Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Dana BOS Belum Cair, Kepsek di Bateng Terpaksa ‘Ngutang’

239
×

Dana BOS Belum Cair, Kepsek di Bateng Terpaksa ‘Ngutang’

Sebarkan artikel ini
1679468697466 2
Ket: ilustrasi dana BOS (ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH –Dana Bantuan Operational Sekolah atau BOS di Kabupaten Bangka Tengah hingga saat ini masih belum cair. Padahal, untuk tahap 1 dana tersebut seharusnya sudah dicairkan pada Januari, namun belum ada kabar sampai sekarang.

Hal itu dikeluhkan beberapa Kepala Sekolah yang ada di Bangka Tengah, mulai dari tingkat SD hingga SMP.

Salah seorang kepala sekolah di Bangka Tengah, sebut saja Geboy (bukan nama sebenarnya) mengaku sudah berhutang kepada beberapa pihak untuk operasional sekolah.

“Honor pelatih eskul, perlengkapan sekolah dan operasional lainnya sudah hutang. Kemarin katanya paling cepat Januari untuk pencairan tahap 1,” ucapnya kepada intrik.id, Rabu (22/3/2023) di Koba.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah (Kadindik Bateng) Iskandar mengatakan, jika dana BOS itu dari pusat langsung ke sekolah masing-masing.

“Kami gak tahu pencairan, karena dana APBN BOSP langsung di transfer ke sekolah dan laporan ke BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah-RED) masing-masing daerah, ” jelas Iskandar.

“Coba konfirmasinya ke BPKAD kita (Bangka Tengah-Red) siapa tau sudah ada laporan. Karena semua itu sesuai peraturan no 119/PMK/.07/2021, ” tutupnya singkat.

Ditempat lain, Cherlini, selalu Kepala BPKAD Bangka Tengah mengatakan jika belum ada laporan pencairan dana BOS dari pusat.

“Belum ada laporan. Coba saya chek. Internet soalnya agak eror dan listrik juga padam, ” jawabnya singkat. (erwin)

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas