Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Bantu Kegiatan Kalian untuk Multitasking, Begini 2 Cara Split Screen iPhone

314
×

Bantu Kegiatan Kalian untuk Multitasking, Begini 2 Cara Split Screen iPhone

Sebarkan artikel ini
Split Screen iPhone

Cara Split Screen iPhone – Split screen iPhone bisa membantu Anda untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan. Hal ini lantaran fitur tersebut akan membuat tampilan ponsel jadi terbagi dua. Mengenai bagaimana cara melakukannya, Anda bisa pahami tutorial HP berikut.

Split Screen iPhone dan Tutorialnya

Fitur ini bisa membuat Anda merasa lebih praktis. Mengapa demikian? Hal ini karena Anda bisa melakukan dua pengoperasian atau melihat dua tampilan hanya dengan satu ponsel.

Untuk caranya pun tak sesulit yang Anda bayangkan. Anda bisa coba melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Baca juga: Review 4 Fitur Pengukur Suhu Tubuh iPhone, Bantu Cek Kondisi Kesehatan

Mengaktifkan Split Screen

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah mengaktifkan fitur split screen iPhone. Adapun cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkannya ialah sebagai berikut.

  1. Buka menu Pengaturan yang ada di iPhone.
  2. Pilihlah Tampilan dan Kecerahan.
  3. Klik View yang bisa Anda temukan di bawah Display Zoom.
  4. Lanjutkan dengan memilih Zoomed dan klik Set.
  5. Jika sudah, Anda bisa memilih Use Zoom.
  6. Kemudian Anda bisa menentukan aplikasi yang akan tampil di layar.
  7. Tampilkan dua aplikasi sekaligus di bilah alat.
  8. Dalam pengaktifan split screen iPhone, bukalah aplikasi utama dan bagilah layar dengan aplikasi kedua. Anda bisa menampilkan kedua aplikasi dengan ukuran yang sama ataupun berbeda. Anda atur saja sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan.
  9. Tarik bagian bawah layar ke atas agar bilah alat terbuka. Dari sini Anda bisa mulai dengan aplikasi kedua.
  10. Ketuk dan tahan aplikasi di layar.
  11. Ambil dan pindahkan aplikasi pertama. Lakukan sampai kotak persegi panjang yang tipis muncul.
  12. Seret ke sisi manapun sesuai keinginan Anda. Saat sudah yakin dengan posisinya, Anda bisa melepaskannya. Cermati, pastinya layar aplikasi kedua sudah muncul di sisi aplikasi pertama.

Membagi Layar di iPhone

Anda juga bisa membagi layar sesuai split screen di iPhone supaya penggunaan ruangnya seimbang dan optimal. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Ketuk bilah abu-abu di atas aplikasi kedua.
  2. Pindah ke sisi layar untuk menghilangkannya dalam sementara waktu.
  3. Tampilkan kembali ke layar dengan menggesek dari sisi yang sudah Anda sembunyikan tadi.
  4. Anda bisa mengembalikan ke mode layar terbagi jika kurang suka melihat aplikasi kedua di atas aplikasi pertama. Caranya, ketuk dan tahan bilah abu-abu di bagian atas aplikasi kedua.
  5. Lanjutkan dengan menggerakkannya ke bawah atau atas sesuai dengan keinginan.
  6. Dalam pengaturan posisi, Anda juga bisa menggesernya ke samping.
  7. Kemudian jika ada aplikasi yang memiliki ruang lebih banyak, Anda bisa seret bilah yang ada di antara aplikasi tersebut ke arah kanan dan kiri.

Pada dasarnya, cara mengaktifkan split screen di atas tidak hanya bisa Anda terapkan pada iPhone saja, namun juga iPad. Dengan demikian, tampilan ponsel jadi terlihat maksimal tanpa menurunkan fungsinya.

Manfaat Split Screen iPhone

Perlu untuk Anda ketahui bahwa fitur ini memberikan banyak manfaat atau keuntungan bagi penggunanya. Adapun beberapa diantaranya ialah sebagai berikut.

Mendukung Multitasking

Salah satu manfaatnya yaitu fitur ini bisa membantu Anda dalam melakukan multitasking. Anda bisa melakukan multitasking untuk hiburan, bekerja, belajar, dan lain sebagainya secara praktis.

Karena layar terbagi menjadi dua, Anda bisa memantau kedua aplikasi dalam satu waktu. Hal ini sebenarnya juga bisa membuat Anda lebih hemat waktu. Semakin praktis dan mendukung multitasking karena Anda tak perlu buka tutup dua aplikasi yang berbeda ketika membutuhkannya.

Update Perkembangan Teknologi

Manfaat menggunakan split screen iPhone berikutnya ialah bisa memberi kesan bahwa Anda termasuk pengguna smartphone yang update dengan perkembangan teknologi. Hal ini juga bisa menghindari kesan gagap teknologi (gaptek) di mata orang lain.

Pengoperasian Ponsel Jadi Nyaman

Apabila Anda menerapkan fitur ini, maka bisa merasa lebih nyaman selama mengoperasikan ponsel. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu melakukannya demi kenyamanan dan kepraktisan selama menggunakan gadget.

Kini Anda sudah mengenal secara lebih mendalam apa itu split screen iPhone. Setelah memahaminya, Anda tidak perlu ragu untuk menerapkannya pada gadget. Tak perlu bingung dengan tutorialnya karena panduannya relatif mudah untuk Anda lakukan. Bahkan pemula juga bisa mencoba untuk mempraktikkan caranya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas