Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

11 Makanan yang Baik untuk Orang Tekanan Darah Rendah, Murah dan Menyehatkan

245
×

11 Makanan yang Baik untuk Orang Tekanan Darah Rendah, Murah dan Menyehatkan

Sebarkan artikel ini
makanan

Makanan yang Baik untuk Orang Tekanan Darah Rendah – Makanan untuk tekanan darah rendah banyak ragamnya. Bahkan makanan untuk tekanan darah rendah ini mudah Anda temukan. Bagi penderita anemia memang semestinya mengonsumsi hidangan yang berkhasiat untuk mengatasi masalah darah rendah tersebut.

Pada dasarnya, darah rendah merupakan sebuah kondisi gangguan ringan yang umum terjadi pada seseorang. Meski begitu, penanganannya harus dilakukan secara tepat agar tidak memicu masalah kesehatan yang lebih serius.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Kubis untuk Kesehatan Jarang Diketahui, Jangan Lewatkan!

Inilah Rekomendasi Makanan untuk Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah bisa terjadi karena beberapa faktor. Seperti penuaan, berbaring cukup lama, mengonsumsi obat-obatan tertentu, hingga kekurangan vitamin B12 dan asam folat. Gejala awal yang terasa pun beragam, bisa mual, tubuh lemas, penglihatan kabur, serta sulit konsentrasi.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah memenuhi asupan nutrisi, dengan makanan yang mengandung gizi baik. Ada beberapa jenis makanan untuk tekanan darah rendah yang bisa Anda konsumsi. Agar semakin jelas, silahkan simak uraian lengkapnya berikut ini.

1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung asam folat yang efektif menaikkan tekanan darah. Ada beberapa jenis kacang yang bisa Anda temukan dengan mudah.

Sebut saja kacang merah, polong, almond, serta kacang hijau. Selain mudah Anda temui, kacang-kacangan ini juga memiliki harga yang relatif murah.

2. Sayuran Hijau

Jenis sayuran hijau juga menjadi salah satu rekomendasi terbaik makanan untuk tekanan darah rendah. Sayuran tersebut meliputi bayam, brokoli, kemangi dan sawi.

Cara mengolahnya bisa Anda rebus, tumis atau kreasi masakan lain. Bahkan, beberapa orang juga membuat jus dari jenis sayuran ini.

Baca Juga:  7 Manfaat Buah Semangka, Sangat Baik untuk Menurunkan Berat Badan dan Detoksifikasi

3. Garam

Banyak penderita anemia yang tidak tahu jika garam bisa menaikkan tekanan darah. Pasalnya, bumbu masakan satu ini mengandung natrium yang efektif meningkatkan tekanan darah secara cepat.

Cara mengkonsumsinya sangat mudah, cukup melarutkan sedikit garam ke dalam segelas air hangat lalu meminumnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Kesuburan

4. Teh Hijau

Meskipun minuman satu ini populer untuk menu diet. Namun nutrisi yang terkandung dalam teh hijau juga berkhasiat untuk mengatasi darah rendah.

Anda bisa menambahkan madu pada teh dan meminumnya secara rutin, hingga tekanan darah menjadi normal.

5. Daging Merah

Selain telur, daging merah seperti sapi juga sangat direkomendasikan untuk para penderita anemia. Tak hanya meningkatkan tekanan darah, sumber protein ini cukup baik untuk menyuplai asupan vitamin B12.

Kandungan nutrisi pada makanan untuk tekanan darah rendah ini mampu membentuk energi dalam waktu singkat, sehingga tubuh tidak mudah lemah.

6. Buah-Buahan Berair

Kabar baik untuk para pecinta buah! Pasalnya, ada beberapa jenis buah yang sangat efektif untuk mengatasi darah rendah.

Namun, buah-buahan yang paling direkomendasikan harus memiliki banyak kandungan air. Seperti semangka, stroberi, tomat, jeruk, mentimun, maupun anggur.

7. Kopi

Selain rasanya yang nikmat, minuman dengan kandungan kafein ini ternyata berguna untuk menaikkan darah rendah. Hal tersebut karena kafein bekerja untuk meningkatkan detak jantung, sehingga merangsang sistem kardiovaskular.

Rangsangan tersebut akan menyeimbangkan tekanan darah menjadi normal kembali.

8. Telur Ayam

Rekomendasi makanan untuk tekanan darah rendah selanjutnya adalah telur ayam. Sebab sumber protein yang besar ini juga kaya akan kandungan vitamin B12. Jenis vitamin yang baik untuk mengatasi tekanan darah rendah bagi penderita anemia. Konsumsi telur ayam secara teratur agar kebutuhan nutrisi semakin baik.

Baca Juga:  Cek 10 Manfaat Kubis untuk Kesehatan Jarang Diketahui, Jangan Lewatkan!

9. Susu dan Turunannya

Segala jenis olahan susu memiliki kandungan asam folat yang baik untuk mengatasi darah rendah. Produk turunan dari susu sendiri meliputi yogurt, keju, mentega, dan es krim.

Semua jenis tersebut tentunya mudah Anda dapatkan di toko maupun supermarket terdekat. Selain itu, olahan susu juga bagus untuk melancarkan sirkulasi darah.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Kubis untuk Kesehatan Jarang Diketahui, Jangan Lewatkan!

10. Ginseng

Makanan untuk tekanan darah rendah berikutnya adalah ginseng. Umumnya, jenis jamu ini dibuat menjadi minuman yang berkhasiat. Selain meningkatkan tekanan darah, ginseng juga efektif untuk menghangatkan tubuh.

Rimpang ginseng juga kaya akan fitokimia, yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan melancarkan metabolisme. Untuk mengolahnya, Anda bisa merebus beberapa ruas rimpang ginseng hingga matang dan menyaring airnya. Agar semakin nikmat, silahkan menambah beberapa tetes madu.

11. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Tekanan darah rendah juga bisa terjadi akibat tubuh mengalami dehidrasi. Karena itu, memperbanyak konsumsi air putih sangat efektif untuk mengatasi penurunan tekanan darah.

Idealnya, seseorang harus memenuhi kebutuhan air putih minimal 8 gelas sehari. Selain bisa mengontrol tekanan darah, air putih juga penting untuk kebugaran tubuh.

Nah, itulah beberapa jenis minuman dan makanan untuk tekanan darah rendah yang bisa Anda konsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat!

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas