Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 8 Cara Membersihkan Karburator Motor, Ampuh Dongkrak Performa

233
×

Inilah 8 Cara Membersihkan Karburator Motor, Ampuh Dongkrak Performa

Sebarkan artikel ini
Karburator Motor

Cara Membersihkan Karbulator Motor – Cara membersihkan karburator motor bisa pengguna perhatikan dengan baik. Karburator sendiri memiliki peranan penting dalam sistem pembakaran mesin sepeda motor. Agar fungsinya tetap prima, pengguna perlu membersihkan komponen motor dengan perhatikan cara berikut ini.

Baca juga: Begini 7 Cara Menyetel Karburator Motor, Solusi Menghemat Bahan Bakar dan Kencang

Cara Membersihkan Karburator Motor dengan Mudah

Pengguna sepeda motor pastinya sudah tidak asing lagi dengan komponen yang satu ini. Karburator motor berperan penting dalam menghimpun udara sekaligus mencampurkannya ke bahan bakar.

Berkat fungsi komponen tersebut, maka proses pembakaran yang berlangsung di mesin bisa berjalan lancar. Motor pun bisa hidup dan pengguna manfaatkan dengan aman.

Akan tetapi, fungsi komponen ini bisa menurun saat kotor. Oleh karena itu, pengguna harus rutin membersihkannya dengan cara yang tepat. Berikut tutorialnya.

1. Lepaskan Karburator

Langkah pertama, pengguna perlu melepaskan carburetor. Cara membersihkan karburator motor ini cukup mudah, siapkan dulu obeng, kunci, dan lainnya.

Bongkar komponen carburetor satu per satu sembari menghafalkan bagiannya. Hal ini bisa membantu pengguna ketika ingin memasang carburetor kembali.

2. Buka Mangkok Karburator

Langkah berikutnya, pengguna perlu membuka mangkok carburetor. Setelah itu, lepaskan semua baut pengait.

Saat terlihat ada endapan atau sisa kotoran di mangkok tersebut, pengguna bisa langsung membersihkannya. Dalam proses pembersihan, pengguna bisa memanfaatkan bensin serta kuas yang lembut.

3. Lepas Bagian Pilot Jet

Pengguna bisa melanjutkan cara membersihkan karburator dengan melepas pilot jet pada motor. Selain itu, lepas pula main jet dan needle jet yang ada di carburetor.

Dari sini pengguna tinggal membersihkannya dengan meniup-niup. Jika memungkinkan, bisa juga menggunakan kompresor angin. Lanjutkan dengan membersihkan badan carburetor. Caranya hanya perlu menyemprot bagian lubang yang memiliki moncong.

Sementara untuk pembersihan needle jet, pengguna bisa memanfaatkan kuas dan celupkan ke bensin. Kemudian semprot ke lubang dengan mesin kompresor.

4. Bersihkan Spuyer

Dalam cara membersihkan komponen karburator ini, pengguna sepeda motor harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak mengalami perubahan ukuran. Untuk membersihkannya, pengguna bisa memanfaatkan amplas halus hingga tak ada kotoran yang menempel lagi.

5. Pasang Lagi

Saat proses pembersihan sudah selesai pengguna lakukan, maka perlu memasang karburatornya lagi ke kondisi semula. Dalam hal ini, pengguna juga perlu mengatur campuran bahan bakarnya dengan menyetel ketinggian pelampung bensinnya menggunakan jangka sorong.

6. Bersihkan Filter Udara

Supaya proses pembersihan carburetor memberikan hasil yang memuaskan, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi filter udara. Saat kondisinya kotor, bersihkan dengan melepas filter udaranya terlebih dulu.

Dalam cara membersihkan karburator motor, pengguna bisa memanfaatkan cairan khusus dan biarkan selang beberapa waktu sampai mengering. Kini karburator sudah bisa pengguna manfaatkan lagi dengan peran yang lebih fungsional.

7. Efek Jika Karburator Kotor

Karburator yang kotor jelas memberikan dampak negatif kepada penggunanya. Hal ini karena kondisi komponen yang kotor bisa menghalangi aliran bahan bakarnya. Alhasil, mesin jadi kesulitan untuk hidup.

8. Ciri Karburator Kotor

Dengan mengenali ciri karburator yang kotor juga bisa jadi pengingat bagi pengguna untuk segera membersihkannya. Adapun cirinya seperti halnya mesin kehilangan tenaga, motor sulit hidup, mesin bergetar berlebihan, sulit berakselerasi saat melaju dengan kecepatan tinggi, dan boros bahan bakar.

Meski begitu, pengguna tak hanya bisa membersihkan carburetor saat mengenali ada tanda tersebut. Sebenarnya selang waktu pemakaian tertentu, pengguna tetap harus membersihkannya.

Misalnya saja 8-10 bulan sekali. Apabila carburetor sudah tak bisa pengguna bersihkan karena aus, langsung saja ganti komponennya. Hal ini tak lain demi menunjang fungsi carburetor dan kenyamanan selama berkendara.

Manfaat Membersihkan Karburator Motor

Pengguna bisa merasakan banyak manfaat atau keuntungan tersendiri apabila membersihkan karburator motor dengan cara yang tepat dan rutin. Adapun manfaatnya yaitu bisa membantu proses pembakaran yang ada di ruang mesin.

Karena proses pembakarannya berlangsung sempurna, maka performa motor juga meningkat. Hal ini tidak hanya membuat pengguna merasa nyaman selama berkendara, melainkan juga aman.

Kini pengguna tidak perlu bingung lagi tentang bagaimana cara membersihkan karburator motor setelah menyimak uraian di atas. Jangan ragu untuk membersihkannya karena komponen tersebut berperan penting dalam menunjang keamanan dan keselamatan selama berkendara.