Scroll untuk baca artikel
BangkaKesehatan

Dukung Program Zero Stunting, Ormas BEMPER Berikan Respon Mengejutkan

431
×

Dukung Program Zero Stunting, Ormas BEMPER Berikan Respon Mengejutkan

Sebarkan artikel ini
IMG 20231118 WA0000
Caption: Ketua Ormas BEMPER Samsu Rizal saat menyampaikan kata sambutan kegiatan edukasi Stunting di Desa Rebo.

BANGKA. SUNGAILIAT. INTRIK.ID – Stunting merupakan gangguan pertumbuhan dialami oleh balita mengakibatkan keterlambatan pertumbuhan anak tidak sesuai dengan standarnya, sehingga akan berdampak terhadap pertumbuhan anak jangka pendek maupun jangka panjang.

Pentingnya perhatian terhadap pertumbuhan anak, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden ( PP ) Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. Menginstruksi semua pihak agar mengatasi tingginya angka stunting di wilayah masing – masing.

Anak merupakan penerus bangsa , jika pertumbuhan anak terganggu mempengaruhi stabilitas penerus bangsa. Salah satu cara menekan angka stunting perlu adanya edukasi tentang pencegahan stunting. Menyikapi hal tersebut Ormas BEMPER ( Barisan Elemen Masyarakat Peduli Ekonomi Rakyat) merespon program Zero Stunting, dengan menggelar kegiatan edukasi pencegahan stunting. Kegiatan berlangsung Sabtu( 18/11/2023) pagi berempat di Dusun Tanjung Ratu, Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat.

Ketua ormas BEMPER Samsu Rizal mengatakan mengatasi Stunting bukan perkara mudah, butuh semua pihak mengatasinya.

“Tahun 2023 angka Stunting secara nasional mencapai 21,6 % untuk itu butuh semua pihak mengatasinya. Khusus ormas BEMPER kegiatan edukasi ini salah satu bentuk dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Bangka, mengurangi angka Stunting. Soal Stunting bukan perkara mudah, butuh dukungan semua pihak agar target tercapai,” ucapnya.

Pentolan ormas BEMPER itu juga menyampaikan, kalau pihaknya sudah beberapa tempat menggelar edukasi Stunting.

“Menurut data yang ada Khusus di Kabupaten Bangka ada 10 titik locus Stunting. Salah satu di Desa Rebo ini, sebelumnya ormas BEMPER sudah beberapa kali melaksanakan edukasi Stunting ini. Belum lama ini tepatnya tanggal 10 /10/2023 di Desa Kemuja , Kecamatan Mendo Barat. Setelah di Desa Rebo ini, kegiatan yang sama juga akan kami lakukan di Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu,” terangnya.

Merujuk pada program PJ Bupati Bangka, dimana penurunan angka Stunting menjadi perhatian serius Pemkab Bangka, ormas BEMPER siap membantu dan mendukung hal tersebut.

“Seperti yang kami ketahui target Tahun 2024 Kabupaten Bangka berjuluk ” Sepintu Sedulang” zero Stunting. Kami berharap kedepannya anak – anak khususnya di Kabupaten Bangka bebas Stunting. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan edukasi Stunting ini,” tutup Samsu Rizal.