Scroll untuk baca artikel
Bangka BelitungEkonomi/Bisnis

Dukung Kemajuan Mitra PUMK, PT Timah Berikan Modal Hingga Tempat Pemasaran

211
×

Dukung Kemajuan Mitra PUMK, PT Timah Berikan Modal Hingga Tempat Pemasaran

Sebarkan artikel ini
IMG 20221011 WA0001
Caption : Prodak ecoprint mitra binaan PT. Timah Tbk program PUMK

BANGKA BELITUNG. INTRIK.ID – UMKM yakni Usaha Mikro Kecil Menengah istilah dunia ekonomi, dimiliki perorangan atau badan usaha mengenai ekonomi produktif, sesuai ketentuan Undang – Undangan Nomor 20 tahun 2008.

UMKM bisa menjadi lokomotif ekonomi masyarakat dan penyerapan tenaga kerja. Menyadari hal ini, PT Timah Tbk sebagai perusahaan pertambangan melalui CSR nya, secara terintegritas mendorong pengembangan UMKM melalui berbagai program salah satu Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK).

Tidak hanya memberikan modal PUMK saja, PT. Timah Tbk juga memberikan pendampingan Kepada mitra binaannya seperti pelatihan ecoprint yaitu teknik mencetak kain batik berbahan tumbuhan serta memanfaatkan teknologi keuangan berbasis digital.

Pelatihan ecoprint dilaksanakan di Belitung , Desa Air Abik Kabupaten Bangka sedangkan teknologi keuangan berbasis digital digelar di kota Pangkalpinang dan Tanjung Balai Karimun.

Melalui Pelatihan ini, diharapkan para UMKM mitra binaan PT Timah Tbk bisa lebih maksimal terhadap pengelolaan keuangan, ecoprint. Sehingga dapat melihat perkembangan kemajuan usaha yang dijalankan.

Tidak cukup dengan pelatihan, mitra binaan PT. Timah Tbk mengikuti program Kementerian Perdagangan meliputi, sosialisasi pengembangan merek produk dalam negeri dilaksanakan di hotel swiss bell. Pameran produk UMKM khusus produk makanan dan kerajinan di Summarecon Mall Serpong. Pameran produk UMKM untuk menyambut G20 di Tanjung Kelayang – Belitung

Yasrul mitra binaan PT. Timah Tbk asal Karimun mengakui, pembinaan dan pelatihan pengelolaan keuangan dilaksanakan PT Timah Tbk, membantu mereka dalam melakukan pembukuan.

“Selama ini hanya saya catat di buku agar tidak lupa saja. Akan tetapi setelah ikut pelatihan baru sadar dan mengerti akan pentingnya penyusunan laporan manajemen yang baik dan benar,” ucapnya.

Yasrul bersama mitar binaan lainnya mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah peduli dan membina mereka untuk meningkatkan kemampuan mereka.

“Terima kasih kepada PT Timah yang telah perduli kepada Mitra binaannya dengan membuat program pelatihan seperti ini, sehingga kita semua semakin mengerti dan melek teknologi,” tandasnya.

Mitra Binaan PT Timah Tbk dari Bangka Erliana mengatakan, penyusunan laporan keuangan memang menjadi kendala para pelaku UMKM.

“Kalau yang sederhana, debit kredit itu kita sudah coba lakukan, tapi belum konsisten. Karena itu tadi kendalanya masih bercampur dengan keuangan rumah tangga, karena kan kadang kita belanja dari hasil itu. Jadi labanya belum tau pasti hanya bisa mengira-ngira saja,” ujarnya.

Demi kemajuan mitra binaan program PUMK , PT. Timah Tbk melakukan pendampingan mulai dari pinjaman modal, pelatihan, pameran hingga pemasaran.

Dari sisi pemasaran, PT Timah Tbk juga telah menyediakan tempat bagi para mitra binaan memasarkan produknya. Seperti di TINS Gallery terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Galeri Serumpun Sebalai di Ruang Tunggu Bandara Depati Amir, Rumah BUMN Belitung di Jalan Melati, Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung dan Tins Corner di Hotel Swissbell.

Sumber : Humas PT. Timah Tbk