Scroll untuk baca artikel
Politik

Bawaslu Bangka Tengah Latih Saksi Parpol

191
×

Bawaslu Bangka Tengah Latih Saksi Parpol

Sebarkan artikel ini
IMG 20231227 WA0004

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Badan Pengawas Pemilu Bangka Tengah (Bawaslu Bateng) memberikan pelatihan fasilitasi bagi saksi partai politik (parpol) yang akan bertugas dalam Pemilu tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Acara pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Soll Marina Pangkalan Baru dengan 2 narasumber, Rabu (27/12/2023).

Pelatihan tersebut dihadiri oleh para saksi parpol, insan pers, unsur forkopimda, lembaga swadaya masyarakat, organisasi kepemudaan serta pihak terkait lainnya. Pelatihan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan para peserta yang akan menjadi saksi calon legislatif maupun presiden dalam proses pemilihan umum mendatang.

“Jadi fasilitas pelatihan ini agar nantinya semua peserta bisa memberikan materi tentang saksi kepada semua saksi yang nanti ditunjuk oleh partai politik,” ucap Anggota Komisioner Bawaslu Bangka Tengah, Tamimi.

Ia mengatakan saksi parpol memiliki peran yang sangat penting dan krusial dalam menjaga keadilan pemilu dalam pencegahan kecurangan pemilu namun dengan cara yang benar sesuai aturan.

“Saksi parpol memiliki tanggung jawab besar dalam pemilu. Mereka menjadi pengawas aktif dan memiliki peran penting dalam memastikan proses pemilu berlangsung secara adil dan jujur,” ujarnya.

Tamimi menjelaskan, dalam pelatihan ini para saksi parpol diberikan pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab yang meliputi pemantauan dan pengawasan jalannya proses pemilu di TPS (Tempat Pemungutan Suara), serta perlunya dokumentasi yang akurat sebagai bukti jika terjadi pelanggaran pemilu.

“Selain itu, mereka juga diberikan pengetahuan mengenai hukum pemilu dan prosedur pelaporan jika terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu dan nanti kita juga akan simulasi sebentar untuk memastikan, ” ungkapnya.

“Bawaslu Bateng memberikan bimbingan mengenai proses pengajuan gugatan, investigasi terhadap dugaan pelanggaran, hingga penindakan terhadap pelanggaran tersebut, ” lanjutnya.

Tamimi menekankan bahwa Bawaslu Bateng bertekad untuk menegakan keadilan dalam proses pemilu. Dengan adanya saksi parpol yang handal dan terlatih, diharapkan semua peserta pemilu dapat berkompetisi dengan fair dan merasa aman.

“Kami berharap melalui pelatihan ini, para saksi parpol dapat memiliki pemahaman yang baik mengenai peran mereka serta memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam melaksanakan fungsi pengawasan mereka. Bawaslu Bateng siap menerima laporan mereka dan akan bertindak tegas terhadap pelanggaran pemilu,” tambah Tamimi.

Pelatihan ini mendapatkan sambutan hangat dari para saksi parpol yang hadir. Mereka menyambut baik upaya Bawaslu Bateng dalam memberikan fasilitasi untuk meningkatkan kompetensi saksi parpol sehingga mampu melakukan pengawasan pemilu dengan baik.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan tingkat keadilan dalam pemilu di Bangka Tengah dapat ditingkatkan serta menjamin terwujudnya pesta demokrasi yang lancar dan berintegritas pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas