Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

9 Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Sistem Imun Agar Semakin Prima

205
×

9 Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Sistem Imun Agar Semakin Prima

Sebarkan artikel ini
manfaat buah pepaya

Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh – Konsumsi buah-buahan secara rutin memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Buah-buahan kaya serat, vitamin, dan mineral-mineral penting yang dibutuhkah oleh tubuh. Nah, dari banyaknya jenis buah-buahan, buah apa yang paling kamu sukai?

Bagi dirimu yang gemar mengonsumsi buah pepaya, ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh tubuhmu. Ternyata, manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh bukan cuma seputar sembelit saja. Buah yang satu ini masih menyimpan keistimewaan lainnya bagi tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Melon, Dapat Menurunkan Berat Badan hingga Memelihara Kulit

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Nah, mau tahu apa saja manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh amat beragam, salah satunya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Manfaat pepaya untuk pencernaan didapatkan dari enzim-enzim yang terkandung di dalamnya.

Enzim tersebut antara lain papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase. Untuk enzim papain, enzim ini berada dalam kadar paling tinggi ketika buah pepaya matang. Enzim tersebut membantu mencerna protein yang masuk ke tubuh.

2. Sistem Imun Makin Prima

Manfaat pepaya lainnya adalah berkaitan dengan sistem imun tubuh. Buah yang satu ini kaya akan vitamin A, C, dan E. Ingat, vitamin-vitamin tersebut diperlukan oleh sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem imun makin prima, maka risiko terserang penyakit infeksi semakin berkurang.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Pepaya banyak mengandung vitamin C dan likopen, zat yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Pepaya juga mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

4. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Pepaya juga memiliki manfaat bagi kulit. Buah ini bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan terlihat muda. Enzim papain yang terkandung di dalam pepaya bisa melembutkan dan merevitalisasi kulit. Sementara itu, vitamin A dan C yang ada di dalamnya bisa mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam.

Di samping itu, pepaya juga baik untuk kesehatan rambut karena mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang menjaga kelembapan rambut. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

5. Menyembuhkan Luka pada Lapisan Perut

Manfaat pepaya lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan adalah dapat menyembuhkan luka, yang terjadi pada lapisan perut dan sistem pencernaan lainnya. Kandungan dari buah pepaya dapat membantu tubuh untuk melindungi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Namun, sebaiknya pepaya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Pepaya memang mengandung banyak serat, tapi bila dikonsumsi secara berlebihan hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Kulit pepaya juga mengandung lateks, yang bisa mengiritasi lambung bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

6. Bantu Turunkan Berat Badan

Pepaya mengandung kalori yang terbilang rendah, tetapi kaya akan serat. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram pepaya terdapat 46 kalori dan 1,6 gram serat.

Karena itu, pepaya direkomendasikan untuk bantu turunkan berat badan penderita obesitas. Kandungan serat dalam pepaya juga bisa bikin rasa kenyang bertahan lebih lama sehingga bisa membatasi keinginan makan berlebih.

7. Menurunkan Risiko Peradangan

Peradangan kronis adalah akar dari banyak penyakit. Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat mendorong proses peradangan tersebut.

Salah satu manfaat mengonsumsi buah pepaya untuk kesehatan adalah menurunkan risiko terjadinya peradangan. Sebuah riset mengungkapkan kebiasaan makan buah tinggi karotenoid, seperti pepaya, bisa mengurangi risiko terjadinya peradangan.

8. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Penyebab penyakit Alzheimer hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun, stres oksidatif diyakini turut memengaruhi perkembangan penyakit ini.

Kondisi ketidakseimbangan jumlah antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh tersebut diduga merusak sel otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa produk fermentasi pepaya dapat mengurangi proses stres oksidatif pada penderita Alzheimer dan menurunkan perkembangan pesat penyakit ini.

Khasiat buah pepaya segar diduga serupa dengan pepaya yang telah difermentasi. Meski demikian, diperlukan penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi hal tersebut.

9. Mengurangi Stres

Buah-buahan kaya vitamin C, seperti pepaya, kiwi, dan jeruk dapat membantu mengurangi stres pada tubuh. Pasalnya, vitamin C dapat membantu menjaga tubuh menghasilkan hormon stres yang rendah.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas