Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

9 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan, Bisa Bantu Atasi Insomnia dan Kesuburan!

357
×

9 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan, Bisa Bantu Atasi Insomnia dan Kesuburan!

Sebarkan artikel ini
Manfaat Biji Selasih

Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan – Manfaat biji selasih cukup beragam. Selain sebagai pelengkap minuman, biji selasih juga menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Ya, memanfaatkan biji-bijian sebagai makanan yang bagus untuk kesehatan memang bukan hal yang baru.

Salah satu yang terkenal akan khasiatnya adalah biji selasih. Biji dengan ukuran sangat kecil ini asalnya dari tumbuhan basil. Meskipun berukuran kecil, namun biji selasih punya banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Selama ini, mungkin Anda mengenal biji selasih hanya sebagai bahan pelengkap di dalam sajian es campur atau es buah saja. Nah, selain menambah sensasi segar pada minuman, ternyata khasiat biji selasih ini sangat luar biasa!

Baca juga: 6 Manfaat Daun Sukun, Meningkatkan Kesehatan Serta Efektif Lancarkan ASI Secara Herbal

Kandungan dan Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

Biji selasih punya kandungan air yang tergolong tinggi, yaitu berkisar antara 91 gram per 100 gram selasih. Selain itu, di dalam biji selasih juga terkandung berbagai vitamin maupun mineral.

Bahkan, konsumsi sebanyak 100 gr biji selasih dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin harian Anda.

Terkenal dengan nama latin Ocimum basilicum, kandungan gizi dan senyawa aktif yang terdapat di dalam biji selasih antara lain protein, lemak, serat, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan masih banyak lagi.

Merangkum dari berbagai sumber, konsumsi biji selasih secara rutin dapat memberikan khasiat kesehatan seperti di bawah ini.

1. Meredakan Gejala Insomnia

Penderita insomnia memiliki opsi alami untuk mengatasinya selain dengan cara konsumsi pil tidur. Caranya adalah dengan memanfaatkan biji selasih.

Manfaat biji selasih dalam hal ini adalah berkat kandungan zat sedative atau zat yang membantu menenangkan. Konsumsi biji selasih bisa menjadikan pikiran terasa lebih tenang. Sehingga memberi efek pada rasa kantuk.

2. Biji Selasih Memiliki Manfaat untuk Kesehatan Tulang

Biji selasih ternyata juga berkhasiat untuk menyehatkan tulang. Sebab, biji selasih mempunyai kandungan vitamin K.

Vitamin K berperan penting di dalam membantu mengentaskan kalsium dari darah menuju ke tulang. Hal ini dapat melindungi tulang-tulang dari osteoporosis.

3. Menyehatkan Usus

Sebuah studi menampilkan, pektin punya khasiat sebagai prebiotik. Hal ini berarti kandungan pektin pada biji selasih mampu menjaga serta meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus.

Biji selasih juga punya efek yang bisa mengeluarkan kelebihan gas di dalam usus. Sehingga, mampu menurunkan efek kram perut serta konstipasi.

4. Mengontrol Gula Darah

Berdasarkan penelitian, pasien diabetes tipe-2 yang mengonsumsi biji selasih selama satu bulan sesudah makan mengalami penurunan kadar gula darah atau glukosa.

Kadar gula dalam darah dari pasien yang mengonsumsi biji selasih ditemukan 17% lebih rendah daripada di awal penelitian.

5. Kaya Antioksidan

Banyaknya manfaat biji selasih untuk kesehatan tubuh juga berkat tingginya kandungan antioksidan di dalamnya. Biji selasih tinggi senyawa antioksidan karena mengandung flavonoid dan polifenol.

Fungsi flavonoid adalah memproteksi sel-sel tubuh dari adanya kerusakan akibat paparan radikal bebas. Senyawa tanaman selasih juga punya sifat antikanker dan antiinflamasi.

Beberapa studi juga mengkaitkan asupan tinggi flavonoid dengan pengurangan risiko penyakit jantung. Di dalam studi yang lain, ekstrak biji selasih dipercaya mampu membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh.

6. Turunkan Stres Oksidatif

Paparan radikal bebas di dalam tubuh yang tinggi bisa memicu munculnya stres oksidatif. Sehingga akan berpengaruh terhadap metabolisme tubuh.

Guna mengatasi stres oksidatif, Anda dapat rutin konsumsi minuman maupun makanan yang kaya akan antioksidan, seperti biji selasih.

7. Menyehatkan Organ Hati

Berdasarkan sejumlah penelitian, makan biji selasih bisa membantu menyehatkan organ hati. Selain dinilai mempunyai potensi untuk mencegah adanya kerusakan pada organ hati.

Biji selasih bisa menghasilkan enzim yang dapat membantu proses detoksifikasi dan punya kemampuan sebagai antioksidan. Kedua hal tersebut mampu membantu mengurangi kandungan lemak di sekitar hati.

8. Meredakan Peradangan

Membantu untuk meredakan peradangan juga merupakan manfaat biji selasih. Stres oksidatif bisa memicu munculnya peradangan serta mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit.

Kandungan anti inflamasi di dalam biji selasih bisa membantu atasi atau meredakan proses peradangan dalam tubuh.

9. Melawan Infeksi

Sejumlah kandungan pada biji selasih dipercaya berkhasiat untuk melawan bakteri atau mikroba. Walaupun masih butuh penelitian lebih lanjut, namun biji selasih punya kandungan vitamin A dan C yang sangat bagus untuk melawan infeksi.

Kedua vitamin tersebut sudah terkenal mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah infeksi.

Untuk mendapatkan manfaat biji selasih tersebut, Anda dapat mencampurkannya bersama beraneka macam makanan maupun minuman sehari-hari. Seperti jus, air putih hangat, salad, puding, smoothie, milkshake, dan sebagainya.