Scroll untuk baca artikel
Ekonomi/Bisnis

Biar Tidak Kalap, Yuk Intip 5 Tips Belanja Hemat Selama Ramadhan

351
×

Biar Tidak Kalap, Yuk Intip 5 Tips Belanja Hemat Selama Ramadhan

Sebarkan artikel ini
tips belanja ramadhan

Tips Belanja Hemat Selama Ramadhan – Tips hemat selama Ramadhan ini akan membantu Anda mengelola keuangan agar tetap aman dan tidak kalap belanja. Pasalnya, saat bulan Ramadhan sering ada pengeluaran tak terduga yang bikin kantong jebol.

Mulai dari fenomena buka bersama, jalan-jalan sambil ngabuburit hingga membeli bingkisan lebaran seringkali menyebabkan pengeluaran membengkak. Oleh karena itu, banyak orang tidak menyadari bahwa saat bulan Ramadhan pengeluaran menjadi lebih besar dari bulan-bulan lainnya.

Baca juga: 8 Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Agar keuangan tetap aman, perlu adanya tips hemat selama Ramadhan. Tips-tips berikut akan membantu Anda untuk tetap on budget anti boncos.

Tips Hemat Selama Ramadhan

Saat memasuki bulan puasa, undangan untuk berbuka di luar mulai berdatangan. Selain itu, ada banyak promo-promo menarik dari banyak merchant yang menawarkan diskon menggiurkan. Namun, Anda harus tetap waspada jika tidak mau sampai kalap belanja.

Tahan Diri saat Beli Takjil

Selama bulan puasa, akan ada banyak penjual takjil yang menawarkan aneka minuman dan makanan manis. Akan tetapi, situasi ini seringkali membuat kalap dan membuat orang terdorong untuk membeli banyak takjil.

Agar bisa menerapkan tips hemat selama Ramadhan, pastikan untuk mencatat takjil yang akan Anda beli. Selain itu, penting untuk merencanakan kapan harus membeli takjil agar tidak terjadi pengeluaran tak terduga.

Bukan hanya beresiko membuat pengeluaran bengkak, terlalu banyak membeli takjil juga bisa menghasilkan limbah jika tidak dihabiskan.

Batasi Buka Puasa di Luar Rumah

Tips hemat selama Ramadhan yang pertama adalah membatasi buka puasa di luar rumah. Harga makanan di luar rumah sudah pasti lebih mahal daripada masakan sendiri.

Biasanya, bulan Ramadhan menjadi momen untuk mengadakan reuni bersama teman SD, SMP, SMA, kuliah, dan rekan kerja. Panitia reuni kemudian menjadwalkan acara pertemuan dengan buka bersama.

Ada baiknya Anda mengalokasikan budget khusus untuk buka puasa di luar sebagai tips hemat selama Ramadhan. Jika tidak, maka seringkali acara buka puasa di luar menyebabkan pengeluaran semakin membengkak apalagi kalau mendadak.

Selain itu, cobalah untuk menentukan prioritas, acara mana yang harus Anda hadiri. Pastikan untuk menghadiri acara yang benar-benar penting agar Anda tidak perlu membuang waktu (bahkan menyia-nyiakan uang).

Menggabungkan Menu Berbuka dan Sahur

Tips hemat selama Ramadhan yang terakhir adalah menggabungkan menu berbuka dan sahur. Menu yang dimakan saat buka puasa, bisa juga berlaku untuk makan sahur.

Cara ini tidak hanya menghemat biaya, tapi juga hemat tenaga. Apalagi jika setelah buka puasa terdapat sisa makanan yang masih layak konsumsi. Anda bisa menghangatkannya kembali di jam sahur.

Beberapa masakan yang bisa dipanaskan kembali adalah olahan dari daging, seperti gulai sapi, opor ayam, dan sejenisnya. Dengan menghabiskan semua makanan, Anda pun turut berkontribusi dalam mengurangi limbah dan mencegah pemanasan global.

Membuat Takjil Sendiri

Langkah berikutnya untuk tips hemat selama Ramadhan, Anda bisa membuat takjil sendiri. Trik ini tidak hanya menghemat pengeluaran tapi juga menjaga kebersihan makanan saat bulan puasa.

Manfaatkan kesempatan ini untuk membuat takjil sesuai suasana hati daripada membeli di luar. Tak hanya mengisi waktu di sore hari, memasak atau membuat takjil membuat Anda tetap sibuk dan tidak mudah tergoda untuk ngabuburit.

Apalagi saat ini sudah banyak beredar tutorial membuat takjil di Youtube yang praktis dan simple. Berbekal gawai dan koneksi internet, Anda bisa berkreasi membuat takjil sebagai tips hemat selama Ramadhan.

Manfaatkan Diskon dan Promo

Kemudian, Anda juga bisa memanfaatkan diskon atau promo yang berlangsung selama di bulan puasa. Ini biasanya berlaku ketika berbelanja kebutuhan atau buka puasa di beberapa restoran.

Namun, perlu ketelitian dalam memilih promo saat berbelanja kebutuhan. Khususnya untuk barang yang benar-benar dibutuhkan. Jangan sampai, Anda tergiur barang diskon padahal tidak terlalu butuh.

Untuk menghindari pemborosan, Anda membisa membuat daftar belanjaan dan membeli dalam jumlah besar sekaligus. Dengan membeli barang belanjaan selama satu bulan penuh, Anda bisa menghindari kenaikan harga menjelang lebaran.

Itulah sederet tips hemat selama Ramadhan yang bisa membantu Anda mengelola keuangan. Meski buka puasa di luar terasa menyenangkan, namun tidak ada salahnya tetap berbuka di rumah untuk mendekatkan diri bersama keluarga.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas