Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 8 Fungsi Tombol Esc pada Keyboard Laptop, Wajib Kalian Ketahui

1479
×

Inilah 8 Fungsi Tombol Esc pada Keyboard Laptop, Wajib Kalian Ketahui

Sebarkan artikel ini
tombol esc

Fungsi Tombol Esc pada Keyboard Laptop – Tombol Esc pada keyboard memiliki beragam fungsi. Berikut adalah beberapa fungsi dari tombol Esc atau Escape pada keyboard laptop. Fungsi salah satu tombol pada keyboard laptop ini ternyata cukup banyak dan beragam.

Tombol Esc tentunya sudah tidak asing lagi bagi orang yang sering menggunakan laptop. Tombol ini biasanya berada di sisi atas paling kiri atau paling ujung dari tombol keyboard. Karena posisinya tersebut kita bisa dengan mudah untuk menemukan dan melihatnya.

Baca juga: 5 Tips Merawat Keyboard Laptop Tahan Lama dan Awet

Setiap tombol pada keyboard tentunya memiliki berbagai fungsinya yang berguna untuk mengoperasikan laptop. Sehingga pengguna bisa dengan mudah memberikan perintah hanya dengan menekan tombol keyboard. Tombol Esc pun juga memiliki fungsi tersendiri sama seperti tombol lainnya.

Tombol Esc Pada Keyboard, Berikut Fungsinya yang Cukup Beragam

Esc sebenarnya termasuk tombol yang memiliki banyak fungsi yang cukup berguna. Namun beberapa orang mungkin masih belum mengetahui apa saja fungsi tombol tersebut. Sehingga mereka lebih sering menggunakan tombol lainnya dan jarang menggunakan tombol Esc.

Padahal dengan Esc kita bisa memberikan perintah pada laptop dengan mudah dan cepat. Sehingga kita pun bisa menggunakan laptop dengan lebih efisien dan maksimal. Lalu apa saja fungsi tombol Esc tersebut? Berikut adalah beberapa fungsinya yang perlu Anda ketahui:

Menutup Dialog Box

Fungsi yang pertama yaitu untuk menutup jendela atau dialog box yang sedang aktif. Misalnya yaitu ketika Anda ingin menginstal atau mengatur program dan muncul dialog box. Maka Anda bisa menekan tombol Esc untuk menutup jendela atau dialog box tersebut.

Menghentikan Skrip atau Perintah yang Sedang Berjalan

Fungsi tombol Esc pada keyboard selanjutnya yaitu untuk menghentikan skrip atau perintah yang sedang berjalan. Misalnya yaitu ketika Anda menjalankan perintah dalam pemrograman atau command prompt. Maka Anda bisa menghentikan proses tersebut dengan menekan tombol Esc.

Untuk Keluar dari Layar Penuh

Terkadang Anda mungkin menjalankan aplikasi atau permainan yang berjalan dalam mode penuh. Namun Anda ingin keluar dari mode penuh tersebut dan kembali ke tampilan normal. Cara keluar mode penuh tersebut cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol Esc.

Menghentikan Game

Fungsi lainnya yaitu mampu menghentikan game atau permainan yang Anda mainkan. Misalnya jika Anda sedang bermain game dan harus pergi sebentar maka Anda bisa menekan Esc.

Dengan begitu maka game akan berhenti dan nanti bisa Anda lanjutkan kembali.

Membuka Menu dalam Game

Selain menghentikan permainan, tombol Esc juga berfungsi untuk membuka menu dalam game. Sehingga Anda bisa mengakses menu dengan mudah meskipun saat permainan sedang berlangsung. Anda pun pastinya bisa lebih mudah dan cepat selama memainkan game tersebut.

Tombol Esc pada Keyboard untuk Membuka Task Manager

Fungsi selanjutnya yaitu untuk membuka Task Manager dengan lebih mudah dan cepat. Namun Anda harus mengkombinasikannya dengan tombol lain yaitu Shift dan Esc. Untuk membuka Task Manager maka Anda hanya perlu menekan Esc + Shift + Ctrl secara bersamaan.

Membuka Program Sebelumnya

Tombol Esc juga memiliki fungsi untuk membuka program sebelumnya yang telah digunakan. Namun Anda juga harus mengkombinasikannya dengan tombol lain yaitu tombol Alt. Misalnya Anda telah menutup Microsoft Word dan membuka Excel, namun perlu membuka Word kembali.

Maka Anda hanya perlu menekan tombol Esc pada keyboard dan Alt secara bersamaan. Hal tersebut tentunya menjadi lebih simpel dan cepat untuk mengakses aplikasi sebelumnya. Kita tidak perlu mencari programnya dan membukanya secara manual.

Membuka Menu Start

Tombol Esc juga bisa berfungsi untuk mengakses menu start dengan lebih mudah. Namun kita juga harus mengkombinasikan tombol Esc ini dengan tombol lain yaitu Ctrl. Cara membuka menu Start yaitu dengan menekan tombol Ctrl kemudian menekan tombol Esc.

Setelah itu maka menu Start akan terbuka dan bisa Anda gunakan sesuai keperluan. Namun pastikan menekan tombol Ctrl dan Esc secara berurutan dan jangan bersamaan. Sebab hal tersebut bisa membuat perintah tersebut tidak bisa membuka menu Start.

Itulah beberapa fungsi tombol Esc pada keyboard laptop atau komputer. Fungsi tombol ini tentunya sangat beragam dan berguna bukan?

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas