Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

8 Manfaat Tanaman Janda Bolong untuk Estetika dan Kesehatan, Bisa Redakan Stres

457
×

8 Manfaat Tanaman Janda Bolong untuk Estetika dan Kesehatan, Bisa Redakan Stres

Sebarkan artikel ini
Tanaman Janda Bolong

Manfaat Tanaman Janda Bolong untuk Estetika dan Kesehatan – Manfaat tanaman janda bolong ternyata cukup beragam. Siapa yang tak tahu, bahwa tanaman janda bolong bukan hanya berperan sebagai elemen dekoratif untuk mempercantik ruangan? Tanaman hias yang berasal dari keluarga monstera ini ternyata tidak hanya memberikan sentuhan estetika, melainkan juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Terkenal dengan daun lebar berlubang-lubang, tanaman ini memiliki asal-usul dari wilayah Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Belakangan ini, popularitas tanaman janda bolong semakin meningkat di Indonesia, menjadi salah satu tanaman hias yang bernilai penting untuk menambah keindahan dalam rumah.

Baca juga: Review 8 Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tanaman Janda Bolong Bukan Sekadar Penambah Estetika

Tak asing lagi dengan tanaman janda bolong? Salah satu jenis tanaman hias ini cukup diminati untuk dikoleksi, meskipun harganya seringkali tinggi.

Janda bolong atau Monstera adansonii variegata pertama kali ditemukan di wilayah Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Penyelarasannya ke Indonesia terjadi sekitar tahun 2018, dan sejak itu, penanaman tanaman ini semakin meluas.

Tanaman janda bolong populer lewat ciri khasnya, yakni daun yang alami berlubang. Karakteristik unik inilah yang sering membuatnya dijadikan elemen dekoratif di dalam ruangan. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Selain keindahannya yang memukau, ternyata tanaman hias ini juga memiliki manfaat kesehatan yang patut Anda perhitungkan. Apa saja manfaat kesehatan yang dari tanaman janda bolong yang telah mendapat pengakuan secara medis? Mari kita temukan di bawah ini!

Bagus untuk Kesehatan Mata

Jenuh karena harus terus berada di dalam rumah? Atau mungkin merasa bosan karena sedang tidak ada aktivitas yang menarik? Ketika ada waktu senggang, coba manfaatkan untuk merawat dan mengagumi keindahan tanaman janda bolong yang tumbuh dengan begitu indah.

Baca Juga:  Manfaat Lidah Buaya, Dapat Meredakan Asam Lambung sampai Diabetes

Daripada terus menatap layar komputer atau gadget, menghabiskan waktu dengan memandangi dedaunan hijau seperti tanaman janda bolong dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan mata Anda.

Meluangkan waktu untuk menikmati kehadiran tanaman hijau bisa memberikan efek relaksasi bagi mata dan tubuh. Selain itu, kehadiran tanaman hias ini juga bisa membuat rumah terlihat lebih memikat, membuat Anda betah berlama-lama di dalamnya.

Memperindah Ruangan

Sebagaimana telah kami jelaskan sebelumnya, salah satu keuntungan utama dari menanam tanaman hias ini adalah kemampuannya untuk mempercantik ruangan di rumah dengan pola daunnya yang indah dan unik.

Dengan bentuk daun yang khas, tanaman hias ini sering menjadi inspirasi populer untuk direplikasi dalam karya seni, tekstil, serta menjadi motif pada wallpaper yang digunakan dalam industri mode dan desain interior.

Lambang Panjang Umur dan Kesejahteraan

Keunggulan lain dari tanaman janda bolong adalah simbolisasi kesejahteraan dan umur panjang. Dalam kepercayaan masyarakat Tiongkok, banyak yang menganggap tanaman ini sebagai lambang yang positif.

Mulai dari akarnya yang sering diartikan sebagai simbol kemakmuran, kesehatan, serta penghormatan terhadap orang tua dan leluhur.

Ciptakan Kesan Elegan pada Hunian

Manfaat tanaman janda bolong lainnya adalah memberikan kesan yang elegan pada sebuah hunian. Bentuknya yang istimewa dengan warna hijau yang cerah dan mengilap membuat tanaman hias tersebut menjadi pilihan yang elegan untuk mempercantik rumah Anda.

Tanaman ini dapat Anda tempatkan baik di dalam maupun di luar ruangan, namun pastikan untuk memperhatikan paparan sinar matahari yang tepat.

Perbaiki Kualitas Udara

Selain kecantikannya, ternyata tanaman janda bolong memiliki kemampuan untuk membersihkan serta meningkatkan kualitas udara di sekitarnya. Bagaimana caranya? Tanaman hias ini mampu menyerap sejumlah zat beracun dari udara, seperti formaldehida, benzene, ammonia, xylene, dan trichloroethylene.

Baca Juga:  Catat, Ini 7 Manfaat Pucuk Daun Jambu Biji, Solusi Beragam Masalah Kesehatan dan Turunkan Berat Badan!

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat dari daun janda bolong patut Anda perhatikan, karena ternyata memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah.

Ya, merawat tanaman juga bisa berkontribusi dalam menurunkan tekanan sistolik, sehingga tekanan darah bisa stabil atau menurun. Ini merupakan hal yang bermanfaat terutama bagi individu dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Menyehatkan tubuh

Tanaman ini mampu menyerap berbagai bahan kimia yang sering kali menjadi pemicu penyakit seperti sakit kepala, gangguan pernapasan, reaksi alergi, dan iritasi pada mata. Untuk hasil yang optimal, Anda bisa menempatkan tanaman ini di area kerja.

Hal ini tidak hanya bermanfaat sebagai penyegar udara di ruangan, tapi juga memberikan kesan relaksasi saat mata merasa lelah.

Meningkatkan Mood

Bagi sebagian orang yang merasa jenuh atau lelah, melihat tanaman ini dianggap mampu mengembalikan semangat. Terutama, kehadiran janda bolong dapat membantu memperbaiki suasana hati mereka.

Manfaat tanaman janda bolong lainnya adalah potensinya sebagai sarana investasi. Karena sedang populer belakangan ini dan tinggi peminat, harga tanaman hias ini pun melonjak. Jika Anda memiliki koleksi tanaman hias tersebut dengan jumlah cukup banyak, hal ini bisa menjadi kesempatan untuk berinvestasi.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas