 4 Fungsi Tombol Fn pada Laptop yang Wajib Kalian Ketahui!

1. Restart Laptop

Cara pertama yang bisa Anda coba yaitu dengan merestart laptop. Sebab bisa saja penyebabnya karena laptop hanya sedang mengalami lag atau bug. Setelah merestart laptop maka tes apakah keyboard sudah kembali normal atau belum.

2. Buka Kunci Laptop

Cara berikutnya yaitu dengan membuka kunci keyboard jika keyboard memang benar terkunci. Caranya cukup mudah yaitu dengan menekan tombol Shift + Num Lock atau Fn + F11 + Scroll Lock. Kombinasi untuk membuka tombol pada setiap laptop mungkin juga bisa berbeda.

Karena itu Anda bisa menyesuaikannya dengan merek laptop yang Anda gunakan. Misalnya untuk Acer, Toshiba, dan Samsung menggunakan tombol Fn + F11. Untuk Dell Fn + F4, untuk Lenovo dan Asus Fn + Num Lock, sedangkan untuk HP Ctrl + Printscr.

3. Membersihkan Bawah Keyboard

Kotoran di bawah tombol juga bisa membuat keyboard terkunci dan tidak bisa kita tekan. Karena itu Anda bisa mencoba untuk membersihkan bagian bawah tombol keyboard. Pastikan semua kotoran yang mengganggu menghilang agar keyboard bisa kembali berfungsi.

4. Instal Ulang Driver

Cara selanjutnya yaitu dengan menginstal ulang driver keyboard dalam laptop Anda. Sebab, bisa saja keyboard terkunci karena adanya permasalahan pada drivernya.

Untuk menginstal ulang driver keyboard juga mudah, pertama klik “Start”, lalu pilih “Control Panel”.

Kemudian pilih “Device Manager” dan gulir ke bawah lalu klik 2 kali pada opsi “Keyboard”. Klik kanan “Driver Keyboard” kemudian pilihlah “Update Driver Software” dan pilih “Search Automatically Update Driver Software”. Tunggu proses update selesai dan restart laptop.

5. Nonaktifkan Ease of Access

Cara mengatasi keyboard laptop terkunci berikutnya dengan mematikan fitur Ease of Access. Sebab fitur tersebut bisa membuat keyboard laptop menjadi terkunci secara tidak sengaja. Untuk mematikannya, bukalah Control Panel lalu klik “Ease OF Access.

Baca Juga:  4 Cara Memanaskan Mobil Matic dengan Benar dan Aman, Performa Mesin Terjaga

Setelah terbuka, maka pastikan tidak ada setting yang tercentang termasuk pengaturan di bawahnya. Jika ada yang tercentang maka Anda bisa menghilangkan tanda centang tersebut. Jika sudah, maka restart laptop dan cek apakah keyboard masih terkunci atau tidak.

6. Nonaktifkan Filter Keys

Berikutnya Anda juga bisa menonaktifkan filter Keys dengan membuka Control Panel. Kemudian pilih “Ease of Access” dan pilih “Ease of Access Center”. Klik “Make The Keyboard Easier to Use” dan hilangkan semua centang lalu restart laptop Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop terkunci yang bisa Anda terapkan. Jika caranya tidak berhasil, maka Anda bisa membawa laptop ke tempat service. Dengan begitu maka masalahnya bisa segera terselesaikan dengan mudah.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas