Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Mengenal Teknologi Jaringan 5G, Dampak Positif dan Negatifnya Bagi Manusia

417
×

Mengenal Teknologi Jaringan 5G, Dampak Positif dan Negatifnya Bagi Manusia

Sebarkan artikel ini
teknologi jaringan

Mengenal Teknologi Jaringan 5G – Pada era sekarang ini perkembangan teknologi begitu pesat dan berkembang sangat cepat. Contohnya teknologi komunikasi yang membantu memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dari manapun.

Semakin berkembangnya zaman, muncul teknologi yang bernama handphone, di zaman dahulu harganya sangatlah mahal tetapi saat ini handphone bisa dijangkau oleh semua orang.

Pada zaman dahulu handphone sangat jarang dan hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan singkat. Akan tetapi seiring berjalannya waktu muncul teknologi 3G yang membantu memudahkan menggunakan kecepatan internet ditambah adanya vitur video call.

Semakin berkembangnya zaman dengan cepat, muncul lagi teknologi 4G dan kemudian generasi kelima lahirlah teknologi 5G.

Baca juga: Mengenal Chatbot AI, Teknologi Keren yang Penting Banget Untuk Pebisnis 2023

Apa yang dimaksud teknologi jaringan 5G?

Teknologi jaringan 5G merupakan teknologi jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan unggah dan unduh yang lebih tinggi, koneksi yang lebih konsisten, dan peningkatan kapasitas daripada jaringan sebelumnya.

Teknologi jaringan 5G menjanjikan kecepatan yang dapat membuat internet seluler setara dengan Wi-Fi kepada penggunanya.

Teknologi 5G jauh lebih cepat dan lebih andal daripada jaringan 4G yang populer saat ini. Jaringan ini membantu kita menggunakan internet untuk mengakses aplikasi, jejaring sosial, dan informasi dengan lebih cepat.

Misalnya, teknologi seperti mobil berkemudi otomatis, aplikasi game canggih, dan media streaming langsung yang membutuhkan koneksi data berkecepatan tinggi yang sangat andal akan mendapat manfaat besar dari konektivitas 5G. Teknologi 5G ditemukan oleh Michael Lemke yang berkebangsaan Jerman dan juga seorang ahli fisika yang bergelar PhD (doktor).

Apa Saja Kelebihan Teknologi 5G?

Jaringan 5G mempunyai kontribusi cukup besar terhadap kemajuan teknologi komunikasi, sehingga ada beberapa kelebihan dari teknologi ini yaitu :

1. Memiliki Koneksi Yang Lebih Luas

Teknologi 5G menawarkan kelebihan dibanding LTE yang hanya mempunyai subcarrier spacing mencapai 15 kHz. Teknologi 5G yang mempunyai kapasitas cukup besar hingga 100 kali, dan mampu beradaptasi dengan berbagai perangkat. Sehingga, semakin banyaknya perangkat-perangkat berbasis smart yang dapat terhubung dan beradaptasi dengan jaringan 5G.

2. Dapat Menghemat Energi

Teknologi 5G dibuat untuk mengurangi konsumsi energi. Dimana kemampuan untuk mengurangi konsumsi energi sebesar 10% dengan cara mengurangi trafik data. Kecepatan transmisi data yang super cepat juga menyumbang kontribusi terbesar dalam menciptakan teknologi yang hemat energi.

3. Memiliki Kecerdasan Perangkat

Terdapat teknik radio aktif untuk mengidentifikasi tiap perangkat pada jaringan 5G memiliki kemampuan membedakan perangkat. Sedangkan jaringan 4G tidak bisa mewujudkannya.

4. Hampir Tidak Memiliki Delay

Teknologi 5G hampir tidak memiliki delay seperti generasi yang sebelumnya. Dimana jaringan 5G memiliki waktu delay hanya sekitar 4 hingga 5 milidetik. Bahkan, waktu delay nya bisa sampai 1 milidetik, sehingga memungkinkan pengguna teknologi 5G bisa menonton video beresolusi tinggi tanpa buffering.

Apa Saja Kekurangan Teknologi 5G?

Selain memiliki kelebihan, teknologi 5G juga memiliki beberapa kekurangannya yaitu:

1. Menyebabkan Frekuensi Radio Penuh

Sangat memungkinkan jika hadirnya jaringan 5G sebesar 6 GHz akan menimbulkan masalah karena susuan pita frekuensi radio sudah penuh. Perangkat Lama Tidak Kompatible Dengan 5G. Kelemahan besar dari 5G adalah ketidakcocokannya dengan perangkat 2G, 3G dan 4G.

Jadi, bahkan setelah konektivitas 5G dimungkinkan, pengguna harus mengganti perangkat yang sudah berumur bertahun-tahun untuk mendapatkan manfaatnya. Hal ini juga menyebabkan perangkat 4G segera usang, yang menyebabkan lebih banyak limbah elektronik.

2. Memiliki Resiko Keamanan

Dengan kemudahannya dan kecepatan dalam mentransfer data berkualitas tinggi, tidak bisa dipungkiri pastinya akan menyebabkan rentannya tingkat keamanan pada teknologi 5G. Pemotongan jaringan juga memerlukan perangkat lunak dan komponen jaringan untuk memahami data dan mendelegasikan sumber daya.

Ini membuka pintu untuk memata-matai data. Peneliti keamanan juga telah mengidentifikasi kelemahan yang mengekspos jaringan 5G terhadap penolakan layanan terdistribusi (DDoS) dan serangan man-in-the-middle (MITM).

Dengan perkembangan ilmu teknologi secara terus-menerus dan begitu cepat, penting untuk kita tetap up-to-date dengan tren teknologi ini dan memahami potensi dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas