Scroll untuk baca artikel
Politik

260 PTPS Kecamatan Sungailiat Dilantik

150
×

260 PTPS Kecamatan Sungailiat Dilantik

Sebarkan artikel ini
IMG 20240122 094942 653 transcpr

INTRIK.ID, BANGKA — Sebanyak 260 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kecamatan Sungailiat dilantik dan diambil sumpah, Senin (22/1/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Manunggal Sungailiat itu dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Bangka Sugesti serta Camat Sungailiat Aswan.

Dalam sambutannya, Sugesti mengatakan kegiatan ini merupakan momen yang paling penting dimana para PTPS resmi mengemban amanah.

“Ibarat nikah, hari ini (pelantikan) adalah paling sakral, pacaran sudah lama tapi hari ini baru dinikahkan secara resmi lewat pelantikan,” ungkapnya.

Sugesti mengatakan bahwa para pengawas ini sebelumnya telah mengikuti rangkaian seleksi, mulai dari seleksi administrasi hingga tahap wawancara.

“Saya mengajak kepada teman-teman untuk menjalankan tugas dan perannya sebagai pengawas TPS. Sebab, yang dilantik hari ini merupakan ujung tombak pengawasan, karena kerawanan yang sering terjadi itu di TPS,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengatakan bahwa seluruh pengawas TPS akan dilakukan bimbingan teknis (Bimtek) selama dua kali untuk peningkatan kapasitas.

“Butuh kejelian dan kecermatan. Jadi pada 14 Februari nanti teman-teman sudah tahu apa yang akan dilakukan,” tukasnya.

Selain Kecamatan Sungailiat, PTPS di kecamatan lainnya juga melakukan hal serupa dilokasi berbeda.

“Total ada 911 petugas TPS di Kabupaten Bangka karena wilayah kita memang yang terbesar,” tutup Sugesti.