Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 3 Cara Copy Paste di HP, Praktis Tidak Perlu Buang-Buang Waktu

821
×

Inilah 3 Cara Copy Paste di HP, Praktis Tidak Perlu Buang-Buang Waktu

Sebarkan artikel ini
copy paste

Cara Copy Paste di HP Praktis Tidak Perlu Buang Waktu – Cara copy paste di HP bisa Anda ikuti untuk memudahkan dalam penyalinan teks. Copy paste memang bisa Anda lakukan dengan berbagai cara meski hanya di HP sekalipun. Walau pemula, Anda tidak perlu ragu untuk mencermati apa saja tips HP tersebut.

Cara Copy Paste di HP dan Penjelasannya

Arti dari copy paste sendiri adalah menyalin teks, file, folder, dan lainnya. Nantinya penyalinan tersebut bisa memindahkannya ke tempat lain. Bahkan bukan hanya menyalin saja, namun cara ini juga efektif untuk menggandakannya.

Mengenai bagaimana cara melakukannya, terbilang cukup mudah. Langsung saja Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Baca juga: Inilah 4 Cara Setting Push Email Yahoo di HP Android, Tutorial Mudah

1. Pilih Teks

Langkah pertama, cukup memilih kata yang ingin Anda salin. Setelah menemukannya, Anda bisa tap dan tahan pada teks tersebut selama beberapa saat.

Nantinya teks yang Anda pilih akan mendapatkan highlighted lengkap dengan teardrop handles di kedua sisi kata. Dari sini Anda bisa ketuk dan menahan satu ataupun kedua handle.

Anda bisa menyeretnya sesuai dengan kebutuhan teks. Dalam cara copy paste di HP, Anda bisa menyalin satu kata atau bahkan lebih sesuai keinginan.

2. Klik Copy

Setelah berhasil memilih teks, Anda bisa perhatikan menu pop up yang muncul. Dari menu tersebut, Anda bisa klik Copy. Dengan memilih menu tersebut, Anda berarti sudah menyalin teksnya.

Lalu tinggal pilih tempat sebagai wadah penempelan teks yang Anda salin. Salah satu contohnya yaitu menempatkannya di chat.

3. Klik Paste

Anda bisa ketuk sekaligus tahan kolom teks di chat sebagai tempat penempelan teks. Lakukan sampai ada menu pop up yang muncul.

Baca Juga:  Rekomendasi HP Oppo Dilengkapi Gorilla Glass Terbaik Keluaran Terbaru 2023

Saat menu pop up sudah terlihat, Anda bisa langsung klik Paste. Teks yang Anda salin tadi akan muncul di tempat tersebut.

Aplikasi Copy Paste di HP

Selain mempraktikkan cara copy paste di HP tadi, sebenarnya Anda juga bisa melakukannya dengan memanfaatkan aplikasi. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, jelas Anda harus download lewat Google Play Store apabila menggunakan smartphone Android.

Baru setelah itu, Anda bisa pasang di ponsel. Sementara untuk pilihan aplikasinya yakni sebagai berikut. Cermati agar Anda bisa tahu referensi aplikasinya.

1. Textcopy

Salah satu aplikasinya yaitu Textcopy. Aplikasi ini bisa membantu Anda saat ingin copy paste di HP. Menariknya lagi, aplikasi ini juga membantu Anda untuk menerjemahkan teks.

2. Universal Copy

Aplikasi lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk copy paste di HP ialah Universal Copy. Berkat bantuan aplikasi ini, Anda bisa menyalin teks di smartphone Android secara lancar tanpa menghabiskan banyak waktu.

3. Google Drive for Android

Google Drive for Android merupakan aplikasi bawaan yang biasanya sudah ada di ponsel. Selain jadi tempat untuk menyimpan atau mencadangkan file, aplikasi ini juga bisa membantu Anda ketika ingin copy paste teks.

Untuk tujuan yang satu ini, Anda hanya perlu memanfaatkan fitur OCR yang ada di Google Drive for Android. Sama halnya aplikasi lain ataupun tutorial tadi, pemanfaatan Google Drive for Android untuk copy paste tak kalah mudah.

Manfaat Copy Paste di HP

Tak bisa kita pungkiri bahwa cara copy paste di HP terbilang sederhana. Selain memberikan kemudahan bagi penggunanya, copy paste ini juga menawarkan manfaat tersendiri. Adapun beberapa manfaatnya ialah sebagai berikut.

Baca Juga:  3 Cara Setting Mikrotik Lewat HP Android, iOS dan Fungsinya

1. Praktis

Siapa saja yang memanfaatkan copy paste di HP bisa merasa lebih praktis. Apalagi jika ingin salin teks yang panjang. Alih-alih menulisnya secara manual, jelas lebih hemat waktu dan tenaga jika menggunakan copy paste.

2. Menghemat Waktu

Sudah bukan rahasia lagi apabila copy paste bisa menghemat waktu Anda. Karena caranya mudah, Anda benar-benar bisa menyalin teks tanpa perlu menunggu terlalu lama.

3. Memperlihatkan Kemajuan Teknologi

Adanya copy paste termasuk salah satu hal yang memperlihatkan kemajuan teknologi saat ini. Berbeda jika tidak ada perkembangan teknologi, tentu Anda kesulitan untuk menyalin teks secara cepat dan tepat.

Dari uraian di atas, Anda bisa tahu bagaimana cara copy paste di HP. Anda tidak perlu ragu untuk melakukannya karena menawarkan banyak manfaat yang pastinya memberikan keuntungan tersendiri.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas