Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Keren, PTS di SMP N 2 Sungaiselan Gunakan Android

506
×

Keren, PTS di SMP N 2 Sungaiselan Gunakan Android

Sebarkan artikel ini
IMG 20230328 WA0007
Foto: Siswa SMP N 2 Sungaiselan saat melaksanakan PTS. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Pelaksanaan PTS (Penilaian Tengah Semester) di SMP Negeri 2 Sungaiselan berbeda dari biasanya. Biasanya PTS dilakukan menggunakan kertas, namun kali ini SMP N 2 Sungaiselan menggunakan telepon pintar atau android.

PTS yang berlangsung dari tanggal 27 – 31 Maret 2023 itu pertama kalinya diterapkan di SMP N 2 Sungaiselan.

“Sistem ini sama dengan CBT ( Computer Based Test ) yang sering di gunakan pada saat AKM atau assesment , namun media yang digunakan adalah Android,” ucap Kepala SMP N 2 Sungaiselan, Deni Andriyanto kepada intrik.id, Selasa (28/3/2023).

Melalui Tim IT SMP N 2 Sungaiselan, pihaknya membuat aplikasi sederhana agar memudahkan peserta didik dalam pengoperasiannya.

“Ini adalah jembatan kemajuan teknologi, penggunaan Android sebagai alat penilaian merupakan salah satu pemanfaatkan teknologi secara baik,” lanjutnya.

Deni menuturkan, selama ini siswa banyak menggunakan Android sebagai alat komunikasi dan mereka mahir dalam mengoperasikan android.

“Jadi agar Android ini dapat di fungsikan dengan baik maka sistem penilaian ini kita gunakan dengan Android,” tutur Kepala Sekolah itu.

Selain itu, Deni juga mengatakan sistem ini memiliki keuntungan karena peserta didik dilatih untuk tidak terbatas pada penilaian berbasis kertas, lebih hemat, hingga penilaian lebih mudah dan bisa dilihat secara langsung setelah soal dikerjakan.

Ditempat yang sama, Waka bidang kurikulum Fitriyanti S.Pd.Mat menuturkan, penerapan penilaian menggunakan Android ini merupakan salah satu bentuk implementasi pembelajaran TIK yang merupakan salah satu mata pelajaran pada kurikulum merdeka.

“Jadi kami bukan cuma memberikan materi saja, namun berusaha untuk mengimplementasikannya ke siswa,” tuturnya.(*/Erwin)

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas