Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Bikin Lemot, 7 Tips Agar Storage MacBook Tidak Lekas Penuh Jadi Lebih Lega

241
×

Bikin Lemot, 7 Tips Agar Storage MacBook Tidak Lekas Penuh Jadi Lebih Lega

Sebarkan artikel ini
Storage macbook

Tips Agar Storage MacBook Tidak Lekas Penuh – Saat pertama kali membeli Mac, kamu pasti merasa laptop ini begitu lega dan  membayangkan bahwa kamu tidak akan pernah kehabisan ruang di dalamnya. Namun, seiring berjalannya waktu, kamu dibuat kaget karena ruang penyimpanan tiba-tiba penuh.

Sebelum benar-benar mengalami masalah ini, kamu harus membiasakan diri untuk mencegahnya menjadi penuh. Jika kamu tidak yakin harus mulai dari mana, di sini telah dibuat daftar tips agar storage MacBook tidak cepat penuh.

Baca juga: Inilah 7 Daftar Aplikasi Paling Boros Baterai di Macbook, Harus Kalian Hindari!

Tips Agar Storage MacBook Tidak Cepat Penuh

1. Optimalkan penyimpanan dengan alat bawaan

Apple telah menghadirkan alat manajemen penyimpanan yang bisa dimanfaatkan untuk membuatmu dapat menggunakan lebih banyak storage. Untuk mengaksesnya, buka menu Apple dan klik System Settings > General > Storage.

Di sini, kamu bisa melihat apa yang menghabiskan ruang hard drive, yang disortir ke dalam berbagai kategori. Klik tombol i di sebelah setiap kategori untuk membuka opsi manajemen penyimpanan.

2. Simpan file ke cloud

Cloud menjadi cara praktis untuk menghemat ruang penyimpanan MacBook. Layanan iCloud milik Apple adalah pilihan terbaik karena terintegrasi dengan macOS. Apple memberikan 5 GB penyimpanan online secara gratis. Jika terasa masih kurang, kamu bisa membayar langganan untuk meningkatkannya sesuai kebutuhan.

Inilah cara menggunakan iCloud untuk menghemat ruang penyimpanan:

  1. Klik ikon Apple di bilah menu, lalu pilih System Settings
  2. Dari sidebar,pilih General, dan klik Storage
  3. Selanjutnya, klik Store in iCloud
  4. Pilih Desktop and Documentsdan Photos, lalu klik Store in iCloud. 

Sekarang, file akan secara otomatis diunggah ke iCloud, yang akan menghemat ruang penyimpanan.

3. Gunakan hard drive eksternal

Jika kamu memiliki banyak file berukuran besar, kamu wajib memiliki hard drive eksternal. Kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan video, film, game, foto, dan file berukuran besar lainnya.

Cek kembali apakah ada file yang jarang kamu buka atau tidak kamu perlukan dalam waktu dekat. Jika ada, pindahkan semuanya ke hard drive eksternal agar MacBook terasa lebih lega.

4. Streaming alih-alih mengunduh

Jika kamu suka menonton film, video musik, atau mendengar podcast, sebaiknya pilih streaming alih-alih mengunduhnya. Terlebih, ada begitu banyak platform streaming saat ini sehingga streaming film lebih masuk akal daripada mengunduhnya.

Kebiasaan ini tidak hanya akan menghemat banyak ruang di MacBook, tetapi juga memastikan video dapat diakses selama kamu sedang online. Jika mau, kamu bisa menyimpan daftar tontonan streaming secara online.

5. Nonaktifkan pembaruan otomatis

Kamu dapat menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis jika ingin menghemat ruang penyimpanan. Sebenarnya, memperbarui aplikasi tidak menambah terlalu banyak ruang. Namun, ada kasus di mana aplikasi dapat membengkak seiring berjalannya waktu. Ini bisa jadi hasil dari pengembang yang mencoba menambahkan fitur baru. Untuk mengatasi ini, kamu bisa menonaktifkan pembaruan otomatis dan secara rutin memeriksa ukuran pembaruan aplikasi di App Store sebelum mengunduhnya.

6. Hapus aplikasi yang tidak berguna

Cek kembali apakah ada aplikasi yang sudah lama tidak kamu gunakan atau tidak akan kamu gunakan di masa depan. Jika ada, segera hapus aplikasi tersebut.

Aplikasi besar yang tidak berguna dapat menghabiskan banyak ruang, jadi kamu harus membiasakan diri untuk menghapusnya setelah jelas bahwa kamu tidak lagi membutuhkannya. Juga, hapus semua aplikasi kecil yang tidak berguna karena dapat memenuhi penyimpanan jika dibiarkan menumpuk.

7. Kompres file besar

Saat ini, ada banyak aplikasi pengompres file yang bisa kamu manfaat untuk mengecilkan ukuran file. Manfaatkan kompresi file ini dan biasakan mengompresi file besar yang benar-benar perlu disimpan di MacBook.

Menariknya, macOS memudahkan kompresi: klik Control pada dokumen dan pilih Compress untuk mengompresnya. Meskipun alat kompresi default Mac cukup baik, kamu dapat meningkatkan kualitasnya dengan beberapa kompresi file terbaik.

Sebelum kamu benar-benar kehabisan ruang penyimpanan, yuk biasakan menerapkan langkah-langkah ini. Dengan demikian, ruang penyimpanan MacBook akan jadi lebih lega dan nyaman digunakan.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas