Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Mengenal 8 CapCut Video Editor, Hadirkan Kemudahan dalam Berkarya

339
×

Mengenal 8 CapCut Video Editor, Hadirkan Kemudahan dalam Berkarya

Sebarkan artikel ini
CapCut Video Editor

CapCut Video Editor – CapCut Video Editor menjadi salah satu terobosan baru yang cukup menarik. CapCut hadir dengan fitur-fitur keren untuk mendukung editing video sekelas professional. Tak heran jika aplikasi ini langsung booming sejak awal rilis.

CapCut Video Editor yang Digandrungi Pengguna dari Berbagai Kalangan

Di era serba konten seperti sekarang, pengguna media sosial kerap berlomba-lomba menghasilkan video berkualitas. Hal yang turut memotivasi sejumlah developer aplikasi editing untuk menghadirkan perangkat terbaik. Hasilnya adalah perangkat lunak editing video semakin menjamur di toko aplikasi.

Seolah tak ingin ketinggalan, ByteDance ikut meluncurkan CapCut yang berhasil mendapat kepopuleran begitu cepat. Berdasarkan data terbaru, jumlah unduhan CapCut hingga akhir 2023 ini mencapai 357 juta kali.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Watermark Capcut Tanpa Aplikasi Tambahan, Dijamin Berhasil!

ByteDance merupakan perusahaan teknologi asal Tiongkok, yang sekaligus menjadi developer aplikasi TikTok. CapCut sendiri pertama kali rilis pada 10 April 2020 khusus untuk smartphone Android. Sementara bagi pengguna iOS baru kebagian aksesnya sekitar 9 Agustus 2020.

Pada awalnya, ByteDance memberikan nama aplikasi ini dengan Viamaker. Namun dengan sejumlah pertimbangan, mereka memutuskan mengubah namanya menjadi CapCut Video Editor. Adapun fitur-fitur canggih yang CapCut sediakan antara lain:

1. Antarmuka yang Intuitif

Salah satu keunggulan aplikasi CapCut adalah antarmukanya yang ramah pengguna serta intuitif. Hal ini membuat editor baik profesional maupun pemula semakin mudah menjelajahi berbagai opsi editing tanpa ribet.

Desain yang sederhana namun efisien memungkinkan aktivitas editing menjadi semakin menyenangkan.

2. Tersedia Alat Pemotongan dan Penggabungan Video

CapCut menyediakan fitur pemotongan yang fleksibel. Sehingga pengguna dapat menghapus bagian yang tidak perlu secara praktis.

Selain itu, kemampuan untuk menggabungkan beberapa klip video menjadi satu semakin memudahkan pembuatan konten yang menarik.

3. Beragam Filter dan Efek Unik

Hal yang tak kalah unik dari CapCut Video Editor adalah beragam pilihan filter serta efeknya. Fasilitas ini memberikan kebebasan kepada pengguna dalam menghadirkan sentuhan kreatif pada setiap video.

Melalui filter warna hingga efek transisi pengguna dapat menyesuaikan tampilan video sesuai selera dan keinginan.

4. Musik dan Suara

Berikutnya ada fitur musik dan suara untuk membantu pengguna menambahkan elemen audio yang memikat. Dalam hal ini, CapCut menyediakan opsi pengaturan untuk menyelaraskan audio dengan video. Tak heran jika hasil akhirnya semakin terlihat profesional.

5. Jutaan Template Siap Pakai

Bagi Anda yang ingin membuat video profesional, namun tak mau terlalu mengorbankan banyak waktu. Maka bisa memanfaatkan jutaan template siap pakai yang CapCut sediakan.

Template ini umumnya tersedia gratis dengan konsep yang bisa langsung Anda ikuti. Tentunya tidak membutuhkan keahlian khusus serta tenaga berlebih.

6. Kecepatan dan Reversal Video

Fitur kecepatan dan pemutar mundur pada CapCut Video Editor memberikan dimensi tambahan pada kreativitas editing. Anda dapat mempercepat atau memperlambat video untuk mencapai efek dramatis. Sementara mode pemutar mundur memberikan sentuhan unik pada cerita yang tersaji.

7. Output Video Berkualitas Tinggi

Meski praktis dan gratis, CapCut tetap memastikan hasil akhir video memiliki kualitas terbaik. Video hasil editan CapCut selalu terlihat jelas, tajam, dan jernih. Sehingga menjadikannya pilihan ideal untuk konten-konten yang ingin dipublikasikan di media sosial.

8. Kesempatan Share dengan Mudah

Setelah selesai melakukan editing, pengguna bisa langsung membagikan video CapCut ke berbagai media sosial. Sebut saja TikTok, WhatsApp, Instagram, hingga Facebook. Aplikasi ini juga menyediakan penyimpanan sementara untuk Anda gunakan di masa mendatang.

Cara Edit Video di CapCut

Untuk melakukan editing video menggunakan CapCut, pastikan Anda sudah memiliki aplikasinya terlebih dahulu. Jika belum, silahkan unduh melalui Play Store maupun App Store. Selanjutnya bisa mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini.

  • Pertama, buka aplikasi CapCut Video Editor di perangkat smartphone Anda.
  • Setelah tampilan utamanya terbuka, klik ikon ‘+’ di tengah layar dengan nama ‘Proyek Baru’.
  • Tentukan foto atau video mana yang ingin Anda edit, lalu klik opsi ‘Add’.
  • Tunggu beberapa detik sampai proses penambahan berhasil dan tampilan otomatis berpindah ke halaman editor.
  • Jika ingin menambahkan audio klik pada ikon ‘audio’.
  • Klik ‘sound’ dan lanjutkan dengan memilih lagu sesuai suasana video.
  • Selain audio, Anda juga dapat menambahkan efek, teks, emoji serta stiker untuk hasil yang lebih maksimal.
  • Setelah seluruh proses editing selesai, lanjutkan dengan memilih opsi ‘export’ di sisi kanan layar.
  • Tunggu beberapa saat sampai transfer file sukses dan video Anda siap dibagikan.

Itulah informasi tentang CapCut Video Editor yang digandrungi pengguna dari segala usia. Di balik sejumlah keunggulannya, CapCut juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya memerlukan dukungan sinyal kuat untuk mengakses. Selain itu, ukuran aplikasinya cenderung besar terlebih jika sudah melewati sejumlah pembaruan.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas